Manfaat surat referensi kerja

7 Manfaat Surat Referensi Kerja dan Cara Menulisnya 

Manfaat surat referensi kerja saat ini sebenarnya sangat perlu diketahui. Surat referensi kerja merupakan salah satu dokumen yang digunakan karyawan saat memiliki ikatan kerja dengan sebuah perusahaan. 

Dengan karyawan yang pernah mempunyai ikatan kerja di perusahaan, maka perusahaan tersebut akan memberikan bukti tertulis yang menyatakan pernah bekerja di sana. Surat inilah yang bisa digunakan karyawan sebagai bukti pengalaman kerjanya.

Baca juga: Contoh surat referensi kerja

Manfaat Surat Referensi Kerja Bagi Karyawan 

Ada beberapa manfaat surat referensi yang perlu diketahui sebelum memutuskan untuk melakukan hal tersebut. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait surat referensi, antara lain adalah:

  1. Menunjukkan Kinerja dan PHK yang Baik

Isi surat referensi kerja merupakan data diri dan penilaian umum kinerja karyawan selama bekerja di suatu perusahaan. Sehingga surat ini berisi informasi mengenai kinerja mulai dari awal menjadi karyawan resmi hingga akhirnya mengundurkan diri. 

Surat referensi kerja ini berlaku bagi karyawan yang sudah habis masa kontraknya. Jadi, surat keterangan kerja ini tidak hanya digunakan untuk berstatus karyawan tetap.

  1. Bentuk Apresiasi Perusahaan

Surat referensi kerja berisi kata ringkasan yang menggambarkan karyawan bersangkutan professional di bidang pekerjaannya. Surat keterangan kerja ini telah menunjukkan perusahaan mengapresiasi karyawannya dengan baik.

  1. Bukti Resmi Pengalaman Kerja

Manfaat surat referensi kerja selanjutnya, berguna untuk karyawan yang berencana melanjutkan studinya. Bagi karyawan yang masih muda seringkali pindah perusahaan karena ingin mencari sebuah pengalaman.

Sehingga surat referensi kerja ini yang menjadi bukti pengalaman kerja sebelumnya. Karyawan yang masih berusia muda mempunyai jiwa tantangan lebih kuat.

Sehingga cenderung akan banyak mengumpulkan surat keterangan kerja untuk memperoleh perusahaan yang dibilang lebih besar. Sementara itu, bagi HR yang mengeluarkan surat ini, akan dilihat oleh perusahaan lain sebagai perusahaan yang mempunyai kredibilitas. 

  1. Kepentingan Jaminan Sosial

Surat referensi kerja juga dapat dikeluarkan meskipun karyawan tersebut belum keluar dari perusahaan. Tentu saja, format surat ini akan dibuat sedikit lebih berbeda. 

Manfaat surat referensi kerja ini biasanya untuk melengkapi syarat administratif dan urusan yang berhubungan dengan jaminan sosial. Mulai dari pendaftaran, klaim pencairan saldo BPJS, pemindahan status kepesertaan, dan lainnya. 

  1. Sebagai Syarat Administratif saat Perekrutan

Manfaat surat referensi kerja selanjutnya sebagai syarat administrasi bagi karyawan dalam melakukan proses rekrutmen. Surat keterangan kerja ini tentunya akan menjadi tolak ukur penilaian calon karyawan mempunyai pengalaman kerja atau tidak. 

Hal ini juga dapat menjadi cara untuk tim HR dalam mengambil keputusan bagi hire karyawan tersebut. Sehingga membantu HRD juga untuk mendapatkan karyawan terbaik. 

Baca juga: Izin tidak masuk kerja lewat whatsapp

Cara Menulis Surat Referensi Kerja yang benar 

Mengingat pentingnya 88. manfaat surat referensi kerja, jika Anda merupakan seorang HRD. Ada beberapa tips cara menulis surat referensi kerja yang penting untuk diperhatikan, antara lain:

  1. Lebih Berfokus pada Deskripsi Pekerjaan

Saat membuat surat referensi kerja ini, Anda sebenarnya harus meminta salinan deskripsi pekerjaan. Selain itu, jenis posisi dan industri yang ingin sekali diraih oleh mantan karyawan tersebut. 

Setelah itu, lanjut untuk tinjau kembali bahwa mantan karyawan itu bisa bertanggung jawab bahkan cocok dengan posisi yang diperoleh. Sehingga manfaat surat referensi kerja ini sangatlah penting.

  1. Mengumpulkan Informasi

Tanyakan dahulu tentang salinan resume atau CV kepada mantan karyawan. Sehingga Anda dapat langsung memberikan pernyataan mengenai pengalaman kerja karyawan tersebut.

  1. Menuliskan Deskripsi Pekerjaan

Selanjutnya yaitu Anda harus menuliskan deskripsi pekerjaan mantan karyawan. Misalnya saja seperti tanggung jawab maupun kegiatan apa saja yang sudah dicapai dalam waktu tertentu. 

Di sini Anda juga bisa langsung mendapatkannya dari SOP perusahaan atau bertanya pada karyawan yang bersangkutan. Sehingga manfaat surat referensi kerja ini sangatlah penting dimiliki. 

  1. Memberikan Contoh Keterampilan secara Spesifik

Dalam menulis surat referensi ini, tentunya akan diberikan contoh spesifik keterampilan yang dimiliki oleh karyawan terhadap perusahaan. Jadi dapat dikatakan beberapa poin penting terkait surat referensi kerja bagi karyawan memang perlu diketahui.

Sama halnya, bagi perusahaan untuk mengetahui pengalaman kerja Anda sebelumnya. Jadi saat Anda sudah menerima surat referensi kerja, maka tugas selanjutnya bisa memberikan salinan ke perusahaan baru tempat bekerja. 

Hal ini juga bermanfaat saat perusahaan perlu informasi Anda sebelum pada akhirnya akan membuat keputusan. Sehingga manfaat surat referensi kerja juga tidak terlalu sia-sia diperhatikan.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.