10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Apakah nilai THR saat kenaikan gaji di tahun yang sama?

Apakah Nilai THR Saat Kenaikan Gaji di Tahun yang Sama?

Apakah nilai THR saat kenaikan gaji di tahun yang sama? Bagaimana cara menghitung kenaikan gaji? Setiap karyawan menginginkan kenaikan gaji. Namun, kenaikan gaji pegawai tidak bisa dilakukan sembarangan.

Hal tersebut dapat diterapkan melalui beberapa faktor, baik dari faktor karyawan maupun dari faktor perusahaan. Bicara soal kenaikan, bagaimana cara menghitung persentase kenaikan gaji yang ideal bagi karyawan?

Apakah Nilai THR Saat Kenaikan Gaji di Tahun yang Sama

Perusahaan biasanya memutuskan kenaikan upah karyawan dan menerapkannya sebagai persentase untuk setiap karyawan. Bagian kenaikan upah juga bervariasi dalam perhitungan. 

Misalnya, bisnis mengumumkan kenaikan kompensasi 5% untuk setiap karyawan setiap tahun. Oleh karena itu, mungkin saja ukuran dan metodologi kenaikan kompensasi karyawan bervariasi sesuai dengan pekerjaan Anda. 

Tidak ada undang-undang khusus yang mengatur tentang kenaikan persentase tertentu dalam kompensasi karyawan dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan.

Apakah nilai THR saat kenaikan gaji di tahun yang sama? Kenaikan gaji di Indonesia diperkirakan akan kembali ke tingkat sebelum pandemi pada tahun 2022. Ini adalah hasil dari pemulihan ekonomi dan berbagai sektor.

Pada tahun 2022, rata-rata kenaikan pendapatan tahunan diperkirakan sebesar 6,5 persen. Angka ini jauh lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 5,3 persen. Namun, masih kalah dari 2019, yang persentasenya 6,9%.

Baca juga: Bagaimana Jika HR Salah Kirim Gaji? Haruskah Dikembalikan?

Hasil ini melampaui rata-rata persentase pertumbuhan negara-negara Asia-Pasifik, yaitu 5,4%. Namun, suatu perusahaan dituntut untuk membuat struktur pembayaran karyawan dengan memperhatikan kapasitas perusahaan itu sendiri.

Hal ini agar dapat mengurangi tingkat gaji yang berlebihan antara pendapatan tertinggi dan terendah dalam suatu perusahaan. Termasuk saat menentukan % kenaikan upah.

1. Faktor Kenaikan Gaji

Apakah nilai THR saat kenaikan gaji di tahun yang sama? Persentase kenaikan gaji karyawan perlu memperhitungkan beberapa hal. Berikut adalah beberapa contoh.

2. Peraturan Pemerintah

Setiap tahun, pemerintah mengumumkan kenaikan upah minimum bagi pekerja agar mereka dapat hidup layak. Perusahaan dapat menggunakan rumus untuk menghitung persentase kenaikan gaji berdasarkan kenaikan upah minimum pemerintah.

Pemerintah menetapkan upah minimum sebagai tingkat upah terendah bagi pekerja di posisi terendah dengan pengalaman kurang dari satu tahun.

3. Laju Inflasi

Isu tingkat inflasi juga berdampak pada kenaikan upah tahunan baik untuk pekerja sektor swasta maupun publik. Acuan penentuan persentase kenaikan ganti rugi mengikuti perhitungan upah minimum sesuai PP No 36 Tahun 2021 jika terjadi inflasi seperti kenaikan harga BBM belakangan ini.

Baca juga: Contoh Percakapan Negosiasi Gaji Agar Sesuai Harapan

Apakah nilai THR saat kenaikan gaji di tahun yang sama? Diperkirakan kenaikan gaji karyawan pada akhirnya akan mencapai 7 hingga 10 persen, tetapi tidak semua sektor korporasi akan dapat mengubah gaji, terutama yang masih dalam tahap pemulihan keuangan pandemi.

4. Menjadikan Kesejahteraan Karyawan Lebih Baik

Mengingat bahwa biaya kebutuhan meningkat dari waktu ke waktu, kompensasi bagi pekerja juga harus disesuaikan dengan kenaikan gaji yang berulang. Salah satunya adalah pemeriksaan kebutuhan hidup layak (KHL) yang merupakan standar hidup bulanan seorang karyawan. 

Hasil survei Dewan Pengupahan Nasional, yang digunakan untuk menentukan angka KHL, dikumpulkan. Kemudian, setidaknya setiap lima tahun sekali, jumlah ini ditinjau kembali. 

KHL merupakan salah satu variabel yang diyakini Kemenaker akan berkontribusi terhadap kenaikan upah pegawai. KHL memuat 64 komponen per tahun 2020, yang selanjutnya dikelompokkan menjadi 7 kebutuhan dasar masyarakat.

5. Gaji Rata-Rata Industri 

Upah rata-rata yang dibayarkan beberapa bisnis untuk pekerjaan serupa adalah poin kuncinya. Misalnya, seorang copywriter di Jakarta rata-rata berpenghasilan Rp7 juta per bulan. Perusahaan kemudian mendasarkan kompensasi staf pada tolok ukur gaji ini. 

Sebaliknya, jika struktur dan skala pembayaran untuk peran itu berubah, atasan dapat meningkatkan pendapatan karyawan di posisi itu. Keputusan besaran kenaikan gaji karyawan diserahkan kepada masing-masing perusahaan. 

Misalnya, bisnis secara otomatis menaikkan gaji semua karyawan sebesar 5% pada akhir setiap tahun. Persentase kenaikan upah akan diberlakukan oleh HR di akhir tahun. Bagaimana cara menghitung kenaikan gaji? Apakah nilai THR saat kenaikan gaji di tahun yang sama? 

Sebagai gambaran, gaji Andi sebelumnya Rp 5.000.000, namun pada April 2022 ia mendapat kenaikan gaji menjadi Rp 5.500.000. Selisih antara gaji baru dan sebelumnya adalah kenaikan gaji Andi. Selisih penghasilan sama dengan penghasilan baru dikurangi upah lama.

Rp 5.500.000 dikurangi Rp 5.000.000 adalah Rp 500.000.

Jawaban dari pertanyaan apakah nilai THR saat kenaikan gaji di tahun yang sama? Ini bisa Anda simpulkan sendiri dari uraian di atas.

Bagikan Artikel: