10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

perbedaan gaji 13 dengan THR

Perbedaan Gaji 13 dengan THR, Ini Pembahasannya!

Perbedaan gaji 13 dengan THR harus dijelaskan secara detail dan menyeluruh. Hal tersebut dapat diketahui pada sumber informasi media online, seperti artikel kami ini. Jadi, silahkan simak terus pembahasan hingga akhir kata.

Seperti yang diketahui, sebagian orang bekerja memiliki tujuan tersendiri, seperti mendapatkan gaji dari hasil kerja kerasnya. Namun, berkaitan dengan gaji, tentu terdapat beberapa bagian yang tidak bisa di samakan.

Gaji ke 13 hanya didapatkan oleh pegawai pemerintahan negara, yang mana bertujuan untuk memberikan penghargaan. Pemberian penghargaan tersebut diberikan karena para pegawainya telah melaksanakan tugas dengan sebagai mana mestinya.

Lalu, secara umum THR ini singkatan dari tunjangan hari raya yang harus dibayarkan perusahaan atau lembaga kepada para pegawainya. Maka dari itu, THR ini tidak hanya didapatkan oleh PNS saja, melainkan pegawai pabrik atau buruh juga ikut mendapatkannya.

Lantas, apa perbedaan gaji 13 dengan THR. Untuk menemukan jawabannya, sebaiknya Anda terus membaca penjelasan dari artikel kami ini. 

Informasi tersebut harus diketahui secara menyeluruh, lantaran banyak orang masih salah beranggapan dengan gaji 13 dan THR. Berikut penjelasan secara lengkap dan mudah untuk dimengerti.

Baca juga: Kapan Gaji 13 Cair, Ternyata Banyak yang Belum Tahu

Inilah Perbedaan Gaji 13 dengan THR, Anda Harus Tahu!

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, gaji 13 ini hanya didapatkan oleh pegawai negara saja dan tidak untuk pegawai swasta. Mungkin sistemnya sama tetapi berbeda penyebutannya saja.

Sedangkan, THR ini harus berikan kepada pegawai negara hingga swasta. Maka dari itu, apabila Anda tidak mendapatkan THR, silahkan tanyakan langsung kepada atasan perusahaan atau instansi lainnya.

Jawaban dari pertanyaan perbedaan gaji 13 dengan THR ini akan terjawab setelah menyimak penjelasan di bawah ini. Jadi, sebaiknya tetap di sini dan membaca artikel kami hingga akhir pembahasan. Berikut ulasan secara lengkapnya.

1. Gaji ke 13

Seperti yang diketahui, bahwa gaji ke 13 ini merupakan salah satu bentuk penghargaan pemerintah atas kontribusi dan pengabdian aparatur negara. Kemudian, penerima tunjangan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Tidak hanya itu, gaji ke 13 dalam memberikan tunjangan pelayanan kepada masyarakat ini bisa dikatakan sebagai bantalan ekonomi. Tentunya bantalan ekonomi tersebut untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional akibat krisis ekonomi global dan covid.

Pemberian gaji 13 pada tahun ini, terbilang sangat istimewa, lantaran bertepatan dengan mulainya tahun ajaran baru dan perayaan hari raya idul adha.

Pastinya Anda telah mendapatkan garis besar mengenai perbedaan gaji 13 dengan THR. Tetapi, untuk lebih jelasnya lagi, silahkan simak terus pembahasan yang kami jelaskan pada artikel ini.

Ternyata, gaji ke 13 ini hanya berlaku untuk para pegawai negeri saja dan tidak untuk pegawai swasta. Sampai disini, Anda akan mendapatkan inti perbedaan kecil penting dengan THR.

2, Tunjangan Hari Raya ( THR )

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa perbedaan gaji 13 dengan THR yang mana diterima oleh pegawai negeri atau pemerintahan. THR biasanya didapatkan oleh para pegawai negeri hingga swasta.

Menurut peraturan kemnaker Nomor 6 pada tahun 2016 mengatakan, pendapatan THR merupakan pendapatan upah yang wajib dibayarkan kepada pegawai. Tentunya pemberian tersebut harus dilaksanakan oleh pengusaha.

Sampai disini Anda bisa mengetahui sedikit perbedaan gaji 13 dengan THR dari sisi objeknya, yaitu pegawai negeri dengan swasta. 

THR ini juga akan didapatkan oleh pegawai negeri dan swasta. Sedangkan, gaji ke 13 hanya diberikan kepada pegawai negara saja. Hal tersebut, tentu memiliki komponen yang berbeda.

Baca juga: Apa Alasan Perusahaan Menurunkan Gaji? Biasanya Karena Ini

Mengetahui Ketentuan Besarnya THR Berikut

Selain dari perbedaan gaji 13 dengan THR, Anda juga wajib mengetahui bahwa THR ini memiliki beberapa ketentuan yang berlaku hingga saat ini. Di antaranya adalah telah mencapai masa kerja dua belas bulan secara terus menerus.

Kemudian, pekerja atau buruh yang memiliki masa kerja satu bulan secara terus menerus. Tetapi kurang dari dua belas bulan, akan diberikan secara proposional sesuai dengan masa kerja.

Pastinya Anda telah mengetahui THR ini didapatkan satu kali dalam satu tahun. Tentu, disesuaikan dengan perayaan hari raya keagamaan.

Dapat disimpulkan, pemberian upah ini relatif berbeda pada setiap lembaganya. Maka dari itu, Anda harus mengetahui lebih dalam lagi mengenai dunia pekerjaan. Hal tersebut telah disampaikan pada artikel kami yang menjelaskan tentang perbedaan gaji 13 dengan THR.

Bagikan Artikel: