10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

bagaimana jika HR salah kirim gaji

Bagaimana Jika HR Salah Kirim Gaji? Haruskah Dikembalikan?

Perusahaan berkewajiban membayar gaji karyawan tepat waktu, namun bagaimana jika HR salah kirim gaji? Hal ini tentunya akan merugikan dua belah pihak, baik karyawan maupun perusahaan.

Tidak bisa dipungkiri, kesalahan bisa saja terjadi. Seperti baru-baru ini Anda pasti pernah membaca atau mendengar HRD yang salah transfer gaji kemudian uang tersebut di bawa kabur karyawannya. Jika hal ini terjadi pada Anda, apakah Anda akan melakukan hal yang sama? Atau harusnya uang tersebut dikembalikan?

Bagaimana Jika HR Salah Kirim Gaji?

Anda sebagai karyawan harus mengembalikan uang tersebut karena bukan hak Anda untuk menyimpannya. Apalagi jika perusahaan melakukan kesalahan dalam transfer dan meminta maaf serta meminta pengembalian dana.

Sebagaimana tercantum dalam Pasal 85 Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2011 Tentang Perpindahan Dana (“UU 3/2011”). Penguasaan pemindahan dana oleh seseorang yang diketahui atau seharusnya diketahui bukan miliknya akan dikenakan hukuman pidana.

“Setiap orang yang dengan sengaja menguasai dan mengakui sebagai milik sendiri dana hasil transfer yang diketahui atau seharusnya diketahui tidak mempunyai hak dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun atau denda paling banyak Rp5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah).”

Selain itu, Anda bisa menghadapi tuntutan berdasarkan Pasal 372 KUHP, yang berkaitan dengan tindak pidana penggelapan. Jika uang tersebut tidak dikembalikan setelah perusahaan mengakui kesalahannya dan memintanya untuk dikembalikan.

Baca juga: Contoh Percakapan Negosiasi Gaji Agar Sesuai Harapan

Bagaimana jika HR salah kirim gaji? Perusahaan dapat meminta pengembalian dana sesuai dengan Pasal 1359 dan 1360 KUHPerdata (“KUHP”).

1. Pasal 1359

Setiap pembayaran tergantung pada adanya hutang; setiap jumlah yang dibayarkan secara sukarela dapat diperoleh kembali. Komitmen bebas yang telah disimpan secara sukarela tidak dikenakan tindakan hukum lebih lanjut.

2. Pasal 1360

Barang siapa menerima sesuatu yang tidak harus dibayarkan kepadanya, baik sengaja maupun tidak, harus mengembalikannya kepada pemberinya. 

Kesimpulannya jika hal ini terjadi, Anda wajib membayar kembali dana yang bukan hal Anda baik menurut hukum perdata maupun pidana, juga berdasarkan asas kepatutan.

Baca juga: Apakah Izin Sakit Potong Gaji? Berikut Ketentuannya

Pentingnya Slip Gaji untuk Menghindari Kesalahan

Terkait pertanyaan bagaimana jika HR salah kirim gaji? Ini bisa menimbulkan pertanyaan lain. Lantas bagaimana cara mengantisipasi hal tersebut, terutama bagi Anda sebagai karyawan yang tidak tahu menahu soal teknis penggajian.

Terbukti, setiap karyawan harus memahami slip gaji selain upah nominal. Dokumen yang satu ini menjadi bukti bahwa perusahaan telah melaporkan secara akurat jumlah gaji yang telah dibayarkannya.

Pada kenyataannya, sebagian besar pengusaha pasti akan memberikan gaji penuh bersama dengan slip gaji. Namun, beberapa bisnis terus menyimpan informasi ini dari staf mereka. Anda berhak meminta dokumen dari perusahaan jika Anda yakin belum pernah menerimanya.

Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa setiap karyawan yang bekerja memiliki hak untuk mendapatkan upah atau slip gaji. Hal ini juga untuk mengantisipasi bagaimana jika HR salah kirim gaji?

1. Memiliki informasi gaji

Mengetahui secara spesifik komponen upah nominal yang kita terima setiap bulan, tentu saja, adalah tujuan utama slip gaji. 

Tergantung pada kebijakan perusahaan masing-masing organisasi, komponen upah berubah. Menurut Planday, slip gaji umumnya harus berisi tiga komponen, termasuk:

  • Gaji Pokok
  • Pajak, Potongan, iuran atas gaji pokok
  • gaji bersih yang diperoleh dalam jumlah tersebut

2. Cicilan Kendaraan Bermotor

Bagaimana jika HR salah kirim gaji? Slip gaji tampaknya cukup membantu ketika Anda ingin mengambil kredit mobil, selain membantu ketika Anda perlu mengetahui jumlah sebenarnya dari gaji kita. Pihak kreditur seringkali memiliki sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi saat mengajukan kredit mobil.

Slip gaji biasanya diperlukan sebagai salah satu prasyarat, bersama dengan dokumentasi seperti fotokopi KTP, kartu keluarga, akta nikah, tagihan listrik atau PDAM, dan buku tabungan.

Dokumen informasi gaji digunakan sebagai bukti bahwa Anda memiliki pekerjaan tetap yang dapat memastikan kemampuan Anda untuk melakukan pembayaran cicilan hutang Anda.

3. Negoisasi gaji

Slip gaji kabarnya berguna untuk negosiasi gaji saat mencari pekerjaan, selain berguna untuk syarat pengajuan kredit. Slip gaji, menurut kutipan dari Naukri, mungkin berguna bagi pekerja saat menegosiasikan gaji dengan perusahaan.

Alasannya karena mengetahui kisaran upah memungkinkan pekerja untuk meminta kenaikan gaji dari atasan mereka sebelumnya. Pengusaha dapat menggunakan informasi ini untuk menetapkan kisaran upah yang akan mereka tawarkan kepada calon karyawan.

Selain mempertahankan haknya, Anda juga perlu bertanggungjawab jika terjadi kesalahan penggajian. Cara mengatasi bagaimana jika HR salah kirim gaji? Pada pembahasan di atas sudah sesuai dengan undang-undang.

Bagikan Artikel: