10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

tugas dan tanggung jawab SPG

Tugas dan Tanggung Jawab SPG yang Wajib Diketahui

Jika hendak berkarir sebagai Sales Promotion Girl (SPG), maka Anda harus mengetahui apa saja tugas dan tanggung jawab SPG selama bekerja. Hal ini sangat penting, entah masih berada di tahapan rekrutmen atau ketika sudah menjalani profesi ini.

Ketika bekerja, setiap pekerjaan memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing, sama halnya dengan pekerjaan yang banyak berhubungan dengan produk dan calon pelanggan tersebut.

Supaya kinerja maksimal dan karir bisa melesat selama menekuni pekerjaan ini, maka kami telah menyiapkan beberapa informasi penting untuk dijadikan sebagai salah satu referensi ataupun pegangan.

Tugas dan Tanggung Jawab SPG Selama Ia Bekerja

Pada bahasan berikut ini, Anda akan menemukan beberapa informasi mengenai tugas dan tanggung jawab yang harus dimiliki agar dapat terkualifikasi sebagai seorang SPG.

  1. Membantu Koordinator Lapangan Selama Bekerja

Ketika mendirikan stand di sebuah event, maka yang paling banyak berhubungan dengan produk adalah SPG. Maka tugas dan tanggung jawab SPG yang pertama adalah membantu dalam memperhatikan produk tersebut selama acara.

Contohnya adalah dengan membantu mengelola, menata, dan tentu saja menjual produk-produk tersebut.

  1. Mengajak Pengunjung Event untuk Mampir ke Stand

SPG merupakan pekerjaan yang banyak dilakukan selama event-event tertentu dengan banyak pengunjung hadir. Pengunjung-pengunjung tersebut ada yang sejak awal sudah bertujuan untuk mencari produk-produk dari stand ataupun sekadar melihat-lihat saja.

Untuk menarik kedua tipe tersebut, maka SPG berperan penting untuk membuat mereka tertarik ke tempat Anda dibandingkan ke tempat lainnya.

  1. Memberikan Penawaran dan Mengenalkan Produk yang Dijual

Tugas dan tanggung jawab SPG ini adalah kelanjutan dari poin  ke dua di atas, di mana para pengunjung yang datang ke stand diajak untuk melihat-lihat produk. 

Setelah mereka terlihat tertarik, maka SPG akan mengenalkan produk tersebut dan memberikan informasi lengkapnya. Sehingga product knowledge tersebut tersampaikan ke orang-orang tersebut.

  1. Menyampaikan Kelebihan dan Kekurangan dari Barang

Meskipun bertugas untuk mempromosikan produk, namun tugas dan tanggung jawab SPG juga menyampaikan penjelasan sejujurnya mengenai barang tersebut. Ketika ada yang bertanya kekurangan, maka Anda dapat menjelaskannya tanpa terkesan menjatuhkan jualan.

Hal ini penting karena bisa saja ada pengunjung yang  tidak cocok dengan jualan Anda, sehingga dapat membantu mencegah situasi tidak diinginkan.

  1. Menjawab Setiap Pertanyaan dan Komplain Pengunjung

Ketika telah menjelaskan informasi lengkap mengenai produk, bahkan mengenai kekurangannya, beberapa orang masih akan bertanya mengenai hal sama atau informasi lainnya. Walaupun pertanyaan tersebut sudah dijawab, maka silakan diulangi lagi.

Hal ini penting karena banyak orang yang ingin mendapatkan informasi lebih detail atau ingin mengetahui hal baru. Di sini product knowledge juga sangat berperan penting.

Begitu juga apabila pengunjung memberikan komplain, maka silakan dijawab sebaik-baiknya tanpa tersulut emosi.

  1. Membantu Konsumen Mendapatkan Produk Sesuai Kebutuhan

Apabila memasarkan beragam jenis produk, maka tugas dan tanggung jawab SPG ini harus dilakukan untuk membantu konsumen. Anda perlu memastikan setiap potensial pembeli bisa menemukan produk sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.

Oleh karena itu, pastikan untuk bertanya dengan detail dan bantu menawarkan berbagai opsi produk untuk dapat dipilih oleh orang tersebut. Jika membantu seperti ini, maka peluang produk untuk laris lebih terbuka lebar.

  1. Melakukan Pencatatan Terhadap Transaksi Penjualan

Jika berhasil membantu konsumen menemukan kebutuhan mereka dan sesuai akhirnya berbelanja, maka Anda akan melakukan transaksi dengan orang tersebut. Setelah transaksi selesai, jangan lupa untuk mencatat setiap penjualan pada buku atau software khusus.

Hal ini mempermudah untuk menghitung besaran transaksi harian atau total selama penjualan berlangsung.

  1. Menjalankan Setiap Perintah dari Atasan dengan Maksimal

Setiap atasan atau pemilik produk memiliki kebijakan tersendiri mengenai prosedur kerja. Agar semua berjalan baik sesuai briefing, maka pastikanlah untuk menjalankannya sesuai dengan perintah.

  1. Menjaga Kebersihan dari Area Stand

Ketika berada di event besar, maka lalu-lintas pengunjung ke dalam stand akan semakin besar, sehingga kemungkinan area tersebut kotor atau berantakan juga meningkat. 

Agar tempat bekerja nyaman, maka ketika keadaan tidak terlalu ramai, rapikanlah kembali area tersebut karena merupakan salah satu tugas ketika bekerja.

  1. Mencapai Target dari Perusahaan

Tentu saja, mencapai target dari perusahaan tempat bekerja adalah hal mutlak. Oleh karena itu usahakanlah untuk bisa mencapainya.

Semua tugas dan tanggung jawab SPG tersebut jika dilakukan dengan maksimal, maka akan membuat kinerja semakin meningkat.

Bagikan Artikel: