Cari Kerja dan Cari Cuan untuk Bahagiakan Keluarga

Kapan gaji 13 cair

Kapan Gaji 13 Cair, Ternyata Banyak yang Belum Tahu

Kapan gaji 13 cair bisa Anda ketahui melalui media internet yang saat ini sedang banyak digunakan oleh para pengguna internet. Simak terus penjelasan dari kami untuk mendapatkan kabar terbaru mengenai gaji ke 13.

Gaji merupakan hasil dari para pekerja bekerja disuatu instansi atau lembaga. Tetapi, gaji ke 13 ini berbeda dengan gaji karyawan perusahaan swasta. Tentunya, Anda harus mengetahui sekarang juga.

Teknologi semakin canggih pada setiap waktunya, sehingga berbagai informasi akan lebih mudah didapatkan melalui media internet. Terdapat beberapa media informasi terpercaya, seperti artikel kami.

Kapan gaji 13 cair dapat ditemukan jawabannya, apabila Anda mencari informasi terlebih dahulu. Baik itu melalui internet atau langsung kepada rekan yang bekerja di suatu instansi pemerintahan.

Perlu diketahui, gaji ke 13 ini hanya didapatkan oleh para pekerja negara saja. Misalnya seperti pegawai negeri sipil. Hal tersebut pastinya Anda telah mengetahui, bahwa mereka adalah penerima gaji besar, lantaran terdapat tunjangan atau bonus lainnya.

Jika, Anda merupakan seorang PNS, tentu wajib mengetahui kapan gaji 13 cair. Silahkan simak pembahasan yang akan kami jelaskan pada artikel ini.

Jangan lupa, perhatikan sinyal dan kuota internet Anda supaya tidak terjadi kesalahan ketika sedang mengakses artikel kami. Berikut penjelasan secara lengkapnya.

Baca juga: Apa Alasan Perusahaan Menurunkan Gaji? Biasanya Karena Ini

Mengenai Gaji 13 yang Perlu Anda Pelajari

Sebelum masuk pada pembahasan kapan gaji 13 cair, sebaiknya Anda perlu mempelajari definisinya terlebih dahulu. Karena, semua teori dasar berasal dari definisi atau pengertian dasarnya.

Seperti yang diketahui, gaji ke 13 merupakan salah satu bentuk penghargaan pemerintah atas kontribusi dan pengabdian aparatur negara hingga penerimaan tunjangan. Tentunya, itu semua karena mereka telah melaksanakan tugas dengan sebagaimana mestinya.

Perlu diketahui juga, gaji ke 13 ini diberikan berupa gaji pokok beserta tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan saja. Tetapi, pernyataan tersebut hanya berlaku pada tahun 2020.

Pada tahun 2021, gaji ke 13 ini diberikan kepada seluruh ASN dengan komponen gaji pokok, tunjangan keluarga hingga jabatan tanpa tunjangan kinerja. Tujuannya adalah untuk memberikan kesejahteraan bagi para pelaksana tugas pemerintahan.

Lalu, kapan gaji 13 cair? Jawabannya akan kami ulas pada pembahasan dan dijelaskan pada artikel kami di bawah ini.

Apa yang Dimaksud dengan PNS atau ASN ?

Setelah membaca penjelasan di atas, maka Anda juga harus mengetahui apa yang dimaksud dengan PNS atau ASN. Sudah dipastikan dari keduanya itu memiliki definisi dan perannya tersendiri.

PNS adalah singkatan dari pegawai negeri sipil. Sedangkan ASN itu aparatur sipil negara. Namun, ASN ini terbagi lagi menjadi dua bagian, yaitu PNS dan PPPK.

PPPK adalah pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja. Sampai disini, kami sudah percaya bahwa Anda mengerti. Jadi, PNS merupakan bagian dari ASN atau aparatur sipil negara.

Kapan gaji 13 cair untuk ASN, biasanya informasi tersebut telah tersampaikan kepada para pegawai negara. Namun, Apabila Anda ingin mengetahui tanpa menjadi ASN terlebih dahulu, bisa simak artikel kami hingga akhir penjelasan.

Berikut akan kami sampaikan informasi lengkap mengenai gaji ke 13 yang saat ini ramai diperbincangkan banyak orang. Ini penjelasannya.

Baca juga: Bolehkah Perusahaan Menurunkan Gaji Karyawan? Ini Jawabannya

Kapan Gaji 13 Cair, Segera Cari Tahu Informasinya

Kami telah mencari tahu informasi ke berbagai sumber terpercaya. Terdapat informasi seperti ini, gaji ke 13 sudah cair Rp 19 T ke 5,2 juta PNS. Hal tersebut memang benar adanya, lantaran pegawai negeri ini sudah banyak di negara Indonesia.

Kementerian keuangan atau Kemenker telah melaporkan data terkini mengenai pembayaran gaji ke 13 bagi PNS yang berada di pemerintah pusan hingga daerah. Ternyata, pegawai sipil negara pensiunan juga mendapatkan gaji ke 13.

Kapan gaji 13 cair, Anda dapat membaca artikel kami hingga selesai. Jangan lewatkan dari setiap pembahasannya. Karena terdapat beberapa informasi penting.

Pencairan gaji ke 13 PNS pusat ini mencapai Rp. 8.823 triliun untuk 1.833.229 pegawai. Kemudian, untuk PNS daerah sudah cair juga sebesar Rp. 2.516 triliun untuk 554.704 pegawai.

Seperti diketahui, bahwa pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp. 35,5 triliun untuk pembayaran gaji ke 13 PNS. Pencairannya akan dilakukan secara bertahap, mulai dari 1 juni 2022 kepada satuan kerja yang sudah menyampaikan surat perintah membayar.

Maka, sudah terjawab pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pegawai negeri sipil atau pegawai lainnya mengenai kapan gaji 13 cair.

Bagikan Artikel:

About The Author