Beli Kelas Dapat Sertifikat Skill, 3X Wawancara, & Template CV!

laptop untuk desain grafis

Standar Laptop untuk Desain Grafis yang Lancar Jaya

Memilih laptop untuk desain grafis tidak bisa sembarangan, apalagi jika Anda bekerja di bidang visual tersebut. Guna menunjang optimalisasi kerja, piranti jadi aspek krusial yang dipikirkan matang-matang dan menjadi prioritas utama.

Pertimbangkan betul-betul jenis laptop yang akan Anda beli. Jika perlu, menabung khusus untuk membeli laptop idaman tersebut. Peralatan yang suportif akan meningkatkan produktivitas kerja secara langsung.

3 Aspek Utama dalam Memilih Laptop untuk Desain Grafis

Berkompromi pada spesifikasi perangkat keras berarti Anda mungkin mengalami kinerja yang kurang memuaskan. Jika Anda hendak membeli laptop untuk desain grafis, perhatikan hal-hal berikut ini agar tidak asal memilih laptop yang sekadar “cantik” saja namun juga dengan keunggulannya.

  1. CPU Kelas Atas dan RAM yang Progresif

Menggunakan laptop berperforma buruk bisa menyakitkan, terutama saat Anda mengerjakan perangkat lunak grafis yang berat. Ambil contoh, permodelan 3D atau CAD. Anda perlu merender model dan pemandangan yang sangat besar, yang menghabiskan banyak waktu.

Memiliki prosesor yang baik dan RAM yang cukup adalah kriteria utama memilih laptop untuk desain grafis. Minimal prosesor Intel Core i5, khususnya generasi teranyar. Sejauh rendering berjalan lancar, memiliki lebih banyak inti pada prosesor bisa sangat membantu.

Beberapa model Core i5 entry-level mungkin hanya memiliki 2 core, jadi perhatikan baik-baik. Jika Anda memiliki pilihan untuk memilih laptop yang menjalankan prosesor AMD, lihat seri A8 atau A10.

Setidaknya, RAM 8GB harus memadai tetapi memiliki opsi untuk memutakhirkan adalah opsi yang ideal. RAM relatif murah, dan Anda dapat memutakhirkannya nanti, saat Anda merasa perlu.

Jika Anda seorang profesional, Anda dapat memilih antara prosesor seri Intel Core i7 dan AMD FX. AMD juga memiliki jajaran prosesor A12, tetapi mungkin sulit ditemukan. Carilah laptop untuk desain grafis dengan RAM 16GB jika memungkinkan.

Sekali lagi, perluasan memori adalah poin penting. Jika Anda mempertimbangkan MacBook Pro, opsi yang lebih terjangkau dengan layar 15 inci, gunakan prosesor seri Intel Core i5. Jika anggaran tidak menjadi kendala, model 17 inci menjalankan prosesor quad-core Intel Core i7 yang lebih mumpuni.

  1. Kartu Grafis Jadi Prioritas

Banyak orang berasumsi bahwa kartu grafis hanya untuk bermain game, tetapi kartu grafis sangat penting buat laptop untuk desain grafis. Hampir semua paket populer saat ini memanfaatkannya dengan baik.

Jika Anda menyukai desain dan lukisan 2D, perangkat lunak berjalan lebih lancar, dan mampu menangani proyek yang rumit dengan bantuan kartu grafis. Disarankan memiliki kartu grafis kelas menengah.

Perangkat lunak permodelan 3D benar-benar membutuhkan kartu grafis. Proyek biasanya berisi wire-mesh yang mendetail dan tekstur masif yang sulit ditangani oleh solusi grafis terintegrasi. Semua ini ditampilkan dengan baik, pada kartu grafis yang bagus.

Oleh karena itu, diperlukan perangkat keras yang lebih kuat. Lihatlah seri 10 GPU GeForce NVIDIA terbaru seperti GTX 1060, GTX 1070 atau GTX 1080, idealnya. Pilih GPU Radeon seri R9 jika Anda mencari hal yang ciamik dari AMD.

  1. Kapasitas Memori Besar

Umumnya, ada dua tipe penyimpanan pada laptop, yakni SSD dan hard disk. Hard drive lebih terjangkau, tetapi lebih lambat dari solid state drive. Sementara itu, SSD jauh lebih mahal dan tersedia dalam ukuran terbatas.

Jika Anda sedang mengerjakan proyek pengeditan 3D dan video yang masif, lihat kapasitasnya terlebih dahulu. Sebagian besar laptop datang dengan hard drive 500GB atau 1TB. Memilih laptop dengan HDD 1TB seharusnya lebih dari cukup.

Dengan kapasitas sebesar itu, laptop Anda sudah cukup kuat untuk menginstal semua perangkat lunak perancangan dan menyimpan proyek. Prosesor juga akan bekerja lebih lancar dalam bermanuver.

SSD memang lebih cekatan dalam hal rendering sehingga pekerjaan Anda bisa lebih efisien. Hal ini tentunya akan membuat produktivitas Anda meningkat. Menggarap pekerjaan jadi lebih gesit dan prolifik.

Banyak lagi faktor yang menentukan kualitas desain grafis dari laptop. Namun, ketiga aspek di atas adalah hal-hal yang jadi prioritasnya. Pastikan Anda memperhitungkan tiga hal tersebut sebelum membeli laptop untuk desain grafis.

Bagikan Artikel: