10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

berapa rata rata gaji fresh graduate

Berapa Rata Rata Gaji Fresh Graduate Saat, Mari Cek !

Saat mencari pekerjaan berapa rata rata gaji fresh graduate menjadi satu hal penting yang wajib diketahui. Ini sekaligus menjadi informasi penting dan perlu dipersiapkan saat aktif melamar pekerjaan, khususnya saat sudah mendapat panggilan interview.

Hal yang seling salah kaprah dilakukan para fresh graduate berbagai jenjang pendidikan, yaitu melakukan interview tanpa persiapan. Padahal kriteria seseorang diterima suatu pekerjaan biasanya mempertimbangkan setiap jawaban dalam proses interview.

Salah satu yang cukup sulit dan membingungkan adalah ketika diberi pertanyaan mengenai besaran gaji. Apalagi jika kita bukanlah orang berpengalaman dengan pengetahuan khusus mengenai berapa rata rata gaji fresh graduate.

Sistem penggajian dalam sebuah perusahaan pastinya sangat membingungkan, apalagi jika Anda tidak paham betul. Tindak sampai situ bagi para lulusan baru, pasti Anda memiliki rasa takut untuk menyebutkan angka nominal gaji yang diinginkan.

Takut angkanya kemudian terlalu kecil atau besar untuk perusahaan tersebut. Hingga berujung menyerahkan semuanya pada HRD perusahaan tanpa negosiasi gaji terlebih dahulu. Oleh karena itu simak beberapa informasi penting tentang gaji bagi Anda yang baru lulus.

Baca juga: Fasilitas yang Diharapkan Selain Gaji Pokok, Wajib Tanyakan !

Berapa Rata Rata Gaji Fresh Graduate, Ini Minimal yang Perlu Diterima !

Besaran upah yang diterima orang baru lulus memiliki rentang angka berbeda dan bervariasi, tergantung setiap industri kerja. Hal tersebut tidak terlepas dari regulasi yang dibuat perusahaan juga, di mana mereka telah memiliki aturan sendiri tiap levelnya.

Bagi para fresh graduate, tingkatan jabatan yang dilamar umumnya adalah entry level. Entry level merupakan tingkatan dasar yang tidak terlalu mementingkan pengalaman, pelatihan maupun pendidikan. Enty level sangat cocok bagi lulusan baru yang ingin memulai karir.

Berapa rata rata gaji fresh graduate bidang tambang dan minyak adalah pada kisaran 8 hingga 15 juta. Sebagai negara dengan sumber daya tambang melimpah, Indonesia membuka banyak peluang pekerjaan dalam bidang ini yang wajib Anda coba.

Sementara bagi para lulusan jurusan pemasaran kreatif, terdapat peluang besar bekerja pada industri kreatif. Posisi-posisi pekerjaan ini sangat dibutuhkan khususnya oleh para perusahaan dan pebisnis, dengan rentang gaji 3 hingga 40 juta per bulannya.

Tidak kalah dengan dua bidang sebelumnya, pekerjaan pada bidang pendidikan juga cukup menjanjikan. Misalnya guru dan dosen, pekerjaan menjadi tenaga pendidik ternyata memiliki jumlah pendapatan tidak sedikit.

Berapa rata rata gaji fresh graduate tenaga pendidik berstatus Angkatan Sipil Negara (ASN) sebesar 4 hingga 8 juta rupiah. Tergantung pada tingkat atau level golongan status PNS Anda. Sementara pada sektor ekonomi manajemen, perbankan adalah 5 hingga 15 juta rupiah.

Tidak kalah besar, bidang kesehatan memiliki profesi-profesi dengan upah pekerjaan yang tinggi. Bagi lulusan baru, para tenaga kesehatan juga tergolong tinggi dengan kisaran besaran gaji 5 hingga 8 juta rupiah.

Baca juga: Jenis-Jenis Potongan Gaji yang Perlu Anda Ketahui

Tips Agar Mendapat Upah Besar, Fresh Graduate Wajib Tahu !

Setelah mengetahui berapa rata rata gaji fresh graduate pada masing-masing bidang pekerjaan. Anda juga ternyata dapat menerapkan beberapa tips penting agar bisa mendapatkan gaji yang besar.

Pertama Anda harus mulai bekerja sebelum lulus, untuk memperbanyak pengalaman kerja sekaligus bekal pasca lulus. Pengalaman kerja tersebut menjadikan nilai plus karena telah merasakan bekerja dunia profesional saat masih kuliah.

Jangan lupa juga untuk mengikuti pelatihan dan sertifikasi, agar skill makin terasah pada bidang tertentu. Biasanya suatu perusahaan rela membayar gaji tinggi, jika Anda memiliki keahlian yang spesifik sekaligus jarang dimiliki orang lain.

Kampus biasanya juga menyediakan program magang untuk para mahasiswanya. Magang dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk belajar dan memperoleh pengalaman pada dunia kerja profesional.

Ikuti program percepatan karir yang memang dibutuhkan posisinya oleh perusahaan. Program percepatan banyak dilakukan perusahaan untuk mendapat generasi pemimpin sedini mungkin, sehingga Anda wajib untuk mendaftar.

Selain itu untuk memperoleh penghasilan yang tinggi, juga dapat diperoleh dengan berwirausaha. Mulailah berwirausaha saat masih kuliah, sehingga pasca lulus usaha dapat dikembangkan untuk memperoleh laba maksimal.

Hal terakhir yang tidak kalah pentingnya yaitu jangan lupa untuk terus meningkatkan kapasitas serta kualitas diri Anda. Ini akan membuat makin berkembang sehingga berapa rata rata gaji fresh graduate akan dapat ditingkatkan nominalnya.

Bagikan Artikel: