hal yang perlu diperhatikan sebelum tanda tangan kontrak kerja

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Tanda Tangan Kontrak Kerja

Hal yang perlu diperhatikan sebelum tanda tangan kontrak kerja tentu sangatlah penting untuk dicari tahu.

Tanda tangan kontrak kerja dapat dikatakan perihal yang sangat ditunggu- tunggu oleh para pencari kerja. Karena, pada momen tersebut ialah turning point pencari kerja buat mengawali karirnya. 

Tidak hanya itu saja, tanda tangan kontrak kerja bahkan dapat menunjukkan kalau seorang sudah lolos proses rekrutmen serta hendak mengawali bekerja secara formal.

Banyak dari calon karyawan terkadang tidak ingat untuk membaca dengan seksama mengenai apa saja yang tertulis di dalam pesan kontrak. 

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Tanda Tangan Kontrak Kerja

Hal yang perlu diperhatikan sebelum tanda tangan kontrak kerja tentunya tidak terlalu banyak namun sangatlah dianggap suatu hal penting.

Sementara itu perihal tersebut menyangkut hak serta kewajiban yang tercantum di dalam kontrak kerja telah sesuai dengan kebutuhan. 

Karena, apabila seorang menandatangani surat, maksudnya orang tersebut akan lebih terikat, sepakat, serta bersedia melakukan apa yang tercantum di dalam pesan kontrak.

Untuk para pencari kerja ataupun calon karyawan, harus mengenali hal yang perlu diperhatikan sebelum tanda tangan kontrak kerja berikut ini.

1. Berkaitan Terhadap Jabatan Serta Deskripsi Pekerjaan

Perihal awal yang wajib dicermati saat sebelum tanda tangan kontrak yaitu jabatan serta deskripsi pekerjaan yang hendak di jalani sepanjang bekerja di industry tersebut. 

Biasanya, deskripsi tentang pekerjaan tercantum sangat jelas di dalam pesan kontrak, bahkan langsung dengan jabatan.

Bahkan butuh mengenali cakupan pekerjaan yang dibebankan kepada anda. Dengan begitu, tentunya bisa lebih mengenali jenjang karir lebih baik ke depannya. 

Umumnya, deskripsi pada pekerjaan serta posisi yang hendak di isi semenjak anda mengajukan lamaran.

Tetapi, bila tidak, anda bisa jadi berakhir dalam mengerjakan perihal yang tidak di kuasai ataupun sesuatu yang tidak anda mau. Tidak menutup kemungkinan bahwa pekerjaan akan lebih berat dari yang seharusnya

Baca juga: Bagaimana perhitungan thr karyawan resign

2. Melihat Ketentuan Jam Kerja

Perihal selanjutnya yang butuh dicermati merupakan terpaut jam kerja, paling utama bila anda bekerja secara shift. 

Jam kerja ini dapat jadi acuan kapan wajib mengawali pekerjaan serta mengakhirinya. Jangan biarkan industri memperdaya dengan jam kerja yang tidak cocok nantinya.

Tidak hanya itu, anda akan butuh melihat terkait kebijakan industri terpaut libur. Karena, dengan adanya industri tetap beroperasi walaupun dikala weekend ataupun hari libur nasional. Tanyakan apakah bila tiba terlambat akan terdapat pemotongan pendapatan ataupun tidak.

3. Terkait Pendapatan Serta Tunjangan

Pendapatan, tunjangan, serta bonus senantiasa jadi pertimbangan utama tentunya dalam memilah pekerjaan. 

Walaupun ini telah didiskusikan dengan pihak hrd serta industri lebih dahulu, wajib membenarkan apa saja yang dapat tertulis dalam kontrak serta melihatnya dengan cermat, apakah telah sesuai dengan beban pekerjaan.

Tidak cuma itu, mencermati perjanjian terkait asuransi kesehatan, akomodasi bonus, bonus, tunjangan,  ataupun keuntungan lain yang ditawarkan oleh industri. 

Baca juga: Apakah resign sebelum lebaran dapat thr



4. Terkait Beberapa Ketentuan Cuti Serta Lembur

Perihal penting yang berkaitan dengan cuti serta lembur ialah perihal penting yang butuh dicermati saat sebelum tanda tangan kontrak kerja. 

Cari tahu berapa jatah cuti yang diberikan industri dalam setahun. Begitu juga terkait dengan izin sakit, tanyakan tentang peraturan serta apa saja yang dibutuhkan buat memperoleh izin sakit.

5. Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Tanda Tangan Kontrak Kerja Terkait Klausal Phk

Selanjutnya, tentu wajib dalam mencermati peraturan terpaut phk, alasan phk, serta termasuk kompensasi. Apa saja hak yang nanti akan anda peroleh serta besarannya. 

Alibi pemberhentian kerja wajib tertulis dengan jelas serta transparan, saat sebelum anda akan segera menandatanganinya. 

Karena jika tidak, perihal tersebut tentu bisa merugikan anda di setelah itu hari. Alasannya, yaitu mungkin anda hendak diberhentikan sepihak tanpa terdapatnya pemberitahuan lebih dahulu.

6. Jangka Waktu Kontrak

Anda wajib untuk mencermati tentang jangka waktu kontrak saat sebelum anda tanda tangani. 

Sehingga yang butuh di perhatikan merupakan berapa lama waktu tersebut diberikan serta metode update kontrak apabila kedua belah pihak nantinya setuju buat melanjutkan.

Bila anda dikontrak dalam waktu satu tahun, tanyakan bagaimana nanti untuk ke depannya. Apakah diperpanjang, atau butuh diperbaharui, ataupun secara otomatis dinaikan jadi pegawai senantiasa industri tersebut sehabis satu tahun. 

Bila tidak, anda dapat merancang buat mencari pekerjaan baru yang lebih baik. Sehingga hal yang perlu diperhatikan sebelum tanda tangan kontrak kerja tentu harus di cermati secara tepat.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.