alasan membutuhkan surat referensi kerja

Alasan Membutuhkan Surat Referensi Kerja, Seberapa Pentingnya?

Anda harus tahu alasan membutuhkan surat referensi kerja dan seberapa pentingnya hal tersebut. Surat itu merupakan hal yang harus dipunyai seseorang setelah menyelesaikan masa magangnya atau kerja di suatu perusahaan.

Lewat dokumen tersebut Anda bisa mendapatkan sebuah penilaian baru di mana pastinya lebih objektif. Selain itu juga dapat menunjang nilai seseorang di mata para perekrut atau pihak personalia perusahaan.

Di era sekarang ini, persaingan semakin ketat, tentunya ketika mencari pekerjaan juga bukan perihal mudah. Apalagi jika tidak mempunyai bekal kemampuan mumpuni dan bahkan banyak orang belum mendapat kerja.

Baca juga: Perbedaan surat referensi kerja dan paklaring

Alasan Membutuhkan Surat Referensi Kerja, Apakah Penting?

Bukan hanya mencari pekerja dengan background tinggi saja, melainkan perusahaan juga sering menginginkan pengalaman dan itu jadi sebuah pertimbangan. Tidak heran apabila referensi kerja di CV jadi faktor penting.

Surat ini merupakan sebuah lampiran pendukung di mana sangat penting peranannya guna melamar kerja selain portofolio dan CV. Dengan memakai ini, maka Anda dapat meyakinkan HRD sebagai kandidat yang patut dipertimbangkan.

  1. Bangun Kredibilitas

Dengan dokumen tersebut, Anda dapat membuat kualitas lebih baik lagi dengan memberi detail informasi kepada pihak perekrut dibandingkan CV yang sudah ditulis. Ini merupakan satu alasan pentingnya.

Sehingga pihak perekrut bisa melihat bagaimana keseriusan calon pegawainya mengenai posisi yang dilamar. Sebab sudah ada detail pencapaian, keterampilan, serta pengalaman kerja di mana semua itu tertulis dalam surat rekomendasi.

  1. Meyakinkan HRD

Selain itu alasan membutuhkan surat referensi kerja saat melamar karena dapat menunjukkan bahwa kinerjanya dihargai atasan atau perusahaan sebelumnya. Pastinya ini dapat membuat pihak perekrut nantinya makin yakin memilih Anda.

Pastinya hal tersebut juga dapat melihat kemampuan serta kompetensi yang ditawarkan pencari kerja. Namun tentunya Anda baiknya menuliskan hal-hal secara jujur serta bukan malah dilebih-lebihkan supaya HRD tidak meragukannya.

  1. Memudahkan Evaluasi

Apabila Anda memasukkan lampiran pendukung satu ini, maka akan sangat membantu dalam memberikan info lebih detail. Tentunya informasinya cukup mendalam jika dibandingkan hanya menuliskan CV saja saat melamar kerja.

Selain itu, surat rekomendasi ini juga langsung ditulis oleh pihak yang memberi referensi, seperti perusahaan tempat Anda bekerja sebelumnya. Itulah yang membuat proses evaluasi resume atau CV jadi lebih mudah.

  1. Berikan Keuntungan

Anda harus tahu alasan membutuhkan surat referensi kerja sebelum mengirimkan lamaran ke sebuah perusahaan. Karena itu nantinya dapat membantu ketika proses mencari pekerjaan dan lebih menguntungkan.

Dokumen tersebut akan membuat Anda jadi lebih unggul dan dapat memberikan penilaian objektif. Terutama berkaitan dengan etos kerja serta sikap selama bekerja. Ini bisa membuat perekrut memberi nilai semakin detail.

Baca juga: Manfaat surat referensi kerja

Meminta Surat Rekomendasi Kerja pada Siapa?

Mengetahui seberapa pentingnya alasan membutuhkan surat referensi kerja memang sangat membantu seseorang ketika ingin melamar sebuah pekerjaan. Anda dapat meminta dokumen tersebut kepada pihak perusahaan seperti HRD, manager, atau supervisor.

Bagi Anda yang masih fresh graduate, maka bisa juga meminta dokumen rekomendasi tersebut dari teman atau dosen di kampus. Pastikan saat minta suratnya itu dilakukan secara sopan.

Jangan lupa juga sertakan contoh suratnya agar memudahkan pihak pemberi rekomendasi tersebut. Anda bisa memintanya langsung atau via email yang lebih mudah serta dapat dilakukan di mana saja.

Apabila meminta lewat email, maka perhatikan sejumlah poin pentingnya. Misalnya tuliskan pengantar di mana menjelaskan mengenai keperluan referensi tersebut. Ingat juga untuk menuliskan tanggal masuk kerja, posisi, serta kontribusi.

Jangan lupa mengucap terima kasih karena sudah mau membantu jadi referensi, penting pula menyertakan nomor ponsel. Banyak alasan membutuhkan surat referensi kerja, jadi Anda sebaiknya mempertimbangkan hal ini.

Mengenai draf atau contoh yang disertakan dalam permintaan surat rekomendasinya tersebut pastikan Anda menuliskan beberapa hal. Pertama dalam suratnya Anda harus menuliskan perkenalan singkat mengenai hubungan penulis dan kandidat.

Itu bisa menunjukkan jika orang tersebut cocok dalam memberikan rekomendasinya, sehingga dapat dipertimbangkan. Selain itu tuliskan kelebihan yang dipunyai kandidat, seperti si penulis menilai bagaimana pengalaman kerja pihak kandidat.

Karakter kandidat juga wajib dituliskan, namun tentu saja pastikan sesuai dengan lingkungan kerja. Seperti bagaimana menemukan solusi ketika ada masalah atau mencairkan suasana saat terjadi ketegangan, dan masih banyak lainnya.

Hal terakhir harus menuliskan penutup, tanda tangan, serta kontak yang dapat dihubungi. Pentingnya tahu alasan membutuhkan surat referensi kerja ketika melamar di perusahaan bisa membantu Anda menemukan pekerjaan sesuai.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!