10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

cara menagih gaji yang terlambat dibayarkan

Cara Menagih Gaji yang Terlambat Dibayarkan? Ini Tekniknya

Banyak orang di luar sana menanyakan cara menagih gaji yang terlambat dibayarkan? Pertanyaan terkait hal ini bisa dikatakan sebagai sesuatu yang cukup unik. Keunikan itu ada karena menagih gaji ke perusahaan sendiri terkadang menyulitkan.

Itu karena, karyawan seakan tidak memiliki otoritas untuk menanyakan keterlambatan ini. Perlu diketahui, perasaan tidak dimilikinya otoritas merupakan kesalahan. Itu karena, perasaan tersebut sebenarnya bisa ditanggulangi dengan pemahaman mengenai pembayaran gaji.

Secara prinsip dasar, gaji merupakan hak karyawan. Oleh karena itu, karyawan memiliki otoritas untuk meminta perusahaan membayarkan gaji tepat waktu. Hanya saja, ada kondisi di mana perusahaan memang berada pada situasi sulit.

Jika kondisinya seperti ini, cara menagih gaji yang terlambat perlu dilakukan dengan cara cerdas. Itu karena, menagih ke perusahaan ketika berada pada situasi sulit semacam itu hanya akan membuat perusahaan mengalami kemunduran.

Baca juga: Apakah Perusahaan Wajib Menaikkan Gaji Setiap Tahunnya?

Berikut Cara Menagih Gaji yang Terlambat Dibayarkan

Jika Anda masih bingung mengenai teknik menagih gajinya, ini adalah tempat yang tepat. Kali ini akan diberikan beberapa poin yang bisa dipraktekkan untuk menagih gaji. Supaya lebih lengkap, berikut langsung saja beberapa poin tersebut.

1. Tanya Teman

Poin pertama yang perlu diketahui dalam menagih gaji adalah menanyakan ke teman yang satu divisi. Intinya Anda perlu menanyakan ke teman apakah sudah gajian atau tidak. Perlu diketahui, ada beberapa kemungkinan yang akan terjadi ketika bertanya.

Pertama ada kemungkinan teman menjawab sudah gajian. Jika ini terjadi, ini membuktikan kalau hanya Anda yang belum menerima gajian. Tetapi kalau teman menjawab masih belum, tanyakan kapan gajian tersebut akan turun.

2. Konfirmasi

Setelah bertanya pada teman, tahap selanjutnya dalam cara menagih gaji yang terlambat dibayarkan adalah mengonfirmasi. Jika teman sudah gajian tetapi Anda belum, proses konfirmasi biasanya mudah. Itu karena, dari sana gaji akan langsung dibayarkan.

Hanya saja hal berbeda akan terasa apabila semua orang memang belum menerima gaji. Jika hal tersebut terjadi, biasanya pihak perusahaan akan memberikan alasan mengapa gaji belum dibayarkan. Di sini Anda perlu memahami alasan tersebut dengan baik.

3. Siapkan Alasan

Karena perusahaan memiliki alasannya sendiri, cara menagih gaji yang terlambat dibayarkan juga mengharuskan Anda memiliki alasan. Ini berhubungan dengan alasan mengapa Anda meminta secepatnya gaji diturunkan.

Alasannya sendiri bermacam-macam. Biasanya alasan yang berhubungan dengan kebutuhan keluarga adalah cara terbaik. Namun selain itu, Anda juga bisa memberikan alasan yang berhubungan dengan kebutuhan bulanan.

Ini bisa seperti kebutuhan belanja bulanan atau cicilan. Tetapi ingat, pastikan alasan tersebut sudah disiapkan agar Anda tidak kebingungan ketika ditanya.

4. Izin Kasbon

Dalam cara menagih gaji yang terlambat dibayarkan, ada kondisi di mana alasan sudah diberikan tetapi gaji tetap tidak cair. Untuk mengatasi kondisi semacam ini, cara yang perlu Anda lakukan adalah meminta kasbon sebesar jumlah yang dibutuhkan.

Baca juga: Apakah Nilai THR Saat Kenaikan Gaji di Tahun yang Sama?

Walaupun permintaannya kasbon, secara prinsip dasar Anda tidak perlu bingung membayarnya. Itu karena, Anda memiliki gaji yang memang belum dibayarkan oleh pihak perusahaan.

5. Negosiasi

Opsi lain yang bisa dilakukan adalah melakukan negosiasi dengan pihak perusahaan. Dengan dilakukannya negosiasi, ada beberapa jalan keluar yang bisa dipilih. 

Pertama, sangat mungkin negosiasi membuat Anda menerima setengah gaji sekarang dan sisanya dibayarkan bulan depan. Selain itu, mungkin juga Anda meminta gaji sebesar yang bisa dibayarkan perusahaan dan sisanya dibayar bulan depan.

6. Opsi Sabar

Dalam cara menagih gaji yang terlambat dibayarkan, penting juga untuk memahami opsi sabar. Itu karena, ada kondisi di mana pada akhirnya Anda harus menunggu hingga bulan depan. Tetapi jika pilihan sabar bukan opsi, Anda bisa menggunakan cara terakhir.

7. Bantuan Serikat atau Dinas

Cara terakhirnya adalah meminta bantuan serikat atau dinas. Cara ini sendiri memang yang paling efektif. Itu karena, serikat atau dinas terkait memiliki wewenang yang dipayungi oleh hukum. Oleh karena itu, perusahaan nantinya akan memiliki kewajiban untuk membayar.

Tetapi ingat, cara ini akan membuat hubungan antara pihak karyawan dan perusahaan menjadi buruk. Oleh karena itu, pastikan cara ini sendiri dilakukan ketika sudah tidak ada jalan lain yang bisa dilakukan.

Pastikan untuk serius ketika mencoba menagih gaji. Jika Anda hanya menagihnya secara asal, pencairan seperti yang diharapkan tidak akan pernah terjadi. Oleh karena itu, pahami cara menagih gaji yang terlambat dibayarkan dengan baik.

Bagikan Artikel: