cara jualan di TikTok

7 Cara Jualan di TikTok Bagi Pemula

Sebagai aplikasi media sosial, ternyata ada banyak orang yang menggunakannya untuk berdagang, sehingga banyak yang mencari cara jualan di TikTok. Namun, tidak semua orang paham bagaimana melakukannya. 

Karena meski berbentuk media sosial, tetapi platform satu ini juga sudah memiliki menu lain untuk berdagang. Salah satunya dengan menggunakan TikTok Shop. Fitur tersebut sangat mirip dengan marketplace pada umumnya.

Namun, dengan gabungan media sosial maupun fitur penjualan di marketplace, bisa dibilang platform satu ini memiliki banyak kelebihan bagi penjual. Maka, Anda memerlukan cara tepat jika memang ingin serius berdagang di sana.

7 Cara Jualan di TikTok

TikTok merupakan aplikasi media sosial berbasis video yang memungkinkan pengguna untuk membuat, membagikan, serta menonton video pendek. Awalnya dikenal sebagai “Musical.ly”, TikTok dimiliki oleh perusahaan asal Tiongkok, ByteDance. 

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk merekam serta berbagi video pendek dengan durasi antara 15 hingga 60 detik, dengan berbagai efek sekaligus filter kreatif yang tersedia untuk meningkatkan kualitas dan keseruan video. 

Ia menjadi sangat populer di kalangan anak muda sehingga telah menjadi salah satu platform media sosial terbesar di dunia, dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan pada tahun 2021. 

Platform tersebut juga digunakan oleh berbagai macam merek serta bisnis untuk mempromosikan produk dan layanan mereka.

Jika Anda termasuk salah satunya yang mencari cara jualan di TikTok, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Membuat Akun

Langkah pertama dalam jualan ini, yaitu membuat akun TikTok. Pastikan akun yang dibuat merupakan akun bisnis dengan informasi lengkap mengenai produk atau jasa Anda.

  1. Membuat Konten Menarik

Platform ini berbasis video, sehingga konten menarik sekaligus kreatif sangat diperlukan. Buatlah konten informatif dan menarik agar dapat menarik perhatian pengguna.

  1. Mempromosikan Produk atau Jasa

Cara jualan di TikTok ketiga adalah mempromosikan produk atau jasa. Selain membuat konten menarik, promosikan produk atau jasa yang ditawarkan. Lalu, gunakan juga hashtag yang tepat agar meningkatkan visibilitas konten.

  1. Membangun Interaksi dengan Pengguna

TikTok merupakan platform interaktif. Membangun interaksi dengan pengguna akan meningkatkan kemungkinan penjualan. Balas komentar dan pesan dari pengguna serta jangan lupa untuk memperhatikan feedback dan kritik yang diberikan.

  1. Menggunakan Fitur Khusus TikTok

TikTok memiliki beberapa fitur khusus seperti TikTok Live, TikTok Shop, dan TikTok Ads. Gunakan fitur-fitur tersebut untuk memperluas jangkauan bisnis dan meningkatkan penjualan.

Baca juga: Cara mendapatkan banyak uang dengan mudah

  1. Menyediakan Metode Pembayaran

Dalam cara jualan di TikTok, menyiapkan metode pembayaran adalah hal utama. Pastikan menyediakan metode pembayaran yang mudah dan aman bagi pengguna. Sehingga pengguna merasa nyaman dan percaya untuk bertransaksi dengan Anda.

  1. Mengukur Hasil Penjualan

Terakhir, tetaplah memantau dan mengukur hasil penjualan. Dengan memantau hasil penjualan, dapat dilakukan perbaikan dan penyesuaian untuk meningkatkan penjualan di masa mendatang.

Itulah beberapa cara jualan di TikTok. Penting untuk diingat bahwa keberhasilan berjualan tidak terjadi dalam semalam. Dibutuhkan konsistensi dan kesabaran dalam membangun dan mempromosikan bisnis di platform tersebut.

Beberapa Tips Membuat Konten Jualan di Tiktok

Selain tujuh cara di atas, Anda tentu harus memperhatikan konten jualan yang dipost melalui akun TikTok tersebut dengan beberapa tips berikut ini:

  1. Gunakan Musik: Pilih lagu sesuai dengan produk dijual dan juga lagu populer di TikTok.
  2. Pilih Lokasi Menarik: Lokasi yang menarik bisa membuat konten jualan Anda terlihat lebih menarik dan bisa membuat orang tertarik untuk membeli produk Anda.
  3. Buat Video Menarik: Buat video menarik dengan menggunakan teknik-teknik editing berbeda, seperti slow motion atau fast forward.
  4. Beri Penjelasan: Pastikan untuk memberikan penjelasan yang jelas tentang produk Anda agar orang-orang yang menonton video bisa memahami tentang produk tersebut.
  5. Gunakan Hashtag: Gunakan hashtag relevan dengan produk Anda agar video Anda lebih mudah ditemukan oleh orang-orang yang tertarik dengan produk tersebut.
  6. Berikan Tawaran Menarik: Berikan tawaran menarik seperti diskon atau promo khusus untuk pengguna yang membeli produk Anda.
  7. Bertindak Autentik: Pastikan bahwa gaya pemasaran yang dipilih tetap mencerminkan jati diri Anda dan produk tersebut. Pemasaran kreatif, asli, dan menyenangkan akan lebih diterima oleh audiens.

Ingatlah untuk selalu berkreasi dan memikirkan langkah-langkah baru untuk membuat konten menarik seperti cara jualan di TikTok di atas!


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!