10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Apa yang mendorong Anda ingin bekerja di perusahaan ini

Cara Jawab Pertanyaan Interview “Apa yang Mendorong Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Ini”

Cara jawab pertanyaan interview “Apa yang mendorong Anda ingin bekerja di perusahaan ini” dapat dilakukan melalui beberapa metode. Pertanyaan tersebut akan menjadi salah satu penilaian bagi rekruter untuk menerima pelamar.

Adapun, rekruter menanyakan hal tersebut karena mereka ingin mengetahui kesiapan dari pelamar saat wawancara. Dengan begitu, rekruter dapat mengetahui apakah pelamar sudah melakukan riset mengenai organisasi atau belum.

Dari sini, rekruter dapat menilai apakah pelamar tersebut merupakan seseorang yang selalu menyiapkan segalanya dengan baik atau sebaliknya. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda bisa melakukan beberapa metode.

Cara jawab pertanyaan interview “Apa yang mendorong Anda ingin bekerja di perusahaan ini” sendiri sangat mudah dilakukan. Pelamar hanya perlu menyesuaikan jawaban dengan beberapa hal berkaitan dengan organisasi.

Namun, meskipun terdengar mudah, masih banyak orang yang kesulitan menjawab pertanyaan tersebut. Maka, berikut akan Kami jelaskan beberapa metode untuk menjawab pertanyaan rekruter terkait alasan ingin bekerja di organisasi tersebut.

Cara Jawab Pertanyaan Interview “Apa yang Mendorong Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Ini” Agar Semakin Meyakinkan Rekruter

Saat menjawab pertanyaan rekruter, pelamar harus mempersiapkan jawaban paling baik dan sesuai kriteria organisasi. Berikut ini beberapa cara untuk menjawab pertanyaan rekruter mengenai alasan bekerja di organisasi tersebut.

  1. Reputasi Organisasi

Cara jawab pertanyaan interview “Apa yang mendorong Anda ingin bekerja di perusahaan ini” yaitu dengan menjelaskan reputasi organisasi. Pelamar bisa menjelaskan bahwa reputasi organisasi menarik perhatian untuk bekerja disana.

Pelamar juga bisa menjawab berdasarkan riset yang sudah dilakukan sebelum wawancara. Sebagai contoh, mengungkapkan reputasi organisasi dengan baik karena telah memberikan kontribusi positif ke lingkungan.

Dengan begitu, pelamar bisa menyesuaikan kelebihan organsiasi tersebut dengan kemampuan masing-masing. Maka, hal ini dapat menjadi alasan kuat bagi pelamar untuk membangun keterampilan dan pengalaman di organisasi tersebut.

  1. Visi dan Misi Sesuai Tujuan Bekerja

Cara jawab pertanyaan interview “Apa yang mendorong Anda ingin bekerja di perusahaan ini” kedua yaitu melihat visi dan misi organisasi. Pelamar bisa menyesuaikan keduanya dengan tujuan bekerja.

Kemudian, pelamar juga bisa memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan untuk mewujudkan visi dan misi tersebut. Pelamar bisa menjelaskan jika sebelumnya telah memiliki pengalaman sesuai dengan posisi yang dilamar.

Dengan begitu, pencapaian visi dan misi akan semakin efektif untuk dilakukan. pelamar bahkan bisa menambahkan pencapaian yang telah berhasil dilakukan pada perusahaan sebelumnya berkaitan dengan posisi pekerjaan tersebut.

  1. Lingkungan Kerja

Cara jawab pertanyaan interview “Apa yang mendorong Anda ingin bekerja di perusahaan ini” yaitu dengan mengaitkannya pada lingkungan kerja. Anda bisa menjelaskan kelebihan lingkungan kerja perusahaan tersebut.

Selain itu, seorang pelamar juga bisa menjelaskan akibat atau dampak lingkungan kerja tersebut pada produktivitas mereka. Sebagai contoh, lingkungan kerja yang nyaman akan membuat Anda bekerja dengan optimal.

Hal tersebut tentunya akan menambah value Anda di depan rekruter. Perusahaan juga akan semakin yakin bahwa Anda merupakan orang yang dapat memberikan hasil kinerja terbaik sesuai visi dan misi mereka.

  1. Manfaat yang Diberikan Organisasi

Cara jawab pertanyaan interview “Apa yang mendorong Anda ingin bekerja di perusahaan ini” yaitu menjelaskan manfaat untuk karyawan. Biasanya perusahaan akan memberikan berbagai keuntungan kepada karyawannya.

Hal tersebut merupakan salah satu poin yang akan menarik para pelamar untuk bekerja disana. Maka, Anda bisa menggunakan metode tersebut untuk menjawab pertanyaan rekruter agar semakin yakin dengan value Anda.

Anda bisa mengungkapkan bahwa dorongan memilih perusahaan dipengaruhi oleh manfaat yang diberikan sesuai dengan impian. Melalui alasan tersebut, Anda juga akan memberikan kontribusi penuh pada perusahaan.

  1. Prospek Organisasi

Metode terakhir yaitu menjelaskan prospek bisnis perusahaan. Anda bisa meriset terlebih dahulu mengenai prospek perusahaan di masa depan, apakah mereka akan berkembang baik atau sebaliknya.

Jika sebuah perusahaan memiliki prospek baik, Anda bisa menggunakannya sebagai alasan untuk menjawab pertanyaan. Sebagai contoh, perusahaan dengan prospek bisnis besar dan rencana ekspansi pada ke luar negeri.

Anda bisa menjawab bahwa dengan kemampuan berbahasa asing yang baik, maka keterampilan tersebut dapat menguntungkan perusahaan. Sesuai prospek mereka, maka Anda merupakan orang yang akan dicari oleh perusahaan.

Dengan menyesuaikan jawaban dengan kondisi perusahaan, maka menjawab pertanyaan akan semakin mudah dilakukan. Oleh sebab itu, riset sebelum wawancara merupakan hal krusial dan harus dilakukan oleh setiap pelamar.

Hal tersebut untuk menghindari jawaban yang tidak sesuai dengan kenyataan perusahaan. Maka gunakanlah cara jawab pertanyaan interview “Apa yang mendorong Anda ingin bekerja di perusahaan ini” agar wawancara semakin lancar.

Bagikan Artikel: