10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

fasilitas yang diharapkan selain gaji

Fasilitas yang Diharapkan Selain Gaji Pokok, Wajib Tanyakan !

Tahukan Anda ada sejumlah fasilitas yang diharapkan selain gaji, untuk membuat para pekerja semangat dan memberi performa terbaik untuk perusahaan. Perusahaan koorporasi maupun startup biasanya menawarkan benefit untuk calon karyawan diluar upah pokok.

Oleh karena itu bagi Anda yang belum tahu, janganlah hanya mempertimbangkan nominal upah saja ketika melamar pekerjaan. Tidak semua perusahaan menjelaskan secara gamblang saat wawancara kerja, sehingga penting untuk menanyakannya.

Fasilitas tambahan atau kerap disebut tunjangan, biasanya akan turut membantu dari segi pekerjaan, kesehatan serta kehidupan. Oleh karena itu sebelum wawancara kerja, Anda perlu mempersiapkan pertanyaan dan jawaban sehingga lancar pada saat interview. 

Terkadang beberapa perusahaan menanyakan apa fasilitas yang diharapkan selain gaji kepada calon karyawannya. Inilah alasannya Anda harus mempersiapkan jawaban mengenai daftar tunjangan selain gaji sesuai harapan.

Sehingga sebelum memutuskan menerima pekerjaan, ada baiknya Anda menanyakan terlebih dahulu pada pihak perusahaan. Pengetahuan mengenai tunjangan pekerjaan selain upah pokok penting untuk diketahui, oleh perusahaan maupun calon pekerja.

Baca juga: Cara Menolak Tawaran Kerja Karena Gaji Tidak Sesuai

Daftar Fasilitas yang Diharapkan Selain Gaji, Pekerja Harus Tahu !

Jika kamu merupakan seorang karyawan maupun calon karyawan, daftar tunjangan dapat dijadikan referensi jawaban saat wawancara kerja. Tunjangan kerja sangat penting sebagai pendukung utama karyawan agar menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

1. Kendaraan Inventaris 

Transportasi menjadi salah satu tunjangan tambahan cukup penting dari kantor sebagai fasilitas yang diharapkan selain gaji. Transportasi kendaraan amat sangat dibutuhkan, terlebih jika Anda tinggal jauh dari kantor.

Beberapa pekerjaan seperti sales (business development), bahkan memiliki kegiatan kerja serta mengharuskan pergi dilapangan. Pekerjaan yang menuntut pergi kesana kemari untuk bertemu klien atau meeting, akan sulit dikerjakan jika tidak ada kendaraan.

Jika memang perusahaan kerja Anda menyediakan tunjangan tersebut, jangan sungkan untuk menanyakan langsung pada pihak HRD. Tanyakan secara detail bagaimanakah bentuk benefit akan diterima, agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan. 

2. Mess atau Tempat Tinggal

Jika perusahaan mengharuskan pekerjaan Anda untuk ditugaskan pada luar kota, tempat tinggal tentu menjadi tunjangan cukup diharapkan. Mess dan tempat tinggal yang disediakan akan memudahkan dan langsung fokus bekerja tanpa pusing mencari hunian dahulu.

Jika Mess sebagai fasilitas yang diharapkan selain gaji disanggupi oleh pihak perusahaan, pastikan bentuk kompensasinya. Jika tidak ada mess, pastikan apakah Anda akan dibiayai perusahaan untuk kos atau ngontrak, atau tidak.

3. Uang Makan 

Beberapa perusahaan ada yang sudah memasukan fasilitas makan siang gratis untuk para pegawainya. Adanya tunjangan makan siang gratis tentunya dapat menghemat pengeluaran bulanan Anda.

Bila Anda baru proses melamar kerja, sebagai calon pegawai berhak untuk menanyakan langsung mengenai kompensasi uang makan siang ini. Diera sekarang bahkan telah tersedia layanan catering online dan dapat request sesuai selera, untuk memudahkan Anda.

Baca juga: Bagaimana Jika Gajian Telat? Lakukan Langkah Berikut Ini

4. Teknologi 

Fasilitas yang diharapkan selain gaji pokok lainnya adalah bidang teknologi (IT) digital, tanyakan apakah ada benefit yang didapatkan. Misalnya laptop atau PC inventaris sebagai pinjaman, ataupun perangkat pendukung lain dalam pekerjaan.

Akan tetapi jika memakai perangkat sendiri lalu rusak, hal ini dapat dinegosiasikan dengan perusahaan. Tanyakan mengenai kompensasi yang didapatkan bila barang milik pribadi rusak saat dipakai bekerja, selain membayar dengan upah pokok.

Selain PC dan laptop, tunjangan teknologi dapat juga berupa handphone atau intensif uang pulsa dan kuota bulanan. Namun lebih jelasnya tunjangan semacam ini bisa ditanyakan langsung pada perusahaan lamaran Anda. 

5. Program Pengembangan SDM dan Sponsor Beasiswa

Training dan workshop pengembangan diri untuk menggali skill dengan spesifik, sangat diperlukan pada fasilitas yang diharapkan selain gaji. Hal ini dapat membantu mengasah ketrampilan serta menjadi bekal memajukan karir Anda di masa depan.

Bahkan ada juga perusahaan menawarkan tunjangan sponsor beasiswa bagi karyawan teladan. Tunjangan ini tentu saja agar karyawan terpilih dapat memberikan kontribusi lebih dalam jangka panjang bagi kemajuan perusahaan.

Pada intinya tunjangan tersebut semuanya dapat bermanfaat sebagai penunjang peningkatan produktivitas di perusahaan tempat kerja Anda. Jika masih bingung dan ragu jangan sungkan untuk menanyakan fasilitas yang diharapkan selain gaji pokok pada perusahaan.

Bagikan Artikel: