operator packing adalah

Operator Packing Adalah dan Tanggung Jawabnya di Perusahaan

Operator packing adalah salah satu profesi umum di sebuah perusahaan. Seperti anda ketahui bahwa packing merupakan proses pengepakan atau pengemasan barang. 

Produk akan dikemas sedemikian rupa dengan menggunakan bahan material tertentu. Tujuannya adalah membuat produk menjadi lebih rapi dan menarik serta terhindar dari kerusakan.

Seperti diketahui bahwa terkadang proses distribusi memang bisa merusak barang. Operator packing adalah bagian tidak terpisahkan dari tim produksi dari pabrik tertentu

Secara umum, profesi ini akan bekerja dengan bagian finishing atau penyelesaian akhir sebuah produk. Berikut adalah detail pekerjaan tersebut. 

Fungsi Operator Packing adalah Berikut Ini 

Sebuah pabrik atau perusahaan tentu memiliki alasan mengapa posisi tersebut diperlukan. Peran utama Mereka adalah menjaga kualitas serta jumlah produk dari perusahaan. 

Ini karena kemasan yang baik akan berpengaruh pada hasil marketing. Secara lebih lanjut, tugas serta tanggung jawab seorang operator packing adalah sebagai berikut:

1. Menerima barang dari bagian produksi 

Tugas ini merupakan salah satu yang paling umum. Jadi operator Packing akan menerima barang dari bagian produksi untuk selanjutnya dikemas dengan baik. 

Pembungkusan harus sesuai dengan Standard yang berlaku pada masing-masing pabrik. Packing sendiri ada beberapa jenis dan manakah yang dipakai tentu bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

2. Mengecek kualitas barang 

Selain menerima dari bagian produksi, mereka juga harus memastikan bahwa produk tersebut lolos uji kualitas. Artinya tidak ada satupun barang yang cacat atau rusak. 

Meski ada bagian quality control, tapi operator packing masih harus tetap melakukannya. Mereka diharuskan mengecek kembali kualitas dan keadaan barang sebelum akhirnya dikemas sedemikian rupa. 

Ini karena konsumen akan merasa tidak percaya atau kecewa apabila nantinya mereka menerima barang yang rusak. Tentu hal tersebut bisa mempengaruhi penjualan dan citra perusahaan. 

3. Cek sheet pada mesin pengepakan

Selam itu, operator packing adalah bagian yang harus memeriksa apakah keperluan pengemasan sudah lengkap atau belum. Langkah ini ternyata sangat mempengaruhi hasil akhir nantinya. 

Pengaturan akan dilakukan secara rutin sehingga nantinya mesin terhindar dari kerusakan parah. Seperti Anda ketahui bahwa kerusakan parah juga berarti biaya tinggi untuk perbaikan. 

Barang yang sudah dikemas tetap harus di cek lagi apakah masih ada yang salah, kurang rapi, dan lain sebagainya. Tujuannya tentu adalah memastikan sekali lagi bahwa semua produk sudah memenuhi Standard mutu. 



4. Mengemas Barang 

Ini menjadi tugas paling utama tentu saja. Semua tahapan pengemasan harus dilaksanakan dengan hati-hati dan sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan oleh kantor. 

Biasanya, pengemasan atau packing dapat dilakukan memakai mesin, bahkan juga manual. Semua bisa disesuaikan dengan bagaimana kondisi serta kebutuhan sebuah perusahaan. 

5. Menyimpan barang yang sudah dipacking 

Pada akhirnya, posisi ini juga harus menata dan menyimpan barang yang sudah dikemas secara baik. Menata barang harus dilakukan sesuai dengan prosedur. 

Kerapian sangat penting sehingga tidak akan ada produk yang rusak, tidak terlalu banyak memakan tempat, dan membuat proses pemindahan barang menjadi lebih mudah. 

Seringkali barang akan dipilah berdasarkan warna dan ukuran. Ini juga menjadi salah satu tugas dan tanggung jawab yang tidak bisa dipisahkan.

6. Membersihkan Tempat yang Dipakai

Salah satu tugas operator packing adalah membersihkan tempat kerja atau area yang dipakai. Maksudnya adalah agar seluruh karyawan bisa merasa nyaman. 

Selain itu hal ini juga penting dalam rangka menghemat waktu. Tempat yang sudah rapi akan membuat karyawan bisa langsung bekerja keesokan harinya. 

Lalu, biasanya Anda juga harus membuat laporan kerja dari seluruh proses. Semuanya berhubungan dengan berapa jumlah produk yang sudah dipacking, kualitas, dll. 

Skill yang Dibutuhkan 

Menjadi seorang yang bekerja pada bagian ini memang tidak sulit, tapi juga tidak mudah. Tetap saja ada beberapa skill atau keterampilan yang sebaiknya anda kuasai. 

Kemampuan utama yang harus Anda miliki tentu saja adalah harus gesit serta mempunyai ketahanan badan yang baik. Ini karena operator pengemasan seringkali harus berdiri selama berjam-jam. 

Mereka berdiri sambil melakukan pekerjaan yang memang menjadi bagiannya. Jika badan tidak memiliki ketahanan yang prima, maka tentu saja pekerjaan bisa terlambat. 

Selain itu, perhatikan syarat lain dari perusahaan misalnya tentang umur, pendidikan, pengalaman kerja, dll. Tentu saja profesi sebagai seorang operator packing adalah profesi yang penting. 


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!