10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

alasan pindah kerja dari perusahaan sebelumnya

Cara Menjawab Pertanyaan Interview ‘’Alasan Pindah Kerja dari Perusahaan Sebelumnya’’

Cara menjawab pertanyaan interview ‘’alasan pindah kerja dari perusahaan sebelumnya’’ tentunya harus Anda ketahui sebagai seorang pelamar kerja yang berpindah tempat kerja. Karena di saat sedang tahap interview kerja, Anda akan ditanya oleh para perekrut mengapa alasan Anda meninggalkan pekerjaan yang ada pada perusahaan yang lama.

Oleh karena hal tersebut, maka sangat wajib bagi Anda untuk mempersiapkan dengan matang mengenai jawab apa yang akan Anda katakan perihal mengapa resign dari perusahaan yang lama. Jawaban yang Anda katakana tentunya harus positif agar perekrut perusahaan bisa tetap positif dalam menilai diri Anda sebagi calon pekerja.

Terkadang Cara untuk menjawab pertanyaan interview ‘’alasan pindah kerja dari perusahaan sebelumnya’’ ada juga para pekerja yang ingin berpindah dari suatu pekerjaan dengan tujuan agar bisa mendapatkan suatu pengalaman yang baru. 

Cara Menjawab Pertanyaan Interview ‘’Alasan Pindah Kerja dari Perusahaan Sebelumnya’’

Pada saat sedang tahap interview kerja, tentunya para perekrut kerja tersebut juga sangat penasaran mengapa Anda resign dan memutuskan untuk melamar kerja di perusahaan tersebut.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka Anda harus mengetahui bagaimana Cara menjawab pertanyaan interview ‘’alasan pindah kerja dari perusahaan sebelumnya’’. Di bawah ini adalah beberapa macam cara yang bisa Anda terapkan.

  1. Jawab pertanyaan dengan jujur tapi secukupnya saja

Cara yang pertama perlu Anda lakukan adalah silahkan untuk memberikan suatu jawaban mengapa Anda resign dan tidak perlu juga Anda katakana sepenuhnya dengan kejujuran  yang 100%. 

Anda bisa mengatakan secara singkat saja mengenai alasan apa sebenarnya Anda pergi atau resign dari perusahaan sebelumnya tersebut. Sebagai salah satu contoh saja, Anda bisa juga untuk menggambarkan mengenai kurangnya jenis peluang yang ada di dalam perusahaan lama sehingga Anda bisa memutuskan untuk berpindah ke dalam perusahaan dan pekerjaan yang baru tersebut.

  1. Hindari jenis jawaban yang bersifat negative

Cara menjawab pertanyaan interview ‘’alasan pindah kerja dari perusahaan sebelumnya’’ adalah Anda wajib menghindari jenis jawaban yang berkesan negative. Hindari sebisa mungkin jawaban yang bersifat menjelek-jelekkan perusahaan lama tempat Anda bekerja.

Hindari beberapa jawaban jelek misalnya seperti ingin mendapatkan gaji yang lebih besar, membicarakan keburukan manager, pimpinan, perusahaan, dan lainnya. Tetap berusaha selalu positif terhadap jawaban yang Anda keluarkan pada saat interview berlangsung tersebut.

  1. Jawablah dengan Anda ingin mencari tantangan yang baru

Cara menjawab pertanyaan interview ‘’alasan pindah kerja dari perusahaan sebelumnya’’ adalah silahkan menjawab dengan ingin mencari tantangan yang baru. Gunakan kesempatan interview ini dengan menceritakan bagaimana Anda ingin mencari tantangan yang baru di perusahaan yang Anda lamar tersebut.

Mungkin Anda juga bisa menjawab bahwa Anda merasa stagnan terhadap pekerjaan yang Anda tempati sebelumnya dan ingin mencari tantangan dan pengalaman yang lebih baru.

Dengan jawaban seperti itu, Anda tidak akan bisa mendapatkan nama buruk ketika akan melamar pada perusahaan baru tersebut. Justru hal tersebut bisa meyakinkan perekrut bahwa Anda memiliki potensi yang tinggi pada karir yang selanjutnya.

  1. Jelaskan bahwa Anda ingin mencari lingkungan kerja yang lebih kolaboratif

Cara menjawab pertanyaan interview ‘’alasan pindah kerja dari perusahaan sebelumnya’’ jelaskan bahwa Anda ingin mencari lingkungan kerja yang lebih kolaboratif. 

Hal tersebut tentunya dilakukan agar bisa membuat suatu suasana interview kerja di lingkungan perusahaan yang baru bisa berkesan positif. Anda bisa mengatakan bahwa kepemimpinan yang ada di tim kerja sebelumnya sudah tidak sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

Oleh karena itu, maka bisa masuk akal bahwa Anda ingin mencari suatu lingkungan kerja yang lebih bersifat kolaboratif lagi. Dengan tujuan agar ketika bekerja Anda lebih bisa produktif lagi sesuai Cara menjawab pertanyaan interview ‘’alasan pindah kerja dari perusahaan sebelumnya’’.

Untuk lebih lanjutnya lagi, Anda juga bisa mengatakan bahwa ini juga merupakan suatu keputusan yang sangat sulit. Namun tidak ada pilihan lagi untuk resign dan memilih pekerjaan baru untuk karir kedepannya.

Apabila Anda resign dari suatu perusahaan lalu ingin berpindah kerja ke suatu perusahaan yang lain, tentunya Anda tidak perlu khawatir lagi. Dan terapkan beberapa Cara menjawab pertanyaan interview ‘’alasan pindah kerja dari perusahaan sebelumnya’’.

Bagikan Artikel: