Cari Kerja dan Cari Cuan untuk Bahagiakan Keluarga

gaji desain grafis

Buka-Bukaan Rata-Rata Gaji Desain Grafis Profesional

Besaran gaji desain grafis mungkin akan membuat sebagian orang heran. Hal ini karena standar penghasilan yang ada dinilai tidak sesuai dengan kerja mereka yang cuma utak-atik menggambar di perangkat lunak saja.

Jika Anda bekerja sebagai seorang desainer grafis, Anda perlu paham tentang standar gaji yang sesuai dengan kapabilitas Anda. Membuat karya seni sebagai mata pencaharian tentu merupakan gaya hidup yang menarik, tetapi penting untuk mempertimbangkan ekspektasi finansialnya.

Berikut Gaji Desain Grafis Pemula

Jadi, berapa gaji rata-rata jika menjadi seorang desainer grafis? Seorang desainer dengan pengalaman menengah menghasilkan rata-rata antara $45.000 dan $55.000 di AS. Anda tidak harus bekerja langsung di sana, bisa juga dengan cara bekerja lepas.

Lebih jauh, gaji desainer grafis dapat berfluktuasi antara sekitar 30K dan 80K. Jangan lupa bahwa itu hanya rata-rata untuk “seniman grafis”. Gaji juga dapat bervariasi secara signifikan tergantung pada spesifikasi bidang desainnya.

Untuk gaji desain grafis pemula, dengan pengalaman kurang dari 2 tahun, sebenarnya sudah cukup bagus. Kriteria yang termasuk kelompok ini adalah para pekerja lepas, baru saja lulus dari sekolah desain, atau baru memulai perusahaan atau firma desain.

Desainer dalam kisaran ini biasanya mahir dalam beberapa program desain, tetapi belum mengasah gaya mereka atau memiliki “nama” di dunia profesional. Di sebuah perusahaan, Anda akan mengharapkan para desainer ini menerima instruksi reguler dari seorang penyelia.

Salary.com memperkirakan gaji desain grafis secara tahunan kisaran $49.000 (atau sekitar $24 per jam). Sementara itu, situs lain yaitu PayScale.com memperkirakan gaji tahunan di angka $40.000 (atau sekitar $20 per jam).

Gaji Desain Grafis yang Berpengalaman

Anda dapat mengharapkan desainer dengan jam terbang yang tinggi untuk memiliki portofolio lengkap yang mencerminkan kemahiran dan gaya pribadinya. Sebagai pekerja lepas, mereka sering memiliki situs web yang dibuat secara profesional dengan praktik dan ketentuan yang jelas untuk keterlibatan pekerja lepas.

Di perusahaan, mereka biasanya akan memiliki keterampilan tambahan seperti membangun tim dan komunikasi. Desain grafis model ini akan membutuhkan lebih sedikit instruksi dari penyelia sehingga jauh lebih efektif walaupun jelas lebih mahal.

Salary.com memperkirakan gaji desain grafis dengan pengalaman antara 2—5 tahun ini bisa mencapai $57.000 (atau sekitar $27 per jam). Sementara itu, PayScale.com memperkirakan gaji standar gaji tahunan seorang desainer mendekati $45.000 (atau sekitar $22 per jam).

Pada level selanjutnya, pengalaman lebih dari 5 tahun, Anda dapat mengharapkan desainer berpengalaman yang sudah malang melintang dan paham benar dunia kerjanya. Sering kali juga memegang posisi desainer grafis senior di sebuah perusahaan yang akan mengelola tim desainer.

Dengan pengalaman yang sudah terbukti, insting yang dimiliki pun tokcer tiada tara. Memahami benar tentang kemajuan teknologi dalam desain, perubahan tren di dunia desain, dan tetek-bengek cara mendesain secara efektif untuk target demografis tertentu.

Salary.com memperkirakan gaji tahunan untuk kategori desainer ini sekitar 71K (atau sekitar $34 per jam). Sementara itu, PayScale.com memperkirakan gaji desain grafis kategori ini mendekati $51.000 (atau sekitar $25 per jam).

Spesifikasi Profesi Desain Grafis dan Gaji Rata-Ratanya

Untuk mempersempit perkiraan gaji ini sedikit lebih jauh, kita perlu mempertimbangkan peran yang berbeda dalam bidang desain grafis. Perhatikan beberapa perkiraan standar gaji desain grafis berdasarkan spesifikasinya berikut:

  1. Magang Desain Grafis – $25,291
  2. Desainer Grafis – $38,310
  3. Desainer Grafis Senior – $55,149
  4. Desainer Senior – $83,312
  5. Direktur Seni – $76.602
  6. Direktur Kreatif – $108,833
  7. Desainer Instruksional – $60,294
  8. Desainer Web – $61.970
  9. Desainer Visual – $77,109
  10. Desainer UX – $89.061
  11. Desainer UI – $80,712

Dari perkiraan ini, Anda dapat mulai melihat bahwa kenaikan gaji tidak hanya dari pengalaman, tetapi juga dari persyaratan keahlian dan tingkat tanggung jawab. Semakin banyak pengalaman Anda maka akan semakin tinggi tarif orang membayar jasa Anda.

Yang terpenting, fokuslah pada pengembangan kualitas kompetensi yang ada dalam diri Anda. Seiring berjalannya waktu, lebarkan juga kemampuan Anda, jangan hanya berkutat pada hal-hal teknis saja. Faktor-faktor inilah yang terakumulasi menentukan besaran gaji desain grafis yang layak Anda peroleh.

Bagikan Artikel:

About The Author