Contoh kata kata resign kerja

Contoh Kata Kata Resign Kerja di WA yang Baik dan Sopan

Dalam dunia pekerjaan contoh kata kata resign kerja adalah hal yang sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Resign adalah sebuah pengunduran diri yang dilakukan oleh seseorang di tempat orang tersebut bekerja.

Ada banyak alasan mengapa orang tersebut mengajukan resign kepada perusahaan, bisa jadi karena lingkungan kerja yang sudah tidak nyaman, ingin mengembangkan usaha milik sendiri, atau karena alasan ingin lebih dekat dengan keluarga.

Cara Mengundurkan Diri Resign Kerja di WA yang Baik dan Sopan

Mengundurkan diri dari pekerjaan melalui pesan WhatsApp memerlukan kehati-hatian dan sopan santun. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk melakukannya dengan baik:

1. Persiapan Awal

Sebelum mengirim pesan, pastikan Anda telah memutuskan dengan mantap untuk mengundurkan diri dan telah memberi tahu atasan atau pihak yang berwenang sesuai kebijakan perusahaan.

2. Pesan Pembuka

Mulailah pesan dengan menyebutkan nama penerima dan menyampaikan salam. Misalnya, “Halo [Nama Atasan], saya harap Anda dalam keadaan baik.”

3. Pernyataan Mengundurkan Diri

Jelaskan niat Anda untuk mengundurkan diri dengan jelas dan singkat. Misalnya, “Saya ingin memberitahukan bahwa saya mengundurkan diri dari posisi [jabatan Anda] di [nama perusahaan].”



4. Penjelasan Alasan

Anda tidak perlu memberikan alasan rinci, tetapi memberikan penjelasan singkat mengapa Anda mengambil keputusan ini bisa membantu. Contohnya, “Saya merasa perlu mengambil arah baru dalam karir saya.”

5. Periode Pemberitahuan

Sampaikan kapan Anda berencana untuk meninggalkan pekerjaan, sesuai dengan peraturan perusahaan atau kebutuhan proyek. Misalnya, “Saya akan mematuhi periode pemberitahuan [jumlah waktu] sesuai kebijakan perusahaan.”

6. Apresiasi dan Ucapan Terima Kasih

Sampaikan apresiasi Anda atas peluang yang diberikan oleh perusahaan dan atasan. Ini bisa membantu menjaga hubungan baik. Contoh: “Saya sangat berterima kasih atas kesempatan berharga dan pengalaman yang saya peroleh di [nama perusahaan].”

7. Ketersediaan untuk Transisi

Tawarkan bantuan Anda selama periode transisi. Misalnya, “Saya siap membantu dalam proses transisi agar peralihan ini berjalan lebih lancar.”

8. Penutup

Tutup pesan dengan kalimat sopan. Contohnya, “Terima kasih lagi atas semuanya. Saya berharap yang terbaik untuk [nama perusahaan] ke depan.”



9. Tanda Tangan

Akhirilah pesan dengan tanda tangan Anda, seperti “Salam hangat, [Nama Anda].”

10. Verifikasi dan Kirim

Sebelum mengirim, pastikan Anda telah membaca kembali pesan Anda dan mengoreksi kesalahan jika ada. Setelah yakin, kirimkan pesan Anda.

Pastikan untuk menjaga pesan tetap profesional, sopan, dan terbuka untuk berkomunikasi lebih lanjut jika diperlukan. Ini penting untuk menjaga reputasi Anda dan hubungan baik dalam dunia profesional.

Baca Juga : Cara Menjawab “Alasan Melamar Pekerjaan Ini?” Saat Interview

Contoh Kata Kata Resign Kerja yang Baik dan Sopan

Bagi Anda yang memiliki sebuah rencana akan melakukan resign dari pekerja yang Anda jalani, maka sebaiknya harus membuat pernyataan resign yang baik dan juga sopan. Anda bisa mengutarakan keinginan Anda tersebut secara langsung atau tidak.

Menurut Indeed, resign merupakan suatu pengunduran diri karyawan yang memilih untuk mengakhiri kontrak kerja mereka dengan suatu organisasi. Dengan melakukan itu, mereka melepaskan semua tanggung jawab pekerjaan mereka saat ini, gaji mereka dan tunjangan apa pun yang mereka peroleh sebagai bagian dari pekerjaan mereka.

Seseorang pastinya akan sedikit bingung ketika akan membuat contoh kata kata resign kerja yang akan mereka lakukan. Bingung memulainya dari mana atau bingung menggunakan bahasa yang baik dan sopan untuk resign kerja itu bagaimana.

Oleh karena itu bagi Anda yang masih bingung ketika akan membuat kata-kata untuk pengunduran diri Anda di sebuah perusahaan, maka Anda bisa mengetahui cara tersebut di internet karena ada banyak sekali artikel yang membahasnya.

Baca Juga : Cara Menjawab Pertanyaan Interview ‘’Alasan Pindah Kerja dari Perusahaan Sebelumnya”

Atau Anda juga bisa menggunakan cara berikut ini yang bisa Anda gunakan ketika akan membuat surat pernyataan resign atau pengunduran diri. Berikut ini adalah contoh mudah kata-kata pengunduran diri pekerjaan yang bisa Anda contoh untuk dilakukan.

1. Sampaikan Kata Sapaan Terlebih Dahulu

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat kata sapaan terlebih dahulu. Anda harus sadari karena orang yang menerima surat Anda tersebut adalah atasan tempat Anda sedang bekerja, oleh karena penting untuk membuat sapaan.

Contoh kata kata resign kerja membuat sapaan ada banyak sekali contoh yang bisa Anda gunakan. Tetapi apabila Anda bingung maka bisa menggunakan contoh yang berikut ini:

  • Selamat pagi pak, melalui pesan WA ini saya (nama Anda) jabatan (jabatan Anda bekerja), ingin menginformasikan bahwa saya ingin menyampaikan perihal pengunduran diri saya.

2. Tuliskan Alasan Pengunduran Diri 

Setelah Anda membuat salam pembuka dengan menyampaikan perihal pengunduran diri yang ingin Anda lakukan, maka langkah selanjutnya adalah dengan menuliskan alasan pengunduran diri yang ingin Anda lakukan itu atas dasar apa.

Jika Anda bingung menuliskan alasan contoh kata kata resign kerja yang ingin Anda lakukan, maka bisa mencontohnya dengan cara berikut ini:

  • Alasan saya mengundurkan diri karena ingin kembali melanjutkan pendidikan saya. Sebelumnya saya meminta maaf karena menyampaikan pesan ini melalui WA.

3. Utarakan Rasa Ucapan Terimakasih

Setelah itu jangan lupa ucapkan terimakasih kepada atasan tempat Anda bekerja tersebut, dengan bisa ditambahkan hal-hal baik yang telah Anda dapatkan selama bekerja di perusahaan tempat Anda bekerja tersebut.

Membuat ucapan terimakasih sangatlah mudah, tetapi jika masih bingung cara membuat contoh kata kata resign kerja ucapan terimakasih maka bisa seperti yang berikut ini:

  • Melalui pesan WA yang saya sampaikan ini, pertama-tama saya ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak dan seluruh rekan-rekan kerja saya selama ini. Karena telah banyak pengalaman yang saya dapatkan selama bekerja di tempat yang bapak pimpin ini.

4. Informasikan Tentang Surat Pengunduran Diri Formal

Langkah terakhir yang tidak boleh Anda lewatkan adalah melakukan informasi surat pengunduran diri secara formal setelah menuliskan surat pengunduran diri yang Anda lakukan melalui pesan WA tersebut.

Untuk cara ini Anda bisa melakukan ucapan dengan contoh kata kata resign kerja seperti yang berikut ini.

  • Untuk menindaklanjuti pernyataan pengunduran diri yang saya lakukan ini, saya akan langsung menemui bapak untuk menyerahkan surat pengunduran diri secara resmi. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Itulah beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk membuat pernyataan pengunduran diri yang akan Anda lakukan di sebuah pekerjaan. Dengan membuat pemberitahuan melalui WA maka setidaknya atasan akan tahu secara tidak mendadak.

Setelah memberi tahu atasan bahwa Anda akan melakukan pengunduran diri, setelah itu jangan lupa untuk membuat surat pengunduran diri secara resmi agar resign yang Anda lakukan memiliki etika yang baik dan sopan dengan contoh kata kata resign kerja.

Baca Juga : Cara Menjawab Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Menulis Kata Kata Resign Kerja di WA

Profesionalisme Utama

Pastikan pesan Anda tetap profesional. Hindari menggunakan kata-kata kasar, emosi berlebihan, atau nada yang tidak pantas.

Keterangan Jelas

Sampaikan niat Anda untuk mengundurkan diri dengan jelas dan langsung. Jangan sampai pesan Anda ambigu atau bisa diartikan dengan cara yang berbeda.

Pemberitahuan Waktu

Berikan pemberitahuan waktu yang sesuai, sesuai dengan kebijakan perusahaan atau aturan minimal yang biasanya diharapkan

Alasan yang Singkat

Jika Anda merasa perlu, berikan alasan singkat mengapa Anda mengundurkan diri. Namun, Anda tidak harus memberikan alasan jika Anda tidak ingin melakukannya.

Apresiasi dan Terima Kasih

Sampaikan rasa terima kasih dan apresiasi atas peluang yang diberikan oleh perusahaan dan rekan kerja selama masa bekerja Anda.

Tawarkan Bantuan

Tunjukkan kesiapan Anda untuk membantu dalam proses transisi atau untuk menjalankan tugas-tugas tertentu selama periode pemberitahuan.

Tone yang Positif

Cobalah untuk mempertahankan nada positif dalam pesan Anda. Ini akan membantu mempertahankan hubungan baik dengan rekan kerja dan atasan.

Tanda Tangan dan Identitas

Pastikan Anda menambahkan tanda tangan di akhir pesan, termasuk nama lengkap Anda. Ini akan memberikan sentuhan personal pada pesan Anda.

Baca Juga : Cara Membuat Tanda Tangan di Word Dalam Waktu Singkat

Bahasa yang Jelas dan Tepat

Gunakan bahasa yang jelas, sederhana, dan tepat. Hindari penggunaan frasa atau kalimat ambigu yang bisa menyebabkan kebingungan.

Cek Tanda Baca dan Ejaan

Pastikan pesan Anda bebas dari kesalahan tanda baca dan ejaan. Pesan yang terstruktur dengan baik akan memberikan kesan yang lebih profesional.

Privasi dan Keamanan

Pastikan Anda mengirim pesan resign hanya kepada pihak yang berwenang seperti atasan atau HR. Hindari mengirim ke seluruh grup jika tidak perlu.

Siap dengan Tanggapan

Setelah mengirim pesan, bersiaplah untuk menerima tanggapan atau pertanyaan lebih lanjut dari perusahaan atau rekan kerja.

Inilah Contoh Kata Kata Resign Kerja di WA yang Baik dan Sopan Beserta Cara Melakukan dan Hal yang harus diperhatikan. Jangan Lupa selalu kunjungi blog Pintarnya untuk artikel informatif lainnya ya!!!


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!