10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

apakah perusahaan wajib menaikkan gaji setiap tahunnya?

Apakah Perusahaan Wajib Menaikkan Gaji Setiap Tahunnya?

Banyak orang di luar sana bertanya apakah perusahaan wajib menaikkan gaji setiap tahunnya? Pertanyaan ini muncul karena ada budaya kenaikan gaji yang terjadi di Indonesia. Adanya budaya tersebut jelas membuat beberapa orang bertanya-tanya.

Perlu diketahui, kenaikan gaji ini sebenarnya bukan sekadar budaya. Ini memang hal yang wajib dilakukan. Tetapi sebelum membahas lebih jauh mengenai kenaikan gaji, ada baiknya mengetahui dulu apa itu gaji.

Gaji sendiri merupakan pembayaran berkala dari pihak yang memberi pekerjaan kepada pihak yang bekerja. Normalnya besar gaji akan disepakati terlebih dahulu antara kedua pihak tersebut. Waktu pemberian gaji sendiri biasanya sudah ditentukan sejak dari awal.

Apakah perusahaan wajib menaikkan gaji setiap tahunnya? Penting untuk mengetahui dulu UU Ketenagakerjaan No. 13 Tahun 2003. Undang-undang tersebut memang membahas tentang penggajian secara detail.

Namun undang-undang ini sudah diperbarui dalam UU No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Pada undang-undang tersebut, sudah dilakukan beberapa perubahan, penambahan, hingga Penghapusan yang kemudian ditulis ulang.

Sebenarnya dalam undang-undang di Indonesia, kata gaji tidak dijelaskan secara rinci. Itu karena pemerintah Indonesia memutuskan untuk menggunakan kata upah. Oleh karena itu pemahaman mengenai gaji ini perlu diluruskan terlebih dahulu.

Baca juga: Apakah Nilai THR Saat Kenaikan Gaji di Tahun yang Sama?

Apakah Perusahaan Wajib Menaikkan Gaji Setiap Tahunnya?

Ketika ada yang bertanya apakah perusahaan wajib untuk menaikkan gaji setiap tahunnya, perlu diingat kalau tidak ada satupun peraturan yang mewajibkan hal ini. Hal ini bisa diketahui apabila Anda memerhatikan detail dari undang-undang cipta kerja.

Istilah kenaikan gaji sendiri baru populer ketika pemerintah mengeluarkan PP No. 7 tahun 1977. Di sana dijelaskan kalau karyawan sudah bekerja hingga 2 tahun dan memenuhi predikat cukup akan mendapatkan kenaikan gaji secara berkala.

Dari sinilah awal mula mengapa istilah kenaikan gaji tersebut populer. Jika melihat dari aturan tersebut, terlihat jelas kalau predikat cukup ini harus dimiliki dulu. Namun jika dilihat sekarang, kenaikan gaji ini seakan diberikan pada setiap orang.

Tetapi ingat, peraturan pemerintah di tahun 1977 tersebut sebenarnya terus diperbaharui. Pertanyaan apakah perusahaan wajib menaikkan gaji setiap tahunnya? Ini dapat terjawab saat UU Ketenagakerjaan No. 13 tahun 2003 dikeluarkan. 

Pada pasal 92 ayat 2 dijelaskan kalau perusahaan harus melakukan penyesuaian upah secara berkala dengan mempertimbangkan produktivitas dan kemampuan perusahaan. Di sini kata kenaikan sebenarnya tidak ada.

Dibandingkan menggunakan kata kenaikan, pemerintah lebih memilih untuk menggunakan kata penyesuaian. Di sini perusahaan sebenarnya mendapat sedikit kelonggaran. Itu karena, tidak ada batas waktu 2 tahun seperti yang sebelumnya dijelaskan.

Baca juga: Bagaimana Jika HR Salah Kirim Gaji? Haruskah Dikembalikan?

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menyesuaikan Gaji

Ketika bertanya apakah perusahaan wajib menaikkan gaji setiap tahunnya? Penting juga untuk memahami hal-hal yang dipertimbangkan. Itu karena, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika penyesuaian gaji ini akan dilakukan.

Tanpa mempertimbangkan beberapa hal ini, perusahaan bisa saja menyalahi aturan. Nantinya ini bisa menjadi masalah untuk pihak perusahaan di masa depan.

1. Komponen

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan saat menyesuaikan gaji adalah komponen. Perlu diketahui, ada beberapa komponen gaji yang wajib diikuti. Komponen itu sendiri diatur dalam peraturan pemerintah No. 36 tahun 2021.

Di sana dijelaskan kalau komponen yang ada pada gaji antara lain gaji pokok, tunjangan tetap, dan tunjangan tidak tetap. Ada juga pajak PPh yang memang perlu dipikirkan.

2. Skala dan Struktur

Hal selanjutnya yang perlu dibahas dalam ulasan mengenai apakah perusahaan wajib menaikkan gaji setiap tahunnya? Ini adalah skala dan struktur. Skala sendiri adalah kisaran nominal dari gaji. 

Ini mencakup gaji terkecil hingga terbesar sesuai jabatan. Untuk struktur gaji sendiri ini adalah susunan tingkat gaji. Susunan gaji sendiri biasanya disusun dari yang terendah hingga tertinggi.

3. Upah Minimum

Memahami upah minimum juga sangat penting. Itu karena, perusahaan wajib membahas gaji di bawah upah minimum UMP maupun UMK. Jika gaji di bawah upah minimum, ada sanksi yang akan diterima perusahaan.

4. Larangan Penurunan Upah

Hal terakhir yang penting untuk dipahami terletak pada larangan penurunan upah. Oleh karena itu, penyesuaian ini harus dilakukan dengan menambah atau tidak mengubah besar gaji.

Pastikan untuk memahami ulasan tentang gaji dengan baik. Itu karena, ulasan ini pasti bermanfaat untuk Anda selaku karyawan. Terlebih lagi, ini akan membuat Anda lebih mudah ketika ada yang bertanya apakah perusahaan wajib menaikkan gaji setiap tahunnya?

Bagikan Artikel: