contoh surat jalan

Mengenal dari Contoh Surat Jalan dan Contohnya 

Contoh surat jalan dikenal sebagai salah satu dokumen yang paling penting agar perjalanan pengiriman barang Anda. Nantinya, Anda akan langsung terhindar dari beberapa hal yang tidak terlalu diinginkan. 

Tenang, surat ini bisa dibuat dengan mendalam. Informasi kali ini akan membahas beberapa hal yang berkaitan dengan surat jalan.

Mengenal dari Contoh Surat Jalan

Surat jalan merupakan salah satu dokumen sangat penting dalam proses pengiriman barang yang isinya berupa informasi mengenai barang tersebut. Surat ini diperlukan sekali baik untuk pengiriman antar perusahaan atau dari pengusaha ke para konsumennya. 

Nantinya, petugas atau sopir harus bisa membawa surat ini sampai barang diterima. Secara umum, surat ini dikenal sebagai salah satu syarat administrasi perusahaan atau pabrik dalam hal pengiriman barang. 

Khususnya, bila Anda ingin melakukan pengiriman dalam jumlah besar karena surat ini termasuk bukti legalitas suatu barang. Selain itu, surat ini juga sebenarnya telah berguna sebagai keterangan untuk petugas lalu lintas apabila terjadi pengecekan muatan.

Secara umum, surat ini hanya terdiri dari beberapa rangkap, antara lain:

  • Lembar warna putih, Anda bisa langsung mengembalikan ke pihak pengirim sebagai invoice maupun surat penagihan;
  • Lembar warna merah sebagai bukti bahwa barang yang sudah diterima dalam kondisi sudah baik
  • Lembar ketiga dan keempat sebagai catatan laporan transaksi yang nantinya dapat diberikan ke supervisor.

Baca juga: Mengenal 10 Contoh Surat Penawaran Perusahaan: Barang dan Jasa

Fungsi atau Kegunaan Surat Jalan

Pada umumnya, ada berbagai macam kegunaan atau fungsi contoh surat jalan ini. Berikut ini adalah penjelasan terkait fungsi dari surat jalan, antara lain:

1. Dokumen Legalitas Muatan

Umumnya, surat ini dikenal sebagai salah satu syarat administrasi perusahaan saat ingin melakukan pengiriman barang. 

Bukan tanpa adanya alasan, karena surat ini menjadi sebuah bukti bahwa pengirim sudah melakukan transaksi pengiriman dengan benar atau dapat dikatakan tidak melanggar hukum.

2. Bukti Pengiriman yang Sah dan Benar

Contoh surat jalan ini sebenarnya tidak hanya harus diserahkan ke pihak penerima. Akan tetapi, memang juga perlu diperlihatkan lagi ke pihak pengirim apabila transaksi sudah berhasil selesai. 

Nantinya, surat inilah yang akan langsung masuk ke sebuah pembukuan seperti akuntansi, sehingga dapat menjadi salah satu bukti pengiriman yang sudah benar.



3. Surat Keterangan untuk Petugas yang Berwenang

Surat ini sebenarnya telah berisi berbagai bebas informasi dan poin penting mengenai proses pengiriman barang. Jadi, surat ini bisa menjadi salah satu acuan atau keterangan bagi para petugas pemeriksaan yang telah berwenang maupun pihak penerima.

4. Isi atau Informasi Surat Jalan

Secara umum, contoh surat jalan ini memiliki beberapa informasi. Berikut ini adalah penjelasan tentang isi dari surat jalan.

  • Nama dan alamat perusahaan, nomor surat, tempat maupun tanggal pembuatan surat.
  • Pihak dan alamat dari tujuan pengiriman.
  • Rincian barang yang telah dikirim, seperti namanya, jumlah, harga, dan lainnya.
  • Informasi pengantar barang, seperti nomor polisi kendaraan, nama sopir, dan lainnya 
  • Keterangan lain yang penting seperti tanda tangan para pihak dalam proses pengiriman dan penerimaan.

Saat ini sebenarnya sudah ada beberapa contoh surat jalan yang bisa Anda jadikan inspirasi. Berikut ini adalah penjelasan tentang contoh dari surat jalan, antara lain:

Beberapa penjelasan yang sudah ada di atas tentunya bisa dijadikan sebagai salah satu referensi. Sebenarnya memang masih ada banyak sekali contoh dari surat jalan yang bisa Anda ketahui.

Namun, hanya beberapa surat jalan saja yang bisa Anda ketahui. Surat jalan ini nantinya akan membantu Anda untuk bisa menjalankan bisnis secara benar dan tertata rapi.

Jadi nantinya bisnis tersebut bisa langsung berjalan dengan lancar. Contoh surat jalan ini memang cocok digunakan untuk yang sedang beraktivitas diluar kota.

Baca juga: Contoh Surat Berita Acara dan Penjelasan Perlu Diketahui 

Biasanya, juga digunakan untuk karyawan yang memang ditugaskan khusus oleh perusahaan. Jadi memang surat jalan ini tidak sembarangan.

Bagi karyawan yang ingin sekali menggunakan surat jalan ini, maka harus ke luar kota.  Contoh surat jalan memang sangat mudah dan cepat dilakukan.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!