contoh pidato singkat

Contoh Pidato Singkat untuk Berbagai Tema Acara!


Notice: Undefined index: titleWrapper in /var/www/html/wp-content/plugins/seo-by-rank-math/includes/modules/schema/blocks/toc/class-block-toc.php on line 103

Belakangan banyak orang yang menanyakan contoh pidato singkat untuk berbagai tema acara. Pidato singkat adalah sambutan yang secara efektif dan formal menyampaikan informasi kepada pendengar. 

Pidato singkat telah digunakan sepanjang sejarah baik pada pertemuan formal maupun informal. Menulis pidato yang akan dibacakan adalah pilihan terbaik bagi Anda yang baru memberikan pidato di depan umum.

Tujuan utama dari pidato singkat adalah memberikan gambaran kepada banyak orang tentang sesuatu. Pidato dapat disampaikan kapan saja dan di mana saja. Dalam satu pidato, seseorang dapat mengkomunikasikan berbagai gagasan dengan berbagai tujuan.

Tetapi ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum memberikan pidato. Selain itu, pembicara harus memahami maksud dari pidato tersebut.

Mengenal Apa Itu Pidato?

Sebelum masuk ke contoh pidato singkat, sebaiknya Anda pahami dulu mengenai pidato. Pidato sendiri adalah berbicara di depan sekelompok besar orang. Pidato disampaikan dengan santun sehingga dapat diterima oleh audiens.

Wacana pidato akan memberikan penjelasan mengenai konsep dan arahan. Itu tergantung pada konteks atau keadaan pidato apakah pembicara menawarkan saran atau tidak kepada audiens mereka.

Biasanya pidato disampaikan oleh seseorang yang dianggap penting. Di satu sisi, individu diharuskan untuk mengkomunikasikan klaim atau sudut pandang. Informasi ditransfer dengan orasi dalam berbagai hal.

Baca juga: Cara Menjadi Moderator Presentasi Yang Baik Dan Profesional

Cara Membuat Struktur Contoh Pidato Singkat

Untuk membuat teks pidato, orang sering menuliskan contoh pidato singkat sebelum menyampaikannya. Itu artinya, Anda harus terbiasa dengan struktur teks yang diucapkan. Diantaranya:

1. Bagian Pembukaan

Dalam pendahuluan terdapat 4 bagian, diantaranya:

  • Salam pembuka.
  • Salam hormat. Beberapa orang yang pernah memegang jabatan tinggi dan memberikan pidato untuk menunjukkan rasa hormat mereka.
  • Kata kata terimakasih. Pidato khusus yang mengungkapkan rasa terima kasih akan dibuat di bagian ini. Ini mungkin karena mereka memiliki kesempatan dan waktu untuk berbicara di depan orang banyak.
  • Pengantar Topik Utama. Pembicara akan mulai berpidato. Biasanya, mereka mulai dengan pernyataan yang mendukung pokok bahasan berikut.

Dibagian pertama contoh pidato singkat, mulailah pidato Anda dengan kuat. Dengan begitu, perhatian audiens bisa tertuju padamu. Anda juga dapat melakukan sejumlah hal untuk membuat pidato pembukaan mudah dipahami. Seperti:

  • Mencuri perhatian: Membuat pernyataan pembukaan yang berani adalah salah satu cara pembicara dapat menarik perhatian audiens. Selain itu, pembicara dapat menggunakan bantuan visual untuk melakukannya.
  • Terhubung dengan pendengar: Lakukan komunikasi dua arah dengan pendengar. Akibatnya, pembicara akan berkonsentrasi pada dirinya sendiri.
  • Relevansi: Anda juga harus menekankan kelayakan kepada audiens. Tunjukkan nilai Anda sebagai pembicara. Ini bermanfaat untuk mendiskusikan pesan yang ada. Beri tahu mereka dengan fakta yang jelas dan kata-kata yang sopan.
  • Objektif: Sangat penting untuk mengambil tindakan ini. Jelaskan tujuan dan harapan yang ingin disampaikan dari pidato Anda. Sebagai hasilnya, pendengar sekarang dapat fokus pada pembicara.
  • Peta jalan: Selanjutnya, Anda harus menampilkan peta jalan. Beri tahu audiens mengenai ide-ide penting pidato Anda. Ini memungkinkan pendengar untuk memahami dan mengerti apa yang akan dikatakan.

2. Bagian Isi

Bagian contoh pidato singkat selanjutnya muncul setelah pembukaan. Isi dari pidato harus mencakup informasi penting. Argumen yang kuat juga harus disertakan dalam isi pidato.

Sebagai hasilnya, pembicaraan Anda akan menjadi lebih berkesan dan dipercaya. Selain itu, menyusun isi pidato juga harus secara tepat dan logis. Kami juga menyarankan untuk menggunakan sumber yang memiliki reputasi baik dan terbiasa dengan autentikasi.



3. Penutup

Bagian terakhir struktur contoh pidato singkat adalah kesimpulannya. Biasanya, penilaian yang diambil dari informasi yang disajikan termasuk dalam bagian ini.

Selain itu, mengungkapkan maaf atas kesalahan ucapan juga diperlukan. Pembicara kemudian bebas untuk menyampaikan salam terakhir dan terima kasih.

Baca juga: Contoh Notulen Rapat, Penting untuk Para Notula

Berikut Ini Jenis-jenis Pidato

Berdasarkan sifat dan fungsinya, pidato diklasifikasikan menjadi beberapa jenis. Diantaranya adalah:

  1. Pidato pembukaan yang diberikan oleh tuan rumah selama acara seperti pernikahan, seminar, atau ulang tahun.
  2. Pidato pengarahan yang diberikan pada saat acara resmi untuk memberikan arahan tentang bagaimana melakukan sesuatu, seperti pidato oleh dekan yang memandu acara KKN mahasiswa.
  3. Pidato sambutan yaitu pidato yang disampaikan dalam sebuah acara. Pidato ini sering disampaikan oleh seseorang yang dihormati di acara tersebut, seperti pidato Presiden saat acara atletik internasional.

Itu dia contoh pidato singkat, pengertian dan struktur yang tepat untuk membuat pidato. Jangan lupa diterapkan.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.