10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

kapan harus memberikan counter offer

Kapan Harus Memberikan Counter Offer di Saat yang Tepat

Kapan harus memberikan counter offer tentu menjadi pertanyaan bagi sebagian besar orang. Namun tentu sebelumnya Anda harus tahu terlebih dahulu apa itu counter offer.

Counter offer merupakan penawaran yang dibuat oleh industri sebagai wujud aksi ketika karyawan yang dinilai memiliki potensial, serta memiliki kinerja baik mengajukan resign dengan pindah ke industri lain. 

Dengan mengajukan counter offer yang mana artinya industri ingin Anda memikirkan kembali niat untuk resign. Ketika Anda mengajukan resign dalam mengawali karier baru, terdapat banyak godaan yang menggoyahkan niat Anda. 

Salah satunya merupakan meningkatkan suatu pendapatan yang ditawarkan industri. Supaya tidak kekurangan karyawan, industri berupaya buat bernegosiasi dengan Anda serta mengajukan penawaran baru supaya Anda tidak jadi pindah.

Pembahasan Mengenai Kapan Harus Memberikan Counter Offer

Umumnya industri akan segera menawari kita peningkatan pendapatan sekian persen supaya kita mengurungkan keinginan serta mau bertahan di industri tersebut. 

Berikut ini ada 2 saat penting yang dapat diketahui mengenai pertanyaan kapan harus memberikan counter offer. Berikut adalah jawaban yang sangat cocok dan sesuai untuk Anda.

1. Saat ingin resign dari pekerjaan

Dalam dunia kerja, counter offer merupakan sesuatu perkara yang sangat sering membuat dilema para pekerja. Alasannya, hal ini tentu sangat memiliki peluang tumbuh dengan adanya potensi dalam karier.

Bukan suatu hal yang tidak mungkin, bisa jadi Anda akan mengalami suasana di mana industri mengajukan opsi ini pada Anda. Saat sebelum itu terjadi, pahami dengan baik apa counter offer.

Tentu saja, hal ini akan memberikan informasi tentang kapan harus memberikan counter offer, sehingga pertimbangan yang wajib dipikirkan saat sebelum menerima ataupun menolak tawaran ini.

Counter offer umumnya dilakukan setelah atasan mengetahui besaran offering yang Anda terima dari calon industri baru. Sehabis itu, industri pasti mengajukan opsi dalam peningkatan pendapatan.

Peningkatan pendapatan yang disesuaikan dengan penawaran yang kalian bisa dari calon industri baru.

Bila kalian dipilih sebagai orang yang mendapatkan penawaran peningkatan pendapatan, pastikanlah kabar tersebut tidak bocor ke orang lain. 

terutama bersangkutan dengan besar nominal yang ditawarkan HRD padamu. Karena terdapat kemungkinan menimbulkan rasa kecemburuan, oleh karena itu tidak seluruh orang berkesempatan menemukan opsi counter offer.

Manajemen industri pasti berusaha dalam memberikan upah gaji ekstra dalam wujud peningkatan pendapatan. Hal ini dilakukan agar Anda bertahan pada perusahaan mereka.

Kapan harus memberikan counter offer? Pastinya ketika Anda memberi tahu informasi mengenai pengunduran diri. Ketika perusahaan melihat adanya potensi yang Anda miliki, tentu perusahaan tidak akan melepaskan Anda begitu saja.

2. Kapan harus berikan counter offer? Saat sedang proses interview

Hal seperti ini juga dapat terjadi pada saat kalian lagi dalam proses interview, di mana kalian diterima di 2 industri secara bersamaan. Adapun contohnya, seperti Anda ditawarkan bekerja di industri x dengan pendapatan 8 juta.

Sedangkan, industri y menawarkan pendapatan 10 juta. Namun, industri x sangat sesuai dengan keinginan Anda serta kalian berfikir untuk bergabung bersama dengan mereka.

Tidak menutup kemungkinan, mereka akan membuat perundingan dan melakukan negosasi kembali mengenai hal yang berhubungan dengan pendapatan tersebut pada saat mengetahui Anda pula diterima di industri lain.

Dalam suasana seperti ini, pasti Anda memiliki opsi antara menolak, menerima, ataupun kembali bernegosiasi terlebih dahulu buat menggapai keputusan yang sesuai kesepakatan. 

Baca juga: Cara Menanggapi Counter Offer yang Ditawarkan Atasan

Alasan Perusahaan Melakukan Memberi Counter Offer

Perusahaan pasti pernah mengalami situasi sulit di mana calon karyawan ingin resign. Sungguh memalukan ketika sebuah perusahaan kehilangan karyawan terbaiknya karena alasan apa pun. 

Apalagi jika hasil kerjanya bagus, namun karyawan tersebut ingin tetap segera keluar dari pekerjaannya karena melihat perusahaan berikutnya yang menawarkan banyak peluang. 

Baca juga:

Baca juga: Tips Lolos Interview User Pastikan Jadi Kandidat Terbaik

Untuk menghindari hal tersebut, hrd sebagai perwakilan perusahaan dapat menggunakan strategi tersebut. Penyediaan counter offer memang merupakan strategi lama, namun masih bisa digunakan saat ini bahkan di masa depan. 

Ada beberapa alasan mengapa perusahaan harus melakukan penawaran balik kepada karyawannya. Ini adalah alasan yang mendasari pertanyaan kapan harus memberikan counter offer. 

  1. Kurangnya kandidat dengan keterampilan yang diperlukan dan sesuai
  2. Rekrutmen tentunya membutuhkan waktu (dari rekrutmen hingga pelatihan) 
  3. Rekrutmen akan membutuhkan biaya 
  4. Perusahaan tidak ingin kehilangan karyawan yang memiliki potensial (kinerja bagus) 
  5. Perusahaan tidak ingin kehilangan karyawan yang paling dapat diAndalkan (masa kerja panjang dan karyawan internal).

Oleh karena itu, untuk alasan tersebut di atas, perusahaan telah melakukan penawaran ulang atau kontra kepada karyawan agar karyawan tetap berada di perusahaan. 

Tidak ada yang menjamin penawaran balik 100% untuk strategi efektif yang diterapkan di perusahaan. Karena dalam beberapa kasus, penawaran ini tidak berhasil digunakan, efektivitas penawaran ini juga harus dievaluasi. 

Sehingga itulah beberapa informasi yang harus Anda ketahui. Terutama kapan harus memberikan counter offer .

Bagikan Artikel: