contoh mou

Mengenal Apa Itu Contoh MoU dan Penjelasannya 

Contoh MoU saat ini memang sangatlah diperlukan. Memorandum of understanding atau MoU dikenal sebagai salah satu bentuk perjanjian dengan pihak ketiga yang sifatnya sangat formal. 

Bagi Anda para pebisnis, pasti tidak asing lagi dengan yang namanya MoU. Sama halnya seperti dokumen resmi yang lainnya, MoU ini tidak dapat langsung dibuat sembarangan.  

Mengenal ‍Apa Itu Contoh MoU

Memorandum of understanding ini termasuk salah satu bentuk perjanjian antara dua belah pihak yang tertulis di dalam sebuah dokumen resmi dan sifatnya formal. Sementara itu, MoU dalam Bahasa Indonesia yaitu nota kesepahaman, perjanjian kerja sama, nota kesepakatan.

Contoh MoU ini tentunya berhubungan dengan semua pihak yang harus memenuhi janjinya. Oleh karena itu, sifat dari MoU ini mengikat secara moral dan dapat dijadikan bukti untuk menggugat ke pengadilan.

Di dunia bisnis, MoU merupakan salah satu titik awal agar bernegosiasi dengan partner bisnis yang nantinya menentukan lingkup perjanjian. Secara umum, dapat digunakan untuk perjanjian tingkat internasional atau bisnis yang mempunyai Risiko lebih tinggi.

Ada berbagai macam manfaat contoh MoU bagi perusahaan yang perlu diketahui, antara lain:

1. Menyetujui Tujuan secara Bersama

Manfaat MoU pertama biasanya dapat untuk menyetujui tujuan bersama dan menjelaskan ekspektasi dari perjanjian kerja sama tersebut. Jadi nantinya semua pihak yang terlibat dapat langsung berunding menyetujui tujuan bersama.

2. Dapat Meminimalisir Risiko Ketidakpastian

Melalui adanya MoU, Anda dapat langsung meminimalisir Risiko ketidakpastian dari seluruh rekan bisnis. Khususnya, yang berkaitan dengan ekspektasi dari kerja sama bisnis tersebut. 

Oleh karena itu, sebaiknya jika sebelum membubuhkan tanda tangan, maka semua pihak harus bisa berdiskusi terkait poin yang telah tertulis.

3. Mencatat Perjanjian

Berikutnya, Anda dapat langsung menjelaskan ekspektasi dan tujuan dari perjanjian kerja sama ini. Tentunya hal ini sebenarnya tidak selalu berjalan lebih mulus. 

Pasti akan ada satu atau dua poin dimana pihak yang lainnya merasa tidak cocok. Dengan adanya contoh MoU ini, tentu Anda dapat langsung catat poin perjanjian.



4. Membatalkan Perjanjian dengan Mudah

MoU ini sebenarnya menjadi sah apabila telah ditandatangani oleh seluruh pihak yang akan terlibat. Akan tetapi, selama perjanjian atau negosiasi masih berlanjut dan sampai saat ini belum ditandatangani.

Oleh karena itu, Anda dapat langsung membatalkan kesepakatan kerja sama tersebut dengan mudah tanpa harus melibatkan proses hukum.

Baca juga: Mengenal dari Contoh Surat Jalan dan Contohnya 

Isi dan Contoh dari MoU

Pada dasarnya, isi dari MoU ini menjadi poin pernyataan kesepakatan antara dua atau lebih pihak untuk bisa menjalin berbagai macam kerja sama bisnis. Meskipun hanya mengikat secara moral saja, ternyata Anda tidak dapat membuat MoU sembarangan, berikut penjelasannya:

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

1. Judul

Penetapan judul pada contoh MoU sebenarnya harus bisa disepakati oleh seluruh pihak yang telah terlibat. 

Kemudian, bisa langsung menyebutkan juga apakah perjanjian tersebut merupakan salah satu perjanjian nasional atau internasional. Tidak lupa untuk bisa menyertakan logo dari masing-masing setiap perusahaan.

2. Pembukaan

Pada bagian pembukaan sertakan tanggal, bulan, tahun, hari, serta lokasi tempat dimana perjanjian MoU tersebut akan langsung ditandatangani. Pastikan juga nama dan jabatan dari masing-masing pihak yang tertulis dengan lebih jelas dan detail. 

Pada bagian ini, umumnya juga telah dicantumkan poin-poin dan langsung pertimbangan dari kesepakatan.

3. Substansi

Bagian ini dikenal sebagai salah satu hal yang terpenting dari MoU karena telah berisi ruang lingkup aktivitas, tujuan perjanjian, pelaksanaan kegiatan, biaya, sampai jangka waktu perjanjian yang sudah disepakati oleh seluruh pihak. 

Pada bagian ini Anda juga dapat langsung menyertakan aturan peralihan apabila sewaktu-waktu sudah ada perubahan yang terjadi.



4. Penutup dan Tanda Tangan Seluruh Pihak

Terakhir, pada bagian penutup dan tanda tangan seluruh pihak yang juga akan langsung bekerja sama. Pastikanlah nama dan jabatannya tersebut telah tertulis dengan lengkap, bahkan jelas tanpa adanya salah eja.

Jadi agar Anda dapat memahami penjelasan yang ada diatas, maka bisa langsung memberikan beberapa contoh dari MoU. Berikut ini sudah ada beberapa contoh MoU yang bisa Anda jadikan referensi.

  • MoU Nota Kesepahaman
  • MoU Perjanjian Investasi

Baca juga: Contoh Kop Surat dan Penjelasan Perlu Diketahui 

Jadi sebelum membuat MoU, sebaiknya jika bisa mengetahui dengan baik siapa mitra bisnis Anda sebelum melakukan berbagai macam perjanjian kerja sama. Contoh MoU ini bisa langsung Anda buat dengan mudah. 


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!