pengertian kepemimpinan yang baik

Pengertian Kepemimpinan Yang Baik Itu Seperti Apa?

Banyak yang bertanya perihal pengertian kepemimpinan yang baik itu seperti apa. Sebab definisi kepemimpinan yang baik berbeda-beda. Oleh sebab itu penting bagi setiap orang untuk mengerti sekaligus memahami perihal konsep kepemimpinan yang baik serta ciri-cirinya.

Dalam sebuah kelompok atau organisasi pemimpin tentu akan sangat diperlukan untuk memimpin organisasi atau kelompok tersebut. Menjadi seorang pemimpin yang baik bisa memajukan organisasi atau kelompok yang sedang dipimpinnya.

Bagaimana Pengertian Kepemimpinan yang Baik Secara Umum?

Arti kepemimpinan yang baik ini tentu memiliki berbagai arti yang ditemukan oleh para ahli. Seperti pengertian kepemimpinan dari James Stoner, kepemimpinan yang baik yaitu proses mengarahkan dalam mempengaruhi sebuah kegiatan yang berhubungan dengan anggota kelompok atau organisasi.

Tidak hanya itu saja pengertian kepemimpinan yang baik menurut Sutarto Wijono merupakan rangkaian aksi yang dilakukan oleh seseorang berdasarkan kemampuannya untuk mempengaruhi anggota dalam melakukan sesuatu sesuai dengan situasi tertentu.

Sedangkan menurut Wahjosumidjo kepemimpinan yang baik yaitu kemampuan yang melekat pada diri seseorang yang tidak bisa dipisahkan dari kedudukannya untuk melakukan interaksi dengan para pengikutnya atau para anggotanya.

Jika berdasarkan pada ketiga pengertian di atas dapat disimpulkan jika pengertian kepemimpinan adalah sebuah kemampuan seseorang untuk menggerakkan sikap individu atau kelompok dalam melakukan tindakan tertentu dengan maksud untuk meraih tujuan bersama.

Baca juga: Gaya Kepemimpinan Demokratis, Definisi dan Cirinya

Ciri-ciri Kepemimpinan yang Baik

Setelah mengetahui pengertian kepemimpinan yang baik, lalu seperti apakah ciri-ciri kepemimpinan yang baik itu? jika dikutip dari buku Principle Centered Leadership (2001) karangan Stephen Covey jika seorang pemimpin yang baik memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

1. Memiliki Strategi yang Jelas

Ciri-ciri kepemimpinan yang baik yang pertama adalah memiliki strategi yang jelas. Seorang pemimpin yang baik bisa menyusun strategi dan bertindak dengan sebaik mungkin. Selain itu seorang pemimpin yang baik bisa mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.

Hasil yang baik atau buruknya keputusan tersebut juga bergantung pada tindakan yang diambil oleh pemimpin tersebut. oleh sebab itu menjadi seorang pemimpin yang baik juga harus memiliki sifat yang cerdas dan melihat keadaan.

Selain itu seorang pemimpin juga harus memiliki strategi yang baik dalam mengambil keputusan dalam berkelompok atau berorganisasi yang dipimpinnya.

2. Bertanggung Jawab

Jika dilihat dari pengertian kepemimpinan yang baik harus bisa mempertanggungjawabkan semua tugas dan perilakunya. Sebab sebagai pemimpin tentu akan memikul tugas dan tanggung jawab yang berat.

Oleh sebab itu dalam keadaan apapun yang terjadi seorang pemimpin merupakan orang yang pertama yang tetap dan harus bertanggung jawab dalam sebuah kelompok atau organisasi.



3. Memiliki Visi dan Misi yang Jelas

Jika dilihat pengertian kepemimpinan yang baik menurut Wahjosumidjo maka seorang pemimpin yang baik adalah seorang yang memiliki visi dan misi yang jelas untuk kemajuan kelompok atau organisasi yang dipimpinnya.

Sebab tanpa adanya visi dan misi yang jelas kepemimpinan tersebut akan sulit untuk dijalankan karena tidak akan berfokus dan konsisten terhadap tujuan. Dengan adanya kejelasan dalam visi dan juga misi seorang pemimpin akan terus berusaha serta fokus untuk mencari jalan keluar.

4. Bisa Berkomunikasi dengan Baik

Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik juga merupakan ciri seseorang memiliki jiwa kepemimpinan yang baik. Sebab dengan berkomunikasi yang baik bisa menjadi kunci apakah para anggota melakukan atau bertindak sesuai dengan apa yang diarahkan dan diharapkan.

Kemampuan berkomunikasi yang baik ini juga harus dimiliki oleh setiap pemimpin yang mana pemimpin tersebut harus mengetahui kapan ia harus berbicara dan kapan waktu yang tepat untuk mendengarkan pendapat atau masukan dari orang lain.

5. Memiliki Pengaturan Manajemen yang Baik

Ciri pengertian kepemimpinan yang baik yang terakhir adalah seorang pemimpin yang memiliki pengaturan manajemen yang baik. Seorang pemimpin bisa mengatur dirinya sendiri dengan sangat baik, mulai dari sistem pengaturan manajemen emosi, waktu, dan manajemen perhatian.

Baca juga: Definisi Gaya Kepemimpinan Otoriter dan Ciri-cirinya

Pengertian kepemimpinan ini bisa memahami dirinya sendiri dan juga dapat mengetahui kelemahannya serta mengetahui memanfaatkan kelebihannya. Sehingga seorang pemimpin bidan menyikapi dan juga mengkondisikan semua tindakan yang dikerjakannya.

Kepemimpinan merupakan tentang bagaimana cara mempengaruhi orang lain, bawahan atau anggotanya supaya bisa mencapai tujuan bersama. Jadi. Pengertian kepemimpinan yang baik ini bisa dilihat dari bagaimana cara pemimpin tersebut bersikap kepada anggotanya. 


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.