cara menabung 1 juta dalam sebulan

4 Tips Cara Menabung 1 Juta dalam Sebulan Anti Gagal

Bagaimana cara menabung 1 juta dalam sebulan dan pasti berhasil dengan target tersebut? Anda yang sudah ingin mempraktikkannya, tetapi belum juga memulainya dari sekarang. Jika seperti itu, silahkan membaca cara beserta tips dan triknya yang harus diketahui.

Setelah mengetahuinya, Anda bisa segera melakukannya dengan tujuan mencapai target Rp 1 juta dalam sebulan. Bahkan, tidak menutup kemungkinan Anda bisa melampaui targetnya karena mampu menabung lebih dari nominal tersebut.

Selanjutnya, Anda dapat memanfaatkan uang hasil menabung itu untuk kebutuhan sehari-hari. Atau mungkin, ada rencana yang sudah lama ingin diwujudkan hanya karena modal uangnya belum ada. Misalnya, membuka bisnis atau usaha dengan menjual produk tertentu.

Mengenal Cara Menabung 1 Juta dalam Sebulan yang Efektif dan Berhasil

Sekarang, Anda sekalian harus mengetahui tipsnya agar bisa menabung Rp 1 juta dalam sebulan. Tidak banyak orang mampu melakukannya dengan berbagai sebab dan alasan. Padahal kenyataannya pendapatan mereka sebulan cukup besar, tetapi hanya dapat menabung bernominal kecil.

Maka dari itu, Anda yang sudah berniat ingin menabung dengan target sebulan Rp 1 juta harus bisa mempraktikkannya. Bukan hanya karena kebutuhan hidup sehari-hari yang semakin meningkat saja, tetapi juga berlatih untuk menghemat pengeluaran.

Lalu, bagaimana cara menabung 1 juta dalam sebulan yang dijamin efektif dan berhasil? Anda harus membaca detail informasinya berikut.

  1. Mencatat Detail Pengeluaran 

Langkah pertama yang harus Anda lakukan, yaitu mencatat semua pengeluaran secara mendetail. Mulai dari pengeluaran terkecil hingga terbesar yang diperkirakan sangat dibutuhkan selama satu bulan ke depan.

Semua pengeluaran tersebut harus ditebus dengan nominal uang tertentu untuk bisa mewujudkannya. Misalnya, sebulan ke depan Anda membutuhkan uang Rp 100 ribu untuk membeli bahan bakar minyak (BBM) untuk sepeda motor di rumah.

Selain itu, Anda masih harus membeli token listrik, membayar air dari PDAM, beras, kuota internet, gas untuk kompor, dan lain sebagainya. Anda harus mencatat semua kebutuhan tersebut mendetail agar dapat mengetahui pengeluaran uang yang dibutuhkan.

Pencatatannya bisa dilakukan secara manual dengan menulis di buku atau sejenisnya. Atau mungkin, Anda dapat mencatatnya secara digital di gadget yang dimiliki. Jangan lupa untuk menyertakan nominal uangnya dan terakhir dijumlah total pengeluarannya.

Baca juga: Cara menabung 50 juta dalam setahun

  1. Mulai Menghemat Pengeluaran Uang

Cara menabung 1 juta dalam sebulan sekaligus tips berikutnya yang dapat Anda praktikkan, yaitu mulai menghemat pengeluaran. Jangan hanya direncanakan penghematan pengeluarannya saja, tetapi Anda harus bisa melakukannya sendiri.

Memang berat untuk melakukannya di awal karena sangat berkaitan dengan aktifitas serta kebiasaan Anda sehari-hari. Sebagai contoh, Anda yang biasanya membeli token listrik sebesar Rp 200 ribu. Sekarang harus dihemat dengan membeli Rp 100 ribu sebulan.

Mau tidak mau Anda harus mengurangi penggunaan berbagai peralatan listrik di rumah. Mulai dari mesin cuci, kulkas, televisi, hingga lampu. Jadi, semua harus direncanakan, lalu segera mempraktikkannya.

  1. Mulai Menabung

Tips yang satu ini harus Anda lakukan karena sebagai salah satu cara menabung 1 juta dalam sebulan dan dijamin efektif. Namun demikian, Anda tetap harus merencanakan nominal uang yang akan ditabung.

Misalnya, Anda menabung tiap satu minggu sekali, baik di bank, koperasi, atau memasukkannya ke dalam celengan khusus. Jadi, Anda harus menabung sebesar Rp 250 ribu per minggu agar dalam 1 bulan tabungannya mencapai Rp 1 juta.

Anda mendapatkan nominal uang untuk ditabung dari langkah menghemat yang dilakukan. Misalnya, pembelian token listrik, bensin, gas, jajan kuliner di luar, dan lain sebagainya. Silahkan Anda melakukan secara bertahap dan sedikit demi sedikit agar tidak terlalu memberatkan.

  1. Mencari Penghasilan Tambahan

Masih ada cara menabung 1 juta dalam sebulan sekaligus tips yang harus dipraktikkan. Silahkan mencari penghasilan tambahan lainnya di luar pekerjaan utama Anda. Dengan begitu, uang yang berhasil didapatkan dari pekerjaan sampingan tersebut sebagian bisa ditabung.

Tentu saja Anda harus memilih pekerjaan sampingan yang sesuai minat dan bakat, sehingga hasilnya memuaskan. Misalnya, Anda bekerja sebagai jurnalis sebagai wartawan harian memilih pekerjaan sampingan menjadi content writer yang sekarang dibutuhkan.

Beberapa tips menabung diatas silahkan dibaca dan dipahami dulu. Setelah itu, segera praktikkan semua cara menabung 1 juta dalam sebulan tersebut agar hasilnya juga segera dirasakan. Semoga berhasil.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.