10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Cara Minta Naik Gaji Secara Pintar Agar di ACC

Ketika muncul niatan untuk meminta kenaikan gaji, harusnya Anda tahu cara minta naik gaji secara pintar. Tujuannya tidak lain agar di ACC oleh atasan. Tapi tentu kebanyakan dari Anda dilema.

Semacam perasaan mau melakukannya tapi takut, sebab muncul rasa takut bila atasan menolak serta mengubah pandangan mereka. Hal ini jelas menghantui banyak pegawai yang menginginkannya dan bisa berakibat fatal padanya.

Mungkin buat banyak pegawai alami penurunan kinerja dan malah membuat atasan memberikan peringatan. Jadi jangan sampai terjadi hal semacam itu, sebab kami memiliki beberapa langkah jitu. Cukup ikuti panduannya berikut.

Cara Minta Naik Gaji Secara Pintar agar di ACC Atasan

Sebenarnya Anda bisa melakukan ini tanpa perlu merasa ragu dan takut. Sebab sudah menjadi hak dari pekerja sendiri, di mana ketika sudah melakukan pekerjaan dengan baik dalam beberapa periode lamanya.

Ada hak yang didapatkan yakni berupa kenaikan gaji, sehingga ketika merasa berhak mendapatkannya. Pekerja hanya perlu menggunakan cara minta naik gaji secara pintar tentu beretika. Demi dapatkan ACC dari atasan.

Tapi itu semua tidak menjamin proses tersebut di ACC oleh atasan, tergantung juga dari banyak faktor. Hanya saja dengan langkah jitu ini, setidaknya jika masih ditolak ada pertimbangan ke depannya.

  1. Meyakinkan diri dengan bertanya apakah kinerja sudah membantu perusahaan

Kinerja harus dipertanyakan jika Anda inginkan kenaikan gaji, sebab kinerja normalnya menjadi pertimbangan atasan dalam mendapatkan persetujuan atas itu. Tanyakan dan evaluasi apakah pekerjaan yang selama ini dilakukan, sudah membantu perusahaan.

Jika memang dari pertimbangan merasa kerap kali memberikan pencapaian. Lanjutkan cara minta naik gaji ke tren gaji. Anda tidak boleh sembarangan meminta berapa besaran gaji, sebab ada tren yang muncul.

  1. Riset tren gaji dengan beberapa cara

Riset tren gaji atau fee menjadi keharusan, tujuannya tidak lain demi membuat Anda mampu mengajukan permintaan yang masuk akal. Sebab jika permintaan melampaui dari besaran jobdesk, jangan harap untuk dapat di ACC.

Usahakan dapatkan semua itu dengan besaran yang sebanding jobdesk, banyak pilihan untuk melakukan riset, pilihan terbaik adalah dengan melihat pada situs lowongan, rekan kerja, dan mungkin mentor lebih senior Anda.

  1. Momen tepat juga harus diperhatikan

Dalam cara minta naik gaji ke atasan, momen tepat juga harus diperhatikan. Tujuannya tak lain demi membuat permintaan dapat disetujui dengan baik. Hal ini jelas akan berpengaruh kepada bagaimana prosesnya.

Hal terpenting adalah dengan memahami situasi dari perusahaan, apakah memang sedang baik baik saja atau tidak. Sebab ketika perusahaan tidak dalam kondisi bagus, lalu Anda meminta kenaikan fee, itu salah.

Malahan ada kemungkinan Anda akan mengalami PHK karena tidak bisa membaca situasi. Memang ada hak yang diberikan tapi sebagai pegawai harus melihat apa yang sedang terjadi khususnya perusahaan dan atasan.

  1. Buat janji dan siapkan apa kata terbaik Anda

Tidak sopan bila Anda langsung menemui atasan ke ruangannya, meski bisa itu memang tidak di sarankan. Sebab di sini Anda menemui untuk keperluan pribadi, bukan untuk keperluan perusahaan.

Jadi lebih baik buat janji dahulu sebagai langkah jitu cara minta naik gaji berikutnya. Luangkan waktu yang sekiranya Anda dan atasan bisa, sebab ini akan menentukan kelancaran dalam diskusi kali ini.

Untuk kata terbaik boleh memberikan kesan bahwa memang layak mendapatkan fee lebih tinggi. Katakan juga berapa besarannya karena itu merupakan pertimbangan dari atasan kenapa harus diberikan.

  1. Negosiasi dengan bahasa yang lembut dan jangan lupa ucapkan terima kasih

Biasanya atasan akan menanyakan banyak hal mengenai hal tersebut, ada juga yang sampai menjelaskan bahwa kebijakan perusahaan seperti ini. Banyak yang dijelaskan dan Anda akan mendapatkan tekanan dari sana.

Tapi tidak usah kawatir karena jika kinerja memang sudah mumpuni, atasan hanya menguji mental Anda untuk layak mendapatkan penghargaan lebih baik. Bahkan mungkin bila beruntung akan dapat promosi.

Sehingga berikan bahasa yang lembut dan santun demi membuat luluh atasan. Ketika sudah dapat ACC langsung, jangan lupa ucapkan terima kasih. Bahkan ketika harus menunggu jangan lupa ucapkan itu.

Sebab arti ucapan tersebut cukup dalam, bukan hanya sekedar menyampaikan rasa terima kasih. Tetapi juga menunjukkan bahwa Anda memang pegawai teladan. Bahkan urusan cara minta naik gaji juga diperhatikan secara profesional.

Bagikan Artikel: