10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

bolehkah perusahaan menurunkan gaji karyawan?

Bolehkah Perusahaan Menurunkan Gaji Karyawan? Ini Jawabannya

Banyak orang di luar sana bertanya bolehkah perusahaan menurunkan gaji karyawan? Pertanyaan ini sebenarnya sederhana. Hanya saja masih ada perdebatan terkait hal ini. Di satu sisi, karyawan menolaknya.

Itu karena, penurunan gaji sangat merugikan karyawan. Belum lagi sudah ada perjanjian kerja yang menyatakan kalau perusahaan harus membayar gaji dengan nominal tertentu. 

Namun di sisi lain, perusahaan merasa memiliki wewenang untuk menurunkan gaji. Tentu perusahaan tidak sembarangan dalam melakukan hal tersebut. ada beberapa penyebab yang akan membuat perusahaan menurunkan gaji karyawan. 

Penyebab paling utama biasanya bisnis yang sedang tidak berjalan lancar. Oleh karena itu, penurunan gaji dilakukan untuk menyesuaikan neraca keuangan perusahaan. 

Ada juga kondisi di mana gaji yang diberikan dirasa terlalu besar jika dibandingkan dengan kinerja karyawan. Hal tersebut membuat penurunan gaji ini adalah cara terbaik agar uang yang didapat sama dengan kinerja yang dikeluarkan.

Baca juga: Cara Menagih Gaji yang Terlambat Dibayarkan? Ini Tekniknya

Bolehkah Perusahaan Menurunkan Gaji Karyawan?

Sebenarnya jika ada yang bertanya bolehkah perusahaan menurunkan gaji? Jawabannya tentu saja tidak. Itu karena, pembayaran gaji perlu sama dengan kesepakatan dalam kontrak kerja yang sudah ditandatangani sejak dari awal.

Tetapi ingat, ada beberapa kondisi di mana gaji memang bisa dipotong. Sebagai contoh, pemotongan gaji bisa dilakukan jika sudah ada kesepakatan terkait hal tersebut dalam kontrak kerja.

Misal dalam kontrak kerja disebutkan kalau karyawan mangkir selama 3 hari dalam satu bulan, maka gaji akan dipotong sebesar 30 persen di bulan tersebut. Jika sudah ada kesepakatan semacam ini, pemotongan sifatnya legal.

Tetapi ingat, kesepakatan semacam ini jarang terjadi. Kalaupun ada, Anda harusnya mempertanyakan kesepakatan semacam itu. Jangan sampai rugi di akhir karena tidak memahami poin-poin dalam kontrak kerja.

Hal selanjutnya yang perlu didalami ketika membahas bolehkah perusahaan menurunkan gaji karyawan? Ada kondisi di mana kontrak kerja tidak mencantumkan opsi penurunan gaji.

Tetapi pihak perusahaan bisa saja mengajak Anda berdiskusi terkait penurunan gaji. Tentu perusahaan akan memberikan alasan mengapa penurunan gaji tersebut harus dilakukan. Jika Anda sebagai karyawan menyepakatinya, akan dibuat kontrak kerja baru.

Setelah kontrak kerja tersebut ada, penurunan gaji sifatnya legal. Oleh karena itu jika ada yang bertanya bolehkah perusahaan menurunkan gaji karyawan? Ini juga bisa dijawab boleh asalkan sudah ada kesepakatan dengan karyawan.

Baca juga: Apakah Perusahaan Wajib Menaikkan Gaji Setiap Tahunnya?

Beberapa Penyebab Terjadinya Penurunan Gaji

Ada beberapa kondisi di mana perusahaan meminta karyawan untuk siap menurunkan gaji. Biasanya ada beberapa alasan yang membuat hal tersebut terjadi. Supaya lebih lengkap, berikut beberapa alasan penurunan gaji tersebut. 

1. Terlambat

Alasan pertama dalam ulasan tentang bolehkah perusahaan menurunkan gaji berhubungan dengan keterlambatan. Terlambat adalah hal yang pasti tidak diperbolehkan di setiap perusahaan. Terlambat membuktikan kalau karyawan tidak profesional.

Oleh karena itu jika karyawan sering terlambat, sangat mungkin perusahaan akan meminta karyawan untuk menurunkan gaji. Untuk mengatasi kondisi ini, pastikan untuk izin ketika terlambat dan jangan sering melakukan hal tersebut.

2. Tidak Menjalankan Kewajiban

Hal selanjutnya yang perlu dibahas dalam ulasan bolehkah perusahaan menurunkan gaji karyawan? Normalnya di tempat kerja, karyawan memiliki kewajiban yang perlu dipenuhi.

Jika kewajiban tersebut tidak diselesaikan seluruhnya, ini bisa menjadi evaluasi untuk pihak perusahaan. Tentu bisa saja perusahaan memutuskan untuk menurunkan gaji dengan besar sesuai kewajiban yang tidak dijalankan.

3. Target Kerja

Setiap karyawan memiliki target harian atau bulanan yang perlu diselesaikan. Tentu target ini perlu dikejar agar perusahaan bisa berjalan stabil. Oleh karena itu, perusahaan pasti bergerak cepat jika ada karyawan yang tidak mencapai target.

Pergerakan cepat tersebut bisa dilakukan dengan meminta karyawan untuk siap menerima penurunan gaji. Penurunan gajinya akan disesuaikan dengan besar target yang tidak tercapai. Tetapi bolehkah perusahaan menurunkan gaji karyawan? Tentu saja boleh.

4. Rotasi Jabatan

Alasan terakhir mengapa perusahaan ingin karyawan menurunkan gaji berhubungan dengan rotasi jabatan. Rotasi jabatan ini biasanya dilakukan untuk memberikan suasana baru di perusahaan.

Tentu rotasi tidak selalu berasal dari posisi yang sama. Sangat mungkin seseorang dirotasi ke posisi di bawahnya. Jika hal tersebut terjadi, ini akan membuat karyawan menerima gaji lebih kecil.

Inti dari penurunan gaji adalah kesepakatan. Oleh karena itu, pastikan kesepakatan kerja yang sudah ditentukan dari awal. Ini menjadi hal yang sangat penting ketika bertanya bolehkah perusahaan menurunkan gaji karyawan?

Bagikan Artikel: