cara mendapatkan uang dari program prakerja

Inilah Cara Mendapatkan Uang dari Program Prakerja Termudah

Cara mendapatkan uang dari program prakerja tentunya harus mendaftar terlebih dahulu sebagai salah satu bentuk keikutsertaan pemerintah kota dalam hal tersebut. Terutama bagi Anda yang gagal pada pemilihan sebelumnya, peserta lolos seleksi akan mendapatkan insentif.

Dana pelatihan sebesar Rp 1 juta akan ditransfer ke rekening atau e-wallet peserta secara langsung. Selain itu, peserta lolos seleksi ke-23 juga akan mendapatkan bonus tunai sebesar Rp600.000 per bulan akan diberikan sebanyak 4 kali. 

Selain prosedur di atas, ternyata ada cara mendapatkan uang dari program prakerja. Seperti pada peserta Kartu Lot 37 bisa mendapatkan tambahan “tunai” senilai Rp 150.000 dengan menyelesaikan survei evaluasi. Jika ada 3 survei kartu yang harus diisi.

Tentunya Anda juga harus mengisi serta diselesaikan sebagai syarat membayar dana tambahan. Ketika 3 survei pemeringkatan diselesaikan, penerima kartu pendahuluan akan menerima insentif sebesar Rp 50.000 untuk satu survei. Insentif akan dikirimkan ke nomor rekening atau e-wallet.

Cara Mendapatkan Uang dari Program Prakerja Bisa Dicairkan

Bagi peserta terpilih paling lambat 14 hari setelah survei selesai, akan segera memperoleh pencairan dana. Kuesioner evaluasi diisi oleh peserta kartu bertujuan untuk memberikan penilaian kepada penyelenggara terhadap semua fasilitas ditawarkan oleh pelatihan yang diikuti.

Skema Kyang Dibuka Pemerintah untuk Pekerja Terdampak Covid-19 ialah untuk menerima notifikasi terpilih. Anda bisa mendapatkan tunjangan kerja sebelumnya dengan mendaftar di website www.prakerja.go.id. Siapapun memenuhi kriteria untuk mengikuti saja.

Cara mendapatkan uang dari program prakerja dipersilakan untuk mendaftar bagi yang sesuai kriteria. Benefit diterima berupa insentif Rp 2,4 juta, kredit pendidikan Rp 1 juta serta penelitian evaluasi Rp 100.000 lalu sebesar Rp 2,4 juta akan diberikan secara bertahap selama empat bulan.

1. Persiapan Syarat Berkasnya Tata Cara Mendapatkan Uang dari Program Prakerja

Sebelumnya harus mempersiapkan berkas terlebih dahulu sebelum lulus untuk penerima berhak menerima Rp 600.000 setiap bulan. Dengan demikian, setiap penerima manfaat menerima total manfaat sebesar Rp3,55 juta. Bisa mendapatkan tunjangan pekerjaan sementara.

Dengan mengikuti petunjuk pertama yaitu, buka www.prakerja.go.id di browser ponsel atau komputer. Siapkan nomor kartu keluarga dan NIK, masukkan data pribadi serta ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan pembuatan akun.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Kursus Desain Grafis Cocok untuk Pemula

Membuat artikel dan bahan tulis untuk motivasi dan tes bakat dasar online. Di gelombang yang akan dibuka, klik “Bergabung”; masukkan alamat email serta kata sandi enam digit, ulangi kata sandi sebagai langkah konfirmasi cara mendapatkan uang dari program prakerja. 

Email konfirmasi akan dikirimkan ke email terdaftar setelahnya. Klik email tersebut dan nama Anda akan resmi terdaftar sebagai peserta. Setelah itu, ikuti setiap langkah opsi untuk mendapatkan uang muka. 

Jika mengalami kesulitan atau kendala dalam melengkapinya, peserta dapat menghubungi program Kartu Pelaksanaan Manajemen. Melalui email ke survey@prakerja.go.id dengan subjek “Survei Ketenagakerjaan”. 

Perlu diketahui bahwa batas waktu pengisian kuesioner evaluasi adalah 30 hari sejak pemberitahuan atau pemberitahuan ke akun muka JobCard. Masyarakat yang belum memiliki akun dapat mendaftar di gelombang berikutnya di website resmi www.prakerja.go.id

2. Sesuaikan Identitas Tertera 

Persyaratan Penerima Program Kartu yang pertama ialah merupakan seorang warga Negara Indonesia (WNI) minimal berusia 18 tahun. Kemudian tidak ada pelatihan formal saat ini, berstatus sebagai pekerja/pegawai sedang mencari pekerjaan yang terkena pemutusan.

Pekerja/pegawai yang membutuhkan keterampilan kerja tambahan, seperti diberhentikan dan tidak bekerja. Termasuk di dalamnya pemilik usaha mikro dan kecil. Bukan penerima bantuan pendapatan lain selama pandemi Covid-19. 

Tidak ada pejabat pemerintah, pimpinan dan anggota DPRD, ASN, prajurit TNI, polisi, kepala desa dan perangkat desa serta direksi/anggota komisi/dewan pengawas di BUMN atau BUMD. Maksimal 2 NIK (Nomor Induk Kependudukan) dalam 1 KK (Kartu Keluarga) kartu prakerja.

Pemerintah secara resmi mengembalikan skema kartu pada 2023. Besaran insentif yang diterima akan meningkat menjadi Rp 4,2 juta dari tahun lalu. Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan tertulis resmi.

Baca juga: 6 Rekomendasi Tempat Kursus Bartender dengan Professional

Selain itu, kata Airlangga, sistem kartu akan diubah dari sistem semi sejahtera (Banso) menjadi sistem normal pada 2023. Dukungan cara mendapatkan uang dari program prakerja lebih berfokus pada peningkatan keterampilan dan produktivitas tenaga kerja.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!