10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

berapa lama idealnya karyawan minta naik gaji

Berapa Lama Idealnya Karyawan Minta Naik Gaji? Wajib Tahu

Jika Anda menginginkan mendapatkan kenaikan gaji, maka perlu Anda ketahui berapa lama idealnya karyawan minta naik gaji? Hal ini penting agar permintaan Anda bisa dikabulkan.

Bekerja pada suatu pekerjaan yang tidak memberikan kenaikan gaji bisa menurunkan kinerja seseorang. Apalagi jika sudah bekerja sesuai dengan target yang ditetapkan bahkan melampauinya namun tidak mendapatkan kenaikan pendapatan.

Meski begitu, Anda sebagai pekerja diperkenankan untuk mengajukan kenaikan pendapatan kepada pemberi kerja atas apa yang sudah Anda kerjakan selama ini, serta hal tersebut menjadi hak Anda.

Lalu, Berapa Lama Idealnya Karyawan Minta Naik Gaji?

Kenaikan gaji karyawan adalah hal yang sangat wajar ditawarkan perusahaan setiap tahunnya dan yang diharapkan para karyawan yang bekerja. Hal tersebut dapat menjadi salah satu bentuk penghargaan perusahaan kepada pekerja terhadap kinerjanya pada suatu periode.

Tidak hanya untuk meningkatkan kesejahteraan bagi pekerja, tetapi dapat membantu menumbuhkan motivasi pekerja. Dengan mengetahui berapa lama idealnya karyawan minta naik gaji secara tidak langsung dapat menjadi tolak ukur pengajuannya.

Menurut pakar ekonomi Eddy Junarsin yang merupakan ekonom dari Universitas Gadjah Mada (UGM) menyampaikan bahwa pekerja boleh meminta kenaikan gaji paling tidak satu tahun sekali. Hal tersebut bisa dilatarbelakangi oleh sering terjadinya inflasi tiap tahun.

Jika dalam satu tahun tidak ada kenaikan pendapatan yang di berikan kepada pekerja, maka Anda bisa mempertimbangkan pekerjaan lain. Namun disisi lain, Anda juga harus berintrospeksi diri tentang kinerja Anda selama ini sesuai dengan tuntutan perusahan atau tidak.

Pihak HRD atau pemilik bisnis perlu memperhitungkan kisaran upah pekerja, termasuk didalamnya membahas hal tersebut. Biasanya setiap perusahaan mempunyai pedoman terkait dengan struktur serta skala upah.

Aturan Mengenai Kenaikan Gaji Karyawan Secara Berkala

Menurut UU Ketenagakerjaan tidak menyebutkan rinci berapa lama idealnya karyawan minta naik gaji serta aturan kenaikan penggajian secara detail. Atau bisa diartikan bahwa pemerintah tidak menetapkan standar kenaikan penggajian meliputi persentase, periode, dan sebagainya. 

Perusahaan memiliki hak dan kewajiban dalam penetapan penggajian yang seharusnya diberikan kepada pekerjanya. Meski pemerintah tidak mengatur secara rinci, pemberian gaji harus tetap melihat kondisi perekonomian.

Semua terkait dengan penggajian menjadi tanggungjawab perusahaan dan telah disepakati melalui kontrak kerja dengan pekerja. Perlu diketahui berapa lama idealnya karyawan minta naik gaji dengan mempertimbangkan kondisi perusahaan serta produktivitas dalam bekerja. 

Faktor yang Memengaruhi Kenaikan Gaji Berkala

Pada pembahasan di atas sudah dijelaskan jika pemerintah tidak mengatur penggajian secara teknis. Di mana untuk kenaikan gaji diserahkan lagi pada kebijakan dan peraturan setiap perusahaan. Dalam artian masing-masing perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda.

Di bawah ini merupakan faktor yang mampu memengaruhi kenaikan penggajian karyawan secara berkala serta sebagai dasar pertimbangan untuk menentukan berapa lama idealnya karyawan minta naik gaji. Berikut merupakan ulasan serta penjelasannya secara detail.

1. Upah Minimum

Upah minimum provinsi (UMP) adalah satu-satunya nominal upah yang ditetapkan dan diatur pemerintah. Di mana, untuk persentase serta kisaran kenaikan penggajian minimum ditetapkan pemerintah pusat dan daerah setiap tahun berdasarkan kondisi ekonomian dan ketenagakerjaan.

JIka perusahaan menerapkan upah minimum untuk pekerja golongan terendah dengan masa kerja kurang dari satu tahun. Dengan demikian, maka perusahaan wajib menaikkan pendapatan minimal sesuai UMP terbaru.

2. Masa Kerja dan Kontribusi 

Hal ini berkaitan dengan berapa lama idealnya karyawan minta naik gaji. Masa kerja pekerja bisa menjadi menjadi faktor untuk mengajukan kenaikan pendapatan atas dedikasinya selama bekerja di tempat tersebut. 

Sebagai contoh, pekerja senior di suatu tempat yang sudah berkerja dari bisnis tersebut dirintis sampai dengan berkembang. Tentu akan diberikan kenaikan penggajian yang jumlahnya lebih besar dibandingkan dengan pekerja baru.

3. Loyalitas Karyawan

Hal terakhir yang dapat memengaruhi kenaikan pendapatan yaitu faktor loyalitas karyawan kepada perusahaan, baik itu pekerja baru maupun lama. Loyalitas karyawan menjadi penilaian penting perusahaan dalam melakukan evaluasi penggajian setiap periodenya. 

Bagi karyawan meminta kenaikan gaji merupakan hal wajar yang bisa Anda lakukan. Namun perlu diketahui juga berapa lama idealnya karyawan minta naik gaji. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi kesalahpahaman antara perusahaan dan karyawan.

Kw : berapa lama idealnya karyawan minta naik gaji

Deskripsi : artikel ini sangat bermanfaat untuk karyawan. Melalui ini Anda bisa tau berapa lama idealnya karyawan minta naik gaji supaya tidak terjadi kesalahpahaman.

Bagikan Artikel: