apakah fresh graduate boleh negosiasi gaji

Apakah Fresh Graduate Boleh Negosiasi Gaji Saat Wawancara?

Apakah fresh graduate boleh negosiasi gaji dan apa yang harus dilakukan agar bisa mendapatkan hasil sesuai harapan? Gaji merupakan hal penting yang harus jelas informasinya antara pemberi kerja dengan pencari pekerjaan. Namun sayangnya membahas tentang upah bagi sebagian orang dianggap kurang sopan sehingga menimbulkan rasa sungkan.

Padahal upah tersebut diberikan perusahaan untuk menghargai jasa atau tenaga pada karyawannya. Jika informasinya tidak jelas di awal maka takutnya akan menimbulkan rasa kecewa sehingga hubungan pekerjaan menjadi tidak baik.

Lantas apakah fresh graduate boleh negosiasi tentang gaji meskipun baru pertama kali melamar pekerjaan? Simak jawabannya berikut ini termasuk hal-hal yang harus dihindari agar negosiasinya bisa berhasil.

Baca juga: Cara Negosiasi Gaji Saat Interview yang Perlu Dilakukan Pelamar

Apakah Fresh Graduate Boleh Negosiasi Gaji?

Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah apakah fresh graduate boleh negosiasi seputar gaji? Pertanyaan seperti ini sangat wajar terutama bagi mereka yang belum memiliki pengalaman kerja atau baru melamar pekerjaan.

Proses negosiasi dilakukan untuk mendapatkan kesepakatan antara pemberi kerja dengan penerima kerja. Kesepakatan tersebut diharapkan bisa menguntungkan antara kedua belah pihak dalam bekerja sama memajukan perusahaan.

Sebenarnya apakah fresh graduate boleh negosiasi gaji ini bisa cepat dilakukan jika langsung menerima penawaran yang diberikan. Namun ada banyak hal yang harus dipertimbangkan agar Anda bisa mendapatkan gaji terbaik dan tidak terlalu rendah.

Meskipun Anda baru pertama kali melamar pekerjaan dan sangat membutuhkannya sebaiknya tetap lakukan nego. Hal ini sangat penting untuk menghargai diri sendiri agar mendapatkan upah yang layak.

Hindari Hal Berikut Saat Proses Negosiasi Tentang Gaji

Sudah dijelaskan apakah fresh graduate boleh negosiasi gaji maka jawabannya adalah sangat boleh. Maka untuk bisa membuat kesepakatan yang menguntungkan untuk Anda sebaiknya hindari beberapa hal berikut ini.

1. Bahas masalah personal

Dalam proses wawancara waktu yang disediakan sangat terbatas serta pembahasan lebih ke arah formal. Maka jangan pernah membahas tentang permasalahan pribadi termasuk tentang keadaan ekonomi Anda saat ini.

Apalagi jika Anda justru curhat mengalami kesulitan ekonomi karena terlalu banyak pengeluaran. Hal ini membuat penilaian menjadi negatif karena dianggap tidak profesional karena dianggap menuntut upah tinggi.

2. Menanyakan keuntungan lain

Selain gaji biasanya perusahaan akan memberikan keuntungan lain seperti bonus, tunjangan dan lainnya. Namun sangat tidak sopan kalau Anda menanyakan pada saat proses wawancara berlangsung. Anda akan dianggap hanya mencari keuntungan yang mementingkan diri sendiri daripada memikirkan kinerja.

3. Langsung memberi keputusan

Selain memperhatikan apakah fresh graduate boleh negosiasi gaji sebaiknya perhatikan keputusan Anda. Jangan langsung memberikan keputusan atau menerima tawaran tanpa dipikirkan dulu.

Sebaiknya meminta waktu untuk melakukan riset penghasilan yang didapatkan pada perusahaan sejenis. Jangan memberikan jawaban terlalu lama agar bisa mendapatkan nominal terbaik dan sesuai keinginan Anda.

4. Jangan jual mahal

Meskipun Anda dibutuhkan oleh perusahaan sebaiknya jangan terlalu jual mahal dengan mengharapkan hasil tinggi. Perusahaan tidak akan membayar mahal karena ada standar yang sudah ditentukan dan jangan sampai kehilangan kesempatan.

Cara Agar Negosiasi Tentang Gaji Bisa Berhasil

Selain pertanyaan tentang apakah fresh graduate boleh negosiasi gaji, informasi tentang cara negosiasi juga banyak dicari. Terlebih cara agar bisa memenangkan negosiasi tersebut sehingga bisa mendapatkan gaji sesuai harapan.

1. Tunjukkan value

Pertama Anda harus menunjukkan value atau nilai kualitas yang membedakan dengan pelamar lain. Nilai ini akan memberikan tambahan untuk Anda sehingga bisa mendapatkan upah lebih tinggi.

2. Percaya diri

Apakah fresh graduate boleh negosiasi gaji? Tentu boleh, tunjukkan kalau Anda sangat percaya diri dalam proses nego ini. Rasa percaya diri ini sangat membantu untuk membuat Anda bisa mendapatkan hasil terbaik.

3. Gunakan prosentase

Sebaiknya jangan menggunakan nilai nominal pasti karena sangat merugikan bagi pelamar kerja. Mengingat nilai tersebut bisa saja berubah-ubah karena berbagai faktor seperti UMR naik atau inflasi. Jadi gunakan saja prosentase sehingga jika ada kenaikan upah maka gajinya juga akan ikut naik.

Baca juga: Berapa Rata Rata Gaji Fresh Graduate Saat, Mari Cek !

4. Tentukan nilai terendah

Untuk bisa memenangkan proses nego ini maka Anda harus menentukan berapa nilai terendah yang didapatkan. Misalnya menggunakan dasar UMR untuk gaji paling rendah dan jangan sampai dibawah nilai tersebut.

Proses negosiasi sangat penting untuk mendapatkan gaji sesuai harapan dari pekerjaan baru. Disimpulkan dari pertanyaan apakah fresh graduate boleh negosiasi gaji, jawabannya sangat boleh dan gunakan cara khusus agar berhasil.

Bagikan Artikel: