cara mendapatkan uang dari TikTok tanpa jualan

4 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok Tanpa Jualan

Sekarang ini mulai banyak orang mencari cara mendapatkan uang dari TikTok tanpa jualan. Tidak heran karena media sosial tersebut mulai menawarkan berbagai hal menarik kepada para penggunanya.

Karena meski tanpa jualan sekalipun, seseorang masih bisa memiliki banyak peluang untuk mendapatkan uang di sana. Contohnya dengan menjadi seorang influencer dengan berjuta-juta followers atau sekadar selebritis TikTok biasa.

Dengan menjadi influencer biasanya seseorang hanya membahas di satu bidang saja, tetapi ketika menjadi selebritis di media tersebut dia memiliki kesempatan mengambil banyak pembahasan serta peluang kerja sama lebih besar.

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok Tanpa Jualan

Namun, menjadi seorang influencer atau selebritis di media tersebut juga tidak mudah. Sehingga kebanyakan orang yang hanya berfokus pada uang pasti mundur dengan teratur.

Hanya saja, tidak menutup kemungkinan Anda masih bisa mendapatkan peluang lain untuk mendapatkan uang selain di ranah influencer. Namun, memang pendapatan terbaik dari media ini adalah dengan menjadi kreator.

Info lengkap mengenai cara mendapatkan uang dari TikTok tanpa jualan produk atau jasa, di antaranya adalah:

  1. TikTok Creator Fund

TikTok menawarkan program penghasilan untuk para kreator apabila memenuhi syarat. Para kreator yang telah memenuhi persyaratan dapat mendaftar untuk bergabung dengan program ini dan menerima pembayaran berdasarkan performa video mereka.

Awal merintis menjadi kreator memang cukup sulit, tetapi bisa dibilang bayarannya lebih besar daripada ketika kita hanya jualan saja di media tersebut. 

Bahkan, akan ada banyak kerja sama dengan brand apabila konten kita menarik di mata mereka. Sehingga penghasilan dari kreator akan menjadi jauh lebih besar lagi.

  1. Brand Deals

Seperti di cara mendapatkan uang dari TikTok tanpa jualan pertama, para kreator di TikTok dapat menawarkan kerjasama kepada merek atau perusahaan untuk membuat konten promosi. 

Kerjasama ini bisa berupa endorsement, kolaborasi, atau sponsorship yang dibayar oleh perusahaan.

Rate harganya sendiri bisa bervariasi tergantung dari seberapa panjang video dan seberapa banyak follower akun Anda. Semakin terkenal Anda, maka semakin banyak uang bisa didapatkan melalui kerja sama brand ini.

  1. Donasi

Selain Brand Deals dan Creator Fund, platform ini juga menyediakan fitur lainnya berupa donasi. 

Untuk mendapatkannya, Anda dapat menggunakan fitur Live Streaming dimana para kreator dapat melakukan siaran langsung dan menerima donasi dari para penggemar. 

Penggemar bisa memberikan uang sebagai dukungan atau apresiasi kepada para kreator yang mereka sukai.

Baca juga: cara jualan di tiktok

  1. Affiliate Marketing

Cara mendapatkan uang dari TikTok tanpa jualan terakhir adalah dengan Affiliate Marketing. 

Para kreator di TikTok dapat memasarkan produk milik perusahaan lain dan menerima komisi dari setiap penjualan dari link atau kode afiliasi yang mereka berikan.

Namun, untuk dapat menghasilkan uang di TikTok, diperlukan usaha dan kerja keras dalam membuat konten menarik dan konsisten membangun komunitas pengikut yang besar dan aktif.

10 Tips Membuat Konten Menarik Bagi Para Creator

Selain empat cara mendapatkan uang dari TikTok tanpa jualan di atas, seorang kreator juga harus selalu update dengan konten-konten terbarunya. 

Agar konten Anda selalu baru, berikut adalah beberapa tips untuk membuat konten menarik bagi kreator di media sosial seperti TikTok:

  1. Kenali audience Anda: Kenali siapa target audience Anda dan apa yang mereka inginkan. Buat video yang relevan dengan minat dan kebutuhan mereka.
  2. Pilih topik yang trending: Buatlah video menarik untuk audiens Anda dengan memilih topik yang sedang tren saat ini.
  3. Berikan nilai tambah: Buatlah konten yang memberikan nilai tambah bagi audiens Anda seperti tips dan trik bermanfaat.
  4. Berikan hiburan: Video lucu dan menghibur akan menjadi favorit bagi banyak orang.
  5. Buatlah konten autentik: Jangan mencoba menjadi orang lain. Jadilah diri sendiri dan buatlah konten autentik.
  6. Gunakan teknik editing yang menarik: Penggunaan teknik editing yang menarik akan membuat video Anda lebih menarik dan menonjol dari konten lainnya.
  7. Gunakan musik yang tepat: Pilihlah musik yang tepat untuk setiap konten. Musik yang sesuai dengan tema konten akan meningkatkan daya tarik konten Anda.
  8. Pilih format yang sesuai: Pilih format konten sesuai dengan kekuatan Anda. Misalnya, jika Anda pandai dalam hal komedi, gunakan format yang lucu dan menghibur.
  9. Jadilah konsisten: Buat konten secara konsisten dan teratur agar membantu Anda membangun basis penggemar yang loyal.
  10. Gunakan analitik: Gunakan fitur analitik untuk melacak performa konten Anda. Dengan memahami data ini, Anda dapat mengoptimalkan strategi konten untuk meningkatkan performa di masa depan.

Dengan 10 tips di atas, cara mendapatkan uang dari TikTok tanpa jualan melalui konten kreator dapat semakin meningkat.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!