10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

tips menjadi SPG profesional

Tips Menjadi SPG Profesional Supaya Kinerja Maksimal

Apabila Anda baru saja diterima sebagai SPG (Sales Promotion Girl) atau baru memiliki ketertarikan untuk terjun ke bidang ini,  maka tips menjadi SPG profesional merupakan salah satu bekal informasi yang perlu diketahui. Hal tersebut sangat penting, karena pekerjaan ini tidak mudah jika belum menguasai.

Anda diharuskan untuk mempromosikan suatu jasa atau barang serta berhadapan dengan banyak orang yang memiliki karakter berbeda-beda. Terkadang hal tersebut bisa menjadi kendala atau permasalahan jika SPG tersebut tidak mampu menghadapi tantangan-tantangan tersebut.

Untuk membantu Anda agar siap kerja dan dianggap memiliki profesionalisme yang tinggi, maka kami sudah mempersiapkan beberapa tips untuk diikuti pada artikel berikut ini.

Tips Menjadi SPG Profesional di Tempat Kerja

Jika mampu menjadi seorang pekerja profesional, maka peluang karir untuk melesat akan semakin besar. Anda akan dijadikan sebagai salah satu aset perusahaan dan dipertahankan, atau bahkan bisa mendapatkan kenaikan gaji.

Beberapa tips menjadi SPG profesional yang dapat Anda ikuti antara lain:

  1. Mempunyai Kemampuan Mumpuni Mengenai Segala Informasi Produk

Product knowldege atau pengetahuan mengenai produk yang akan dipromosikan kepada calon klien adalah hal fundamental untuk Anda kuasai. Ketika berada di event-event, para pengunjung akan mampir ke berbagai stand dan penasaran mengenai informasi produk.

Maka tugas dari Sales Promotion Girl adalah memberikan informasi yang dibutuhkan dengan menggunakan bahasa umum agar dipahami oleh pengunjung. Hal itu karena tidak semua orang memiliki pengetahuan dasar mengenai produk yang Anda promosikan.

Apabila tidak mengikuti tips menjadi SPG profesional pertama, maka Anda akan kesulitan dan gagap dalam menjelaskannya. Jika demikian, maka pengunjung akan ragu-ragu dan tidak berminat lagi tahu lebih banyak.

  1. Usahakan Agar Bisa Selalu Tersenyum

Salah satu hal yang membuat orang mau datang ke stand produk Anda adalah karena keramahan penjaganya. Dalam hal ini, salah satu indikasi awal adalah dengan adanya senyuman dari sales tersebut.

Hal ini akan memberikan kesan ramah dan profesional kepada pengunjung, karena pertama kali mereka hanya melihat bagaimana sikap Anda, belum mendengarkan seperti apa intonasi atau pembawaan ketika menjelaskan.

Jika selalu tersenyum, mereka akan lebih tertarik berkunjung. Oleh karena itu selalu latihlah senyum kepada orang lain. Usahakan agar mood tidak mempengaruhi profesionalitas ketika bekerja.

  1. Menghilangkan Sikap Malas dan Menggerutu

Tips menjadi SPG profesional ketiga ini sangat tepat bagi Anda, apabila termasuk orang yang sering menggerutu ketika mengerjakan sesuatu dan saat tidak dapat mencapai ekspektasi. Terlebih jika ketika bekerja sering malas-malasan, maka kurangilah sejak sekarang.

Kedua hal tersebut berpotensi terjadi ketika seseorang merasa lelah dan tidak mencapai targetnya. Motivasi pun menurun, sehingga Anda hanya menggerutu dan duduk sambil menanti pelanggan agar datang. 

Padahal tindakan ini malah akan membuat semakin berkurangnya orang datang ke stand Anda. Naikkan lagi semangat dan “jemput” para pelanggan agar mampir.

  1. Selalu Sediakan Tester di Sekitar Stand

Tester merupakan salah satu hal esensial yang akan dipersiapkan oleh produsen dari produk yang Anda promosikan. Gunanya adalah untuk menarik pelanggan, di mana mereka akan diajak untuk mencoba produk, memberikan tanggapan, maupun saran.

Bagi SPG, tester dapat membantu untuk menjelaskan dengan lebih mudah mengenai produknya karena pengunjung dapat merasakan langsung. Informasi produk juga akan tersampaikan dengan lebih detail.

Maka pada tips menjadi SPG profesional ini, pastikan untuk menjaga ketersediaan dari tester agar dapat membantu kinerja dan membuat para pengunjung paham sehingga berpotensi untuk membeli produk atau jasa yang dipromosikan.

  1. Jangan Sering Menggunakan HP Ketika Bekerja

 Tidak dipungkiri bahwa saat ini HP merupakan salah satu benda yang tidak dapat lepas dari pemiliknya. Saat merasa bosan di tengah bekerja, Anda mungkin memainkan HP karena merasa sedang sepi atau tidak ada pengunjung.

Namun pastikan bahwa penggunaannya tidak berlebihan, karena bisa saja tanpa sadar penggunanya keasyikan hingga lupa dengan pekerjaan. Misalnya saat ada orang mengunjungi stand, Anda malah menjelaskan produk sambil main HP atau tidak sadar ada pengunjung,

Hal tersebut bisa membuat mereka merasa enggan dan mengurungkan diri untuk melanjutkan transaksi.

Jika Anda mengikuti semua tips menjadi SPG profesional di atas, maka performa dan hasil pekerjaan ke depan akan lebih maksimal ke depannya.

Bagikan Artikel: