10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

ciri-ciri akan naik gaji

Ciri-ciri Akan Naik Gaji dan Cara Mendapatkannya

Karyawan perlu mengetahui ciri-ciri akan naik gaji sebelum mengajukan resign. Terlebih ketika mendapatkan counter offer dan takut jika suatu saat akan dikeluarkan dari kerja atau PHK.

Hal ini bertujuan sebagai alasan bagi karyawan untuk menetap karena counter offer tersebut. Karena pada dasarnya counter offer sendiri merupakan strategi jangka pendek bagi perusahaan. Selain itu di lain sisi bisa menjadi bumerang bagi karyawan itu sendiri.

Ciri-ciri Akan Naik Gaji

Ada beberapa hal perlu diketahui pekerja ataupun karyawan tentang ciri akan naik gaji. Mulai dari diundang ke rapat penting, tambahan tanggung jawab, dan lain sebagainya. Untuk itu penjelasannya sebagai berikut ini.

1. Diundang ke Rapat Penting

Dalam sebuah perusahaan tertentu, terkadang ada karyawan mendapatkan kesempatan untuk diundang dalam sebuah rapat penting oleh atasannya. Dalam hal ini biasanya juga atasan atau pemimpin perusahaan meminta karyawan untuk memberikan tanggapan soal hal yang sedang dibahas. 

Hal tersebut bisa diartikan bahwa atasan atau pimpinan memiliki minat atas pandangan karyawan tersebut dan menjadikan sebagai catatan penting dalam rapat.

2. Mendapat Tambahan Tanggung jawab

Tidak hanya diundang dalam sebuah rapat penting, ciri-ciri akan naik gaji bagi karyawan bisa diketahui melalui seberapa banyak tanggung jawab yang diemban dalam bekerja tersebut. Jika mendapat tambahan tanggung jawab oleh atasan untuk mengurusi beberapa hal penting. 

Bisa jadi hal itu adalah sebagai tanda karyawan mendapat tugas atau bahkan jabatan baru di perusahaan tersebut. Oleh karena itu hal yang perlu dilakukan karyawan untuk mendapat kenaikan gaji atau kesempatan tersebut yaitu dengan memaksimalkan mengerjakan tugas untuk menunjukkan kepada atasan bahwa dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan baik.

3. Atasan Bertanya Soal Perusahaan

Selanjutnya ciri-ciri akan naik gaji yaitu atasan akan bertanya pada karyawan mengenai pandangannya terhadap perusahaan. Karena hal tersebut juga bisa menjadi dasar bagi atasan untuk mengetahui karyawan tersebut mengetahui pengetahuan tentang perusahaan. 

Ketika karyawan mengetahui banyak mengenai seluk-beluk perusahaan maupun latar belakang perusahaan, bisa jadi dia akan diajak atau dalam jabatan di lingkup internal perusahaan.

4. Pimpinan Bertanya Soal Gaji dan Fasilitas

Jika karyawan mendapat pertanyaan dari atasan soal gaji atau fasilitas yang diterima. Hal itu artinya bahwa karyawan tersebut mendapat perhatian besar dari pimpinan atau atasan tersebut.

Oleh karena itu jika karyawan mendapatkan pertanyaan soal gaji dan fasilitas, untuk menjawabnya dengan jujur dalam mengutarakan yang diajukan pimpinan tersebut. Meski tidak banyak fasilitas yang diberikan oleh karyawan, namun melakukan survey merupakan langkah baik bagi perusahaan.

Baca juga: Berapa Idealnya Gaji Anak Magang? Berikut Penjelasannya

Cara Mendapatkan Kenaikan Gaji dengan Tepat

Namun, jika karyawan tidak mendapat tanda atau ciri-ciri akan naik gaji. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkannya. Mulai dari mengetahui nilai, menunjukkan prestasi, sampai mengajukan permohonan kenaikan kepada atasan.

1. Ketahui Nilai

Langkah pertama dalam mendapatkan gaji yaitu dengan mengetahui nilai atau kedudukan yang diperoleh oleh perusahaan. Seperti halnya dengan membuat anggaran dalam membuat kemajuan perusahaan, hal ini sangat diperlukan dan sangat dipertimbangkan sebelum mengeksekusinya.

2. Menunjukkan Prestasi

Pada banyak pekerjaan, untuk mendapatkan kenaikan gaji, bagi karyawan perlu memiliki syarat yang sesuai. Jika dalam kerja tidak mendapat kenaikan bisa jadi, seseorang atau karyawan tersebut belum menunjukkan prestasinya. 

Dalam hal ini mulai dari memberi ide, kritik dalam penyelesaian masalah atau sesuatu hal yang lain membuat seseorang lebih terlihat. Selain prestasi, pribadi baik juga sangat dipertimbangkan perusahaan menilai karyawannya. Ciri-ciri akan naik gaji memang harus dipahami.

Karena jika karyawan memiliki banyak prestasi baik namun tidak disukai karena karakter yang tidak bagus. Hal ini bisa menjadi alasan karyawan tersebut untuk tidak mendapatkan kenaikan gaji.

Baca juga: Bolehkan Meminta Kenaikan Nilai Counter Offer? Ini Jawabannya

3. Membuat Permohonan Kepada Atasan

Membicarakan soal kenaikan gaji adalah salah satu yang perlu didiskusikan oleh karyawan di perusahaan. Dalam hal ini perlu diketahui bahwa perusahaan tidak mengalami gangguan keuangan atau masalah yang sedang menerpa perusahaan. 

Jika karyawan ingin mendapatkan kenaikan gaji, langkah yang valid yaitu membuat permohonan kepada atasan. Ada berbagai tanda bahwa karyawan akan naik gajinya seperti diundang ke dalam rapat penting, tambahan tanggung jawab, dan lain sebagainya. 

Namun jika tidak mendapatkan ciri-ciri akan naik gaji, karyawan juga bisa mendapatkan dengan beberapa cara, seperti mengetahui nilai, menunjukkan prestasi dan terakhir yaitu mengajukan permohonan kepada atasan.

Bagikan Artikel: