10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

alasan perusahaan menurunkan gaji

Apa Alasan Perusahaan Menurunkan Gaji? Biasanya Karena Ini

Pertanyaan mengenai apa alasan perusahaan menurunkan gaji karyawan sekarang banyak dibicarakan. Pertanyaan ini muncul karena penurunan gaji sendiri dirasa sangat memberatkan karyawan. Oleh karena itu, alasan penurunan gaji ini pasti dihindari.

Berbicara tentang penurunan gaji sendiri sebenarnya merupakan sesuatu yang sangat umum. Itu karena, penurunan gaji adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari dunia industri. Tanpa adanya penurunan gaji, perusahaan tidak akan bisa berjalan lancar.

Perlu diingat, perusahaan sendiri tidak bisa sembarangan menurunkan gaji. Itu karena, ada kesepakatan yang dari awal sudah ditandatangani. Kalau melakukan penurunan gaji tanpa alasan yang jelas, masalah pasti akan dialami pihak perusahaan.

Baca juga: Cara Menagih Gaji yang Terlambat Dibayarkan? Ini Tekniknya

Apa Alasan Perusahaan Menurunkan Gaji

Ketika ditanyakan apa alasan sebuah perusahaan menurunkan gaji, beberapa poin bisa dijadikan pertimbangan. Apabila beberapa poin tersebut belum dipahami, Anda sudah di tempat yang tepat. Kali ini akan diberikan pembahasan mengenai beberapa poin tersebut.

Poin ini sendiri sifatnya sangat vital. Oleh karena itu, Anda perlu memahaminya agar bisa menghindari penurunan gaji yang disebabkan oleh karyawan.

1. Stabilitas Perusahaan Terganggu

Jika ditanya apa alasan perusahaan menurunkan gaji, hal pertama yang bisa ditonjolkan berhubungan dengan terganggunya stabilitas perusahaan. Ketika stabilitas perusahaan terganggu, diperlukan upaya tambahan agar stabilitas ini terjaga.

Upaya tambahan ini sendiri tidak boleh dianggap remeh. Itu karena, stabilitas yang terganggu bisa menyebabkan perusahaan mengalami kemunduran atau bahkan bangkrut. Di sini, upaya instan untuk menstabilkan neraca keuangan harus dilakukan.

Tentu penurunan gaji karyawan sendiri bisa menjadi opsi terbaik. Itu karena penurunan gaji merupakan langkah cepat yang bisa langsung diambil. Ini berbeda dengan teknik menstabilkan lain seperti menambah target penjualan yang biasanya memakan waktu.

2. Rotasi Jabatan

Hal selanjutnya yang bisa dibahas ketika mengulas alasan perusahaan menurunkan gaji berhubungan dengan aktivitas rotasi jabatan. Rotasi jabatan ini memang hal penting di dunia kerja. Ini dilakukan agar semangat baru bisa muncul di tempat kerja.

Saat rotasi jabatan terjadi, seseorang biasanya akan mendapat jabatan yang setara. Namun ada juga kondisi di mana karyawan di rotasi ke jabatan di bawahnya. Jika hal tersebut terjadi, penurunan gaji adalah hal yang perlu diterima.

3. Sering Terlambat

Hal selanjutnya yang bisa menjadi alasan penurunan gaji berhubungan dengan kedisiplinan terhadap waktu. Dalam kontrak kerja, karyawan pasti memiliki kewajiban kapan harus datang ke perusahaan.

Jamnya sendiri pasti sudah tertulis secara rinci. Di sini karyawan memiliki kewajiban untuk datang pada jam tersebut. Jika karyawan ternyata sering terlambat, sangat mungkin perusahaan memutuskan untuk memberi penurunan gaji.

4. Mangkir

Terlambat bukan satu-satunya alasan mengapa karyawan mengalami penurunan gaji. Itu karena, mangkir juga bisa menjadi alasan perusahaan menurunkan gaji. Mangkir sendiri merupakan hal yang lebih parah dibandingkan terlambat.

Baca juga: Bolehkah Perusahaan Menurunkan Gaji Karyawan? Ini Jawabannya

Itu karena, mangkir satu hari saja sudah menjadi kesalahan besar. Dibandingkan mangkir, jauh lebih tepat jika meminta izin atau sakit ketika tidak bisa hadir. Ini dilakukan agar penurunan gaji tidak sampai Anda alami.

5. Karyawan Tidak Menyelesaikan Pekerjaannya

Di tempat kerja, setiap karyawan pasti memiliki kewajiban yang perlu dipenuhi. Kewajiban tersebut berhubungan dengan tugas-tugas yang perlu dikerjakan. Ketika berada di tempat kerja, tugas ini jelas perlu diselesaikan seluruhnya.

Apabila ada tugas yang terlewat, ini bisa menjadi nilai negatif untuk karyawan tersebut. Sangat mungkin, adanya pekerjaan yang tidak diselesaikan menyebabkan gaji diturunkan oleh pihak perusahaan.

6. Target Tidak Tercapai

Normalnya setiap orang di perusahaan memiliki target kerja yang harus dikejar. Tentu target ini sendiri sudah dihitung oleh perusahaan sehingga sangat mungkin untuk dikejar. Perlu diingat, target yang tidak tercapai bisa menjadi alasan perusahaan menurunkan gaji.

Itu karena, target ini nantinya bisa berpengaruh terhadap stabilitas perusahaan. Jika targetnya ternyata tidak tercapai, stabilitas perusahaan pasti terganggu.

7. Melanggar Aturan Perusahaan

Alasan terakhir mengapa perusahaan sampai menurunkan gaji karyawan berhubungan dengan aturan perusahaan itu sendiri. Perlu diketahui, setiap perusahaan pasti memiliki aturan yang wajib dipenuhi karyawan. 

Jika ada aturan yang dilanggar, ini menjadi nilai minus untuk karyawan. Sangat mungkin hal tersebut menyebabkan perusahaan memutuskan untuk menurunkan gaji karyawan.

Inti dari penurunan gaji adalah hal-hal yang tidak sesuai dengan kontrak awal. Oleh karena itu, karyawan perlu memastikan kalau kewajiban di kontrak awal terus dipenuhi. Memang alasan perusahaan menurunkan gaji pasti jelas.

Bagikan Artikel: