Apa Itu Helper Gudang?

Apa Itu Helper Gudang? 20+ Tugas Utama Hingga Gaji Tahun 2023

Helper gudang memang menjadi salah satu profesi yang memiliki prospek cerah dimasa mendatang. Dengan adanya Pertumbuhan e-commerce, Globalisasi & Otomatisasi membuat profesi ini semakin dibutuhkan.

Menurut data dari Statista, nilai pasar e-commerce global diproyeksikan tumbuh dari $4.928,1 miliar pada tahun 2022 menjadi $6.385,8 miliar pada tahun 2023, dengan pertumbuhan tahunan rata-rata (CAGR) sebesar 25,5%.

Pertumbuhan ini akan mendorong peningkatan permintaan akan jasa pengiriman barang, yang membutuhkan tenaga kerja helper gudang.

Selain itu , meskipun segalanya telah dilakukan secara otomatisasi. Namun, helper gudang tetap dibutuhkan untuk menjalankan tugas-tugas yang tidak dapat digantikan oleh mesin.

Seperti pekerjaan bongkar muat barang, pengepakan, dan pemeriksaan kualitas barang. Lantas apa itu profesi helper gudang?

Apa Itu Helper Gudang?

Jika merajuk pada Pusat Pelatihan Kerja, helper gudang adalah profesi atau pekerja yang membantu kegiatan operasional gudang, seperti penerimaan barang, penyimpanan barang, dan pengiriman barang.

Sementara itu, para Ahli Logistik menyimpulkan jika helper gudang adalah pekerja yang bertanggung jawab untuk memastikan kelancaran proses logistik di gudang.

Yang dapat diartikan juga jika, Helper gudang adalah pekerja yang membantu tugas-tugas di gudang. Tugas-tugas tersebut dapat berupa bongkar muat barang, pengepakan, penyimpanan, dan pengiriman barang.

Helper gudang bertanggung jawab untuk memastikan bahwa barang yang diterima dan dikirim dalam kondisi baik dan sesuai dengan pesanan.

Helper gudang juga bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan dan keamanan gudang.

Tugas Helper Gudang

Tugas helper gudang sangat beragam dan dapat berubah tergantung pada kebutuhan perusahaan.

Helper gudang harus memiliki keterampilan dan pengetahuan yang memadai akan pergudangan untuk menjalankan berbagai tugas yang diberikan.

Namun secara umum, tugas helper gudang antara lain:

  • Mengoperasikan peralatan gudang, seperti forklift, truk, dan peralatan pengemasan.
  • Menyimpan barang di gudang dengan rapi dan aman, mengoptimalkan penggunaan ruang gudang, dan melakukan rotasi barang.
  • Membantu pekerjaan supervisor, seperti menyusun jadwal kerja, membuat laporan, dan melakukan pelatihan kepada karyawan baru.
  • Menjalankan tugas administrasi, seperti mengisi dokumen, membuat label, dan mencetak dokumen.
  • Menjaga keamanan gudang, seperti memastikan pintu dan jendela selalu terkunci, dan melaporkan adanya kerusakan atau pelanggaran keamanan.
  • Menangani pengembalian dan pengembalian barang dari pelanggan, seperti memeriksa kondisi barang, memproses pengembalian, dan melakukan tindak lanjut dengan pelanggan.
  • Menyiapkan barang untuk dikirim, memproses pesanan pengiriman, dan mengirimkan barang ke pelanggan.
  • Membongkar barang yang diterima dari pemasok, mengepak barang untuk dikirim ke pelanggan, dan memastikan barang dikemas dengan aman.
  • Memeriksa kualitas dan kuantitas barang yang diterima, mencatat data barang masuk, dan menyimpan barang di tempat yang sesuai.
  • Mencatat jumlah barang yang ada di gudang, memeriksa keakuratan data stok, dan melaporkan kekurangan atau kelebihan stok.
  • Menangani masalah dan keluhan pelanggan, seperti menjawab pertanyaan, menyelesaikan masalah, dan melakukan tindak lanjut dengan pelanggan.
  • Menangani inventaris dan pemeliharaan gudang, seperti menghitung stok barang, memeriksa kondisi barang, dan melakukan perbaikan atau penggantian peralatan.
  • Mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka, seperti mengikuti pelatihan, mengikuti kursus, atau membaca buku dan artikel tentang pergudangan.
  • Mengembangkan dan menerapkan prosedur baru untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas
  • Membantu dengan proyek khusus, seperti renovasi gudang atau peluncuran produk baru.
  • Menjadi perwakilan perusahaan untuk pelanggan atau pemasok.
  • Pada industri Manufaktur, seorang helper gudang harus dapat diandalkan untuk proses produksi, seperti assembling, packing, dan labelling.
  • Berbeda pada industri ritel, seorang helper gudang juga bertanggung jawab untuk barang untuk dipajang di toko serta membantu pelanggan mengambil barang.

Skill yang Harus Dikuasai Helper

Dilansir dari penelitian yang dilakukan oleh Zippia, dimana beberapa orang yang berprofesi sebagai helper selalu mencantumkan skill berikut dalam cv lamaran kerja yang mereka buat, skill tersebut antara lain:

1. Penataan Palet Gudang

Penataan Palet adalah kemampuan yang paling sering di tampilkan dalam cv helper gudang, terbukti dari 18,2% helper selalu mencantumkan hardskill ini dalam cv mereka.

Kemampuan penataan palet sendiri memang sangat dibutuhkan dalam dunia pergudangan.

Menurut trans track sendiri dengan penataan palet gudang yang baik, dapat meningkatkan efesiensi penyimpanan serta mempermudah proses muat dan pengangkutan.

Dimana Dalam CV yang Anda buat, Anda dapat mencantumkan beberapa keterampilan berikut:

  • Memuat dan membongkar peralatan dan material palet untuk memastikan pesanan diselesaikan sesuai standar perusahaan.
  • Menjaga lingkungan kerja yang aman dan bersih dengan menjaga rak, area palet, dan tempat kerja tetap rapi.
  • Menempatkan palet tertutup di area luapan dan lokasi kosong agar tidak hilang.
  • Mengecilkan palet pembungkus, diberi label dengan nama klien dan disimpan hingga klien menjadwalkan janji pengambilan.
  • Menumpuk/dibungkus kembali kelebihan surat suara dengan pembungkus plastik ke dalam palet, diisi setiap palet dengan fork lift.


2. Pengoperasian Hand Pallet atau Pallet jack

Keterampilan lain yang umumnya wajib dikuasai oleh helper gudang adalah pallet jack atau hand pallet. Dimana dari survey yang dilakukan, 16,5% helper gudang memiliki skill tersebut yang dicantumkan dalam cv mereka.

Dengan keterampilan ini, seorang helper gudang dapat dengan efektif memindahkan barang dari satu tempat ketempat lainnya. Untuk itu, skill ini juga sangat dipenting untuk dikuasai oleh seoarang helper.

Untuk Anda yang berprofesi sebagai helper gudang, Anda dapat mencantumkan keterampilan ini dengan point:

  • Meningkatkan produktivitas tim bongkar muat sebesar 10% dengan menerapkan prosedur baru untuk menggunakan dongkrak palet.
  • Menghemat biaya perusahaan sebesar Rp 50 juta dengan mengurangi jumlah kerusakan palet.
  • Mampu menggunakan dongkrak palet manual untuk mengangkat dan memindahkan palet dengan aman dan efisien.
  • Membantu menyimpan, memuat, membongkar barang makanan untuk didistribusikan menggunakan dongkrak palet dan lift bak truk.

3. Pemahaman akan aturan keselamatan

Soft skill pemahaman aturan keselamatan atau k3 ini hampir dimiliki oleh 7,9% helper yang mengisi survey tersebut. Dimana skill k3 sendiri merupakan skill yang wajib dikuasai oleh seorang helper.

Dalam perundang undangan sendiri, aturan keselamatan kerja berfungsi untuk mencegah terjadinya kecelakaan dan sakit akibat kerja, selain itu juga turut memberikan perlindungan pada sumber-sumber produksi sehingga dapat meningkatkan efiensi dan produktivitas.

Hal ini penting karena dengan skill k3 tersebut, seorang helper akan memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja dirinyanyang akan berdampak pada output dan motivasi kerja.

Dalam CV, Anda dapat menuliskan seperti berikut:

  • Memiliki komitmen untuk keselamatan dan memahami pentingnya mengikuti prosedur yang tepat.
  • Memastikan lingkungan kerja yang bersih dan aman
  • Memiliki tanggung jawab untuk menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan gudang

4. Keterampilan Mengisi Pesanan

Mengisi pesanan adalah salah satu keterampilan terpenting yang mesti dikuasai oleh seorang helper gudang.

Helper gudang akan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa pesanan pelanggan dipenuhi dengan benar dan tepat waktu.

Karena pada dasarnya Pelanggan mengharapkan pesanan mereka tiba dengan tepat waktu dan lengkap.

Helper gudang yang memiliki keterampilan pengisian pesanan yang baik dapat membantu memastikan bahwa pelanggan puas dengan layanan gudang.

Untuk menampilkan keterampilan ini pada CV, Anda dapat memberikan point seperti ini:

  • “Saya memenuhi pesanan rata-rata 500 item per hari dengan akurasi 99%.”
  • “Saya mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi pesanan sebesar 20% dengan menerapkan prosedur baru.”
  • “Saya memecahkan masalah dan menemukan solusi untuk memenuhi pesanan yang kompleks.”

5. Keterampilan CDL Atau Surat Izin Mengemudi Komersial

CDL atau Surat Izin Mengemudi Komersial adalah lisensi yang dikeluarkan oleh Departemen Perhubungan yang mengizinkan seseorang untuk mengemudikan kendaraan komersial berat.

Kendaraan komersial berat termasuk truk, bus, dan kendaraan berat lainnya yang digunakan untuk transportasi barang atau orang.

Seorang helper gudang harus memiliki keterampilan ini karena banyak pekerjaan gudang memerlukan pengemudi untuk mengangkut barang ke dan dari gudang.

Helper gudang dengan keterampilan CDL akan dapat dengan mudah memenuhi kualifikasi untuk pekerjaan-pekerjaan ini.

Selain itu, keterampilan ini juga dapat meningkatkan peluang kerja dan gaji yang lebih tinggi. Pasalnya, Banyak perusahaan lebih suka mempekerjakan pembantu gudang yang memiliki CDL.

Hal ini dikarenakan seorang helper gudang dengan kemampuan CDL akan membantu meningkatkan keselamatan. Mereka dapat mengemudikan kendaraan komersial berat dengan aman, yang dapat membantu mengurangi risiko kecelakaan.

Anda dapat memasukan keterampilan CDL ini dalam CV dengan menyebutkan:

  • Memiliki Surat Izin Mengemudi Komersial (CDL) Kelas B yang berlaku untuk mengemudikan truk hingga 6.000 pound.
  • Memiliki pengalaman 5 tahun dalam mengemudikan berbagai jenis truk komersial, termasuk truk box, truk flatbed, dan truk tangki.

6. Inventaris Gudang

Keterampilan Inventaris gudang adalah proses menghitung dan melacak barang-barang yang disimpan di gudang.

Ini adalah tugas penting yang membantu perusahaan memastikan bahwa mereka memiliki jumlah barang yang tepat yang tersedia untuk memenuhi permintaan pelanggan.

Keterampilan inventaris gudang sangat penting bagi helper gudang karena helper gudang menjadi orang yang bertanggung jawab untuk menghitung dan melacak inventaris.

Selain itu, Keterampilan inventaris gudang yang baik dapat membantu helper gudang memastikan bahwa barang-barang disimpan dengan aman dan efisien.

Selain itu, keterampilan ini akan menguntungkan perusahaan karena dengan keterampilan helper gudang ini dapat mencegah kesalahan dan kehilangan stok yang tersedia dalam gudang.



Jenjang Karir Seorang Helper Gudang

Seorang helper gudang juga memiliki jenjang karir yang akan berkaitan dengan jabatan yang akan diemban dimasa mendatang. Hal ini tentu akan berkaitan dengan pendapatan dan keterampilan yang mesti dikuasai.

Berikut jenjang karir dari seorang helper gudang:

1. Helper Gudang

Pada tahap ini, helper gudang bertanggung jawab untuk melakukan tugas-tugas dasar di gudang, seperti membantu dalam penerimaan dan pengiriman barang, mengatur dan menyimpan barang di gudang serta memindahkan barang di gudang.

Untuk menjadi helper gudang, biasanya Anda hanya membutuhkan lulus dari jenjang sekolah menengah Atas.

Namun, Beberapa perusahaan juga mungkin memerlukan pengalaman kerja atau sertifikasi yang relevan, seperti sertifikasi Sertifikat Keamanan OSHA.

2. Operator Mesin Umum

Pada tahap ini, helper gudang dapat mengembangkan keterampilannya untuk mengoperasikan mesin dan peralatan di gudang.

Tugas Anda sebagai helper di jengjang ini juga dapat mencakup lebih teknis seperti mengoperasikan forklift, truk, dan peralatan lain untuk mengangkut barang, menggunakan peralatan pengemasan untuk mengemas dan mengemas barang serta menggunakan peralatan pemrosesan untuk memproses barang.

Untuk menjadi operator mesin umum, Anda biasanya membutuhkan pengalaman kerja sebagai helper gudang dan sertifikasi yang relevan, seperti sertifikasi Inspektur Keselamatan dan Forklift.

3. Operator Pengemasan

Pada tahap ini, helper gudang dapat mengembangkan keterampilannya dalam pengemasan barang.

Tugas Anda adalah memilih bahan kemasan yang tepat untuk berbagai jenis barang. Anda juga di tuntut untuk dapat membungkus, mengemas, dan mengemas barang dengan aman dan efisien.

Anda juga diminta untuk memeriksa barang yang dikemas untuk memastikan kualitas dan akurasi.

Untuk menjadi operator pengemasan, Anda biasanya membutuhkan pengalaman kerja sebagai helper gudang dan sertifikasi yang relevan, seperti sertifikasi Inspektur Keselamatan dan Forklift.

4. Petugas Pencatatan Material

Pada tahap ini, helper gudang dapat mengembangkan keterampilannya dalam pencatatan material.

Dalam jenjang karir ini, Anda sebagai helper harus dapat menerima dan memproses pesanan yang ada, Anda juga dituntut untuk menjaga catatan inventaris, melacak barang yang dikirim dan diterima serta memastikan bahwa barang disimpan dengan aman dan efisien.

Untuk menjadi petugas pencatatan material, Anda biasanya membutuhkan pengalaman kerja sebagai helper gudang dan sertifikasi yang relevan, seperti sertifikasi Sertifikat Keamanan OSHA.

5. Supervisor Gudang

Pada tahap ini, helper gudang dapat menjadi supervisor gudang. Tugas Anda juga akan semakin kompleks, Anda dituntut untuk memimpin dan mengawasi tim helper gudang, menjadwalkan dan mengalokasikan tugas serta memastikan kelancaran operasi gudang.

Untuk menjadi supervisor gudang, Anda biasanya membutuhkan pengalaman kerja yang signifikan sebagai helper gudang dan sertifikasi yang relevan, seperti sertifikasi Sertifikat Keamanan OSHA dan sertifikasi Supervisor Gudang.

6. Manajer Gudang

Pada tahap ini, helper gudang dapat menjadi manajer gudang. Sebagai manajer, Tugas Anda sebagai helper tentu akan berubah dan berbeda. Dimana Anda juga di tuntut untuk memimpin dan mengelola tim supervisor gudang, menentukan kebijakan dan prosedur gudang & Mengelola anggaran gudang.

Untuk menjadi manajer gudang, Anda biasanya membutuhkan pengalaman kerja yang signifikan sebagai supervisor gudang dan sertifikasi yang relevan, seperti sertifikasi Sertifikat Keamanan OSHA, sertifikasi Supervisor Gudang, dan sertifikasi Manajer Gudang.

Dimana Helper Bekerja Dan Bagaimana Peluang Kerja Seorang Helper Gudang?

Menurut Warehousing And Fulfillment peluang kerja helper gudang masih sangat terbuka lebar. Terlebih lagi dengan kemajuan industri e commerce di Indonesia yang terbilang sangat pesar.

Dimana jika berkaca dari data yang dibagikan oleh Databook, tingkat pertumbuhan tahunan e commerce di indonesia menyentuh angka 20% pada tahun 2022.

Walaupun di tahun 2023 pertumbuhanan tahunan tersebut cenderung melambat hingga hanya menyentuh angka 7%.

Namun tetap saja pertumbuhan industri e commerce di Indonesia masih sangat menjanjikan. Hal ini lah yang akan peluang kerja dari profesi helper gudang akan terus berkembang.

Tangkapan layar grafik pertumbuhan industri ecommerce dari Databook

Lantas dimana helper gudang dapat bekerja? Secara umum seorang helper gudang akan bekerja di gudang. Selain di gudang, helper gudang juga bisa bekerja di perusahaan yang menggunakan banyak persediaan atau bahan mentah.

Perusahaan-perusahaan tersebut biasanya memiliki gudang sendiri untuk menyimpan persediaan atau bahan mentah mereka.

Berikut adalah beberapa contoh perusahaan yang bisa mempekerjakan helper gudang:

  • Perusahaan manufaktur
  • Perusahaan ritel
  • Perusahaan logistik
  • Perusahaan e-commerce
  • Perusahaan pertanian
  • Perusahaan pertambangan

Rata-Rata Gaji Helper di Indonesia

Dari beberapa data yang telah dirangkum, rata rata gaji helper di Indonesia berkisar antara Rp3.810.000 sampai Rp12.446.789

Angka tersebut didapat dari beberapa sumber yang sebelumnya telah melakukan survei kepada pekerja helper gudang yang telah bekerja di Indonesia.

Dimana dalam survey yang dilakukan oleh Economic Research Institute, gaji rata-rata helper gudang di Indonesia adalah Rp10.673.365 per bulan. Dimana kisaran gajinya berada di angka Rp 8.056.381 sampai Rp12.446.798.

Berbeda dengan observasi yang dilakukan oleh TalentUp, dimana dari 189 responden didapatkan rata-rata gaji helper gudang di Indonesia perbulannya menyentuh anga Rp6.483.641.

Dijakarta sendiri, rata rata gaji seorang Helper gudang adalah Rp3.810.000 menurut observasi yang dilakukan oleh Glassdoor.

Referensi:

  • Economic Research Institute, Warehouse Worker Salary in Indonesia,Diakses pada tahun 2023
  • Nabilah Muhamad, Proyeksi Pertumbuhan E-Commerce Indonesia menurut Google, Diakses pada tahun 2023
  • Rifky Setyarso, Kesehatan dan Keselamatan Kerja itu Penting, Diakses pada tahun 2023
  • Zippia, WAREHOUSE HELPER SKILLS FOR YOUR RESUME AND CAREER, Diakses pada tahun 2023
  • Nur Wachda Mihmidati, Apa Saja Fungsi, Ukuran, Jenis, dan Cara Penataan Palet Gudang?,Diakses pada tahun 2023

Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!