contoh kata sambutan singkat

Contoh Kata Sambutan Singkat untuk Pembukaan Berbagai Acara

Belakangan banyak orang yang menanyakan contoh kata sambutan singkat yang baik dan benar. Seperti yang kita tahu, pidato adalah kumpulan frasa yang memperkenalkan situasi sebelum pindah ke pembicaraan utama.

Pidato biasanya diberikan oleh perencana acara atau anggota panitia acara yang memegang posisi penting. Pidato perlu direncanakan dengan hati-hati agar penonton meninggalkan acara dengan kesan baik. Di bawah ini adalah beberapa sambutan singkat yang dibuat untuk berbagai acara yang dapat digunakan sebagai panduan untuk memahaminya lebih lengkap.

Menurut Dictionary Cambridge, Kata sambutan adalah sesuatu yang ramah atau sopan yang Anda katakan atau lakukan ketika Anda bertemu atau menyambut seseorang. Sehingga kata sambutan penting untuk Anda perhatikan.

Struktur Contoh Kata Sambutan Singkat

Sebelum masuk ke contoh kata sambutan singkat, sebaiknya pahami dulu struktur sapaan agar lebih mudah dibuat. Pada hakikatnya struktur tuturan dan struktur tuturan itu sama. Struktur berikut diambil dari buku Priyono Mangunrejo yaitu Cara Mudah Menghadapi Ujian Nasional:

1. Pembukaan

Pada bagian ini, pembaca dapat menyampaikan salam, syukur, dan terima kasih kepada semua pihak yang telah hadir dan mendukung acara tersebut sehingga dapat terselenggara.

2. Isi

Bagian contoh kata sambutan singkat ini menjelaskan secara singkat peristiwa yang akan terjadi. Dalam kesempatan ini, pembicara juga bisa menyampaikan rundown atau jadwal acara agar audiens mendapatkan gambaran yang lebih jelas.

3. Penutup

Bagian penutup berisi salam penutup, pesan, dan harapan agar acara berjalan dengan lancar.

Dalam buku Dasar-Dasar Menulis dan Penerapannya, Mohammad Siddik mengatakan bahwa sapaan seperti “hadirin yang terhormat”, “Saya menghormati saudara-saudara”, atau “Bapak dan Ibu yang berbahagia” sering digunakan dalam sambutan.

Meski begitu, tidak ada pedoman yang pasti mengenai bagaimana salam harus diucapkan. Bergantung pada jenis acara dan audiensnya, pidato dapat diberikan secara formal atau santai.

Misalnya, karena hanya teman terdekat dan anggota keluarga yang akan hadir di pesta ulang tahun anak, orang tua harus berbicara dengan nada yang lebih informal. Berbeda dengan pidato yang diberikan pada acara pengajian. Maka berbicara secara formal akan lebih baik dan berkesan.

Baca juga: Contoh Pidato Singkat untuk Berbagai Tema Acara!



Cara Membuat Kata Sambutan yang Singkat

Selain struktur dan contoh kata sambutan singkat, kami juga akan memberikan tips dalam membuat sambutan. Seperti yang kita tahu, Anda dapat membuat salam dengan mengikuti contoh atau pola yang disebutkan di atas.

Penyelenggara tentu saja dapat mengubah editorial dan materi agar sesuai dengan nada dan acara yang ingin diselenggarakan. Di bawah ini adalah kata sambutan singkat untuk memastikan bahwa kata-kata yang disampaikan tersampaikan dengan baik. Di antaranya adalah:

  1. Jangan terlalu lama berbicara.
  2. Gunakan bahasa yang sederhana dan tidak rumit.
  3. Dengan hadirnya penonton, ubah nada bahasa.
  4. Lakukan persiapan terlebih dahulu untuk pidato yang akan diberikan.

Beberapa Tips Memberikan Kata Sambutan

Ada berbagai strategi berbicara yang mungkin membuat pidato Anda efektif dan berkesan. Berikut adalah beberapa saran untuk memberikan contoh kata sambutan singkat yang dapat diterapkan:

1. Siapkan Diri dengan Baik

Sebelum memberikan pidato, pastikan Anda telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan. Ini memerlukan kesadaran akan topik acara dan audiens yang dituju, serta menyadari tempat dan konten yang akan disajikan.

2.Mulailah dengan Percakapan Ringan

Diskusi ringan di awal pidato dapat membantu Anda terhubung dengan audiens. Anda dapat membagikan kisah menarik atau informasi yang berkaitan dengan topik acara.

3. Buatlah Struktur yang Jelas

Berhati-hatilah untuk memperkenalkan subjek yang akan dibahas, kembangkan poin penting, dan tawarkan kesimpulan yang sesuai untuk memberikan kerangka kerja yang jelas.

Baca juga: Cara Menjadi Moderator Presentasi Yang Baik Dan Profesional



4. Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Penonton seharusnya tidak kesulitan memahami sambutanmu. Hindari menggunakan kata yang sulit dipahami kebanyakan orang atau istilah teknis.

5. Berbicaralah dengan Percaya Diri

Pidato Anda akan lebih berdampak jika berbicara dengan jelas. Jangan lupa untuk menjaga kontak mata dengan audiens dan cobalah untuk berbicara dengan percaya diri.

Berikut Ini Macam-Macam Kata Sambutan

Seperti yang kita tahu, jenis-jenis pidato ada banyak, tergantung pada acara atau aktivitasnya. Berdasarkan fungsinya, pidato dibagi menjadi 4 jenis. Di antaranya adalah:

1. Kata sambutan pembukaan

Digunakan oleh pembawa acara untuk memperkenalkan acara atau kegiatan tertentu.

2. Kata sambutan pengarahan

Digunakan untuk mengarahkan audiens untuk melakukan sesuatu yang berkaitan dengan acara atau menuturkan kelanjutan acara.

3. Kata sambutan peresmian

Pidato yang diberikan untuk meresmikan sesuatu atau untuk berpartisipasi dalam upacara peresmian.

4. Kata sambutan pertanggungjawaban

digunakan untuk memulai atau memimpin laporan pertanggungjawaban dalam insiden atau kegiatan tertentu.

Contoh Kata Sambutan

1. Kata-Kata Sambutan Rapat

Berikut ini contoh kata-kata sambutan rapat, yaitu:

“Saudara-saudara yang saya hormati,

Selamat pagi/siang/malam,

Pertama-tama, izinkanlah saya untuk menyambut hangat kehadiran semua yang hadir dalam rapat ini. Kehadiran Saudara-saudara di sini adalah cerminan komitmen kita dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab kita bersama.

Kita berkumpul di sini pada kesempatan yang penting, sebuah forum di mana kita dapat saling berbagi pandangan, pemikiran, dan ide-ide konstruktif demi mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Rapat ini adalah wadah untuk menggali solusi terbaik dari pikiran kolektif kita, untuk bersama-sama merumuskan langkah-langkah yang akan membawa kita menuju keberhasilan.

Dalam rapat ini, mari kita jaga semangat saling mendengarkan dan menghormati pandangan setiap individu. Keanekaragaman ide adalah aset berharga dalam setiap diskusi, dan dengan membuka diri terhadap pandangan yang beragam, kita dapat melihat gambaran yang lebih lengkap dan memperoleh hasil yang lebih baik.

Saudara-saudara yang saya hormati,

Kita memiliki tanggung jawab bersama untuk mencapai hasil yang produktif dan berarti dari rapat ini. Saya ingin mengajak kita semua untuk fokus pada tujuan kita dan bekerja sama dengan semangat yang positif. Mari kita hadir dengan pikiran terbuka, siap untuk memberikan kontribusi, dan siap menerima tanggapan dengan sikap terbuka.

Dalam kerangka ini, mari kita ingatkan diri kita bahwa setiap masukan, baik besar maupun kecil, memiliki nilai yang sama pentingnya. Kita adalah tim, dan hanya dengan kerja sama yang erat dan kolaboratif kita dapat mencapai hasil yang kita harapkan.

Saudara-saudara yang saya hormati,

Dalam mengakhiri kata sambutan saya, izinkan saya sekali lagi menyampaikan apresiasi kepada setiap individu yang hadir di sini. Keberhasilan rapat ini akan menjadi hasil dari usaha bersama kita semua. Mari kita bergerak maju dengan semangat yang tinggi, menghadirkan ide-ide inovatif, dan menjalin diskusi yang produktif. Terima kasih.

Sekian kata sambutan dari saya, terima kasih.”

2. Kata-Kata Sambutan Singkat Untuk Ketua Panitia

Berikut ini contoh kata-kata sambutan singkat untuk ketua panitia, yaitu:

“Selamat [pagi/siang/malam] semuanya,

Pertama-tama, izinkan saya untuk mengucapkan salam kepada seluruh hadirin yang telah bersedia hadir pada acara ini.

Sebagai ketua panitia, saya merasa sangat berbahagia melihat kerumunan ini berkumpul untuk merayakan [acara/kegiatan] yang luar biasa ini. Ini adalah bukti nyata kolaborasi dan semangat kerja keras kita bersama.

Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada semua anggota panitia yang telah berjuang keras untuk memastikan bahwa semua persiapan telah berjalan lancar. Tanpa usaha keras dan kerja sama kita, acara ini tidak akan mungkin terlaksana.

Marilah kita semua merasakan kegembiraan hari ini dan nikmati setiap momennya. Saya yakin acara ini akan menjadi sukses besar dan akan meninggalkan kenangan yang tak terlupakan bagi kita semua.

Terima kasih atas dukungan dan partisipasi Anda. Mari kita bersama-sama menjadikan acara ini luar biasa. Selamat menikmati acara!

Terima kasih.”

3. Kata-Kata Sambutan Ketua Panitia

Berikut ini contoh kata-kata sambutan ketua panitia, yaitu:

“Selamat [pagi/siang/malam] semuanya,

Terima kasih atas kehadiran Anda di acara ini. Seperti yang kita semua tahu, acara ini adalah hasil dari kerja keras dan kolaborasi dari seluruh anggota panitia. Saya bangga dan bersyukur dapat memimpin tim yang luar biasa ini.

Semua persiapan telah kami lakukan dengan penuh dedikasi dan tekad. Harapan kami adalah agar acara ini memberikan pengalaman yang berharga dan mengesankan bagi setiap hadirin.

Mari kita nikmati momen ini dan mari kita jadikan acara ini sukses bersama. Terima kasih atas dukungan dan partisipasi Anda.

Selamat menikmati acara!

Terima kasih.”

4. Kata-Kata Sambutan Singkat

Berikut ini contoh kata-kata sambutan singkat, yaitu:

“Selamat [pagi/siang/malam] semuanya,

Terima kasih telah hadir di acara ini. Kehadiran Anda sangat berarti bagi kami dan menjadikan acara ini lebih istimewa. Semoga acara ini memberikan pengalaman positif dan berharga bagi kita semua.

Mari kita nikmati momen ini dan berbagi kebahagiaan bersama. Terima kasih atas perhatian dan partisipasi Anda.

Sekali lagi, selamat [pagi/siang/malam].

Terima kasih.”

Baca juga: 15 Contoh Kalimat Deklaratif, Sebagai Penjelas Komunikasi!

5. Kata-Kata Sambutan Rapat

Berikut ini contoh kata-kata sambutan rapat, yaitu:

“Selamat [pagi/siang/malam] semua,

Terima kasih atas kehadiran Anda di rapat ini. Kita berkumpul untuk membahas [tema/pokok] yang sangat penting bagi perkembangan [proyek/organisasi/komunitas] kita.

Saya yakin setiap pandangan dan kontribusi yang kita bagikan hari ini akan membawa kita menuju solusi yang lebih baik. Mari kita jaga semangat kolaboratif dan saling mendengarkan dalam diskusi ini.

Tanpa membuang banyak waktu, mari kita mulai rapat ini dengan tujuan yang jelas dan semangat untuk mencapai hasil yang produktif. Terima kasih atas perhatian dan partisipasi Anda.

Sekali lagi, selamat [pagi/siang/malam].

Terima kasih.”

6. Kata-Kata Sambutan Pembukaan Acara

Berikut ini contoh kata-kata sambutan pembukaan acara, yaitu:

“Selamat [pagi/siang/malam] semuanya,

Dengan sukacita dan penuh semangat, kami menyambut Anda semua dalam acara yang istimewa ini. Kehadiran Anda di sini sangat berarti bagi kami dan membuat acara ini lebih bermakna.

Acara ini merupakan hasil kerja keras dan kolaborasi dari banyak pihak, dan kami berharap dapat memberikan pengalaman yang menginspirasi dan berharga bagi setiap hadirin.

Mari kita nikmati setiap momen dalam acara ini dan jadikan pengalaman ini sebagai suatu kenangan yang tak terlupakan. Terima kasih atas dukungan dan partisipasi Anda.

Selamat menikmati acara!

Terima kasih. “

7. Kata-Kata Sambutan Rapat Singkat

Berikut ini contoh Kata-Kata Sambutan Rapat Singkat yaitu:

“Selamat [pagi/siang/malam],

Terima kasih atas hadirin di rapat ini. Kita berkumpul untuk membahas hal-hal penting dalam [konteks/topik] kita.

Mari kita manfaatkan waktu ini dengan efisien dan produktif. Setiap pandangan memiliki nilai, dan kita semua berkontribusi pada hasil yang lebih baik.

Mari kita mulai rapat ini dengan semangat yang tinggi. Terima kasih atas perhatian dan partisipasi Anda.

Terima kasih.”

8. Kata-Kata Sambutan

Berikut ini conotoh kata-kata sambutan yaitu:

“Selamat [pagi/siang/malam],

Terima kasih atas kehadiran semua dalam rapat kerja kelompok ini. Kita semua berkumpul untuk berdiskusi dan berkolaborasi dalam mencapai tujuan bersama.

Dalam waktu yang singkat ini, mari kita fokus pada agenda kita dengan semangat terbuka untuk saling mendengarkan dan memberikan kontribusi.

Tanpa banyak kata, mari kita langsung menuju ke diskusi kita. Terima kasih atas perhatian dan partisipasi Anda.

Terima kasih.”

Inilah struktur, tips, jenis dan contoh kata-kata sambutan. Kamu dapat menerapkannya sesuai kebutuhanmu. Jangan upa selalu kunjungi blog Pintarnya untuk informasi yang bermanfaat lainnya ya!!!

Baca juga: Apa Itu Komunikasi Pemasaran? Pengertian, Manfaat dan Contohnya


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!