gaji asisten manager

Gaji Asisten Manager, Tugas, dan Skill yang Dibutuhkan

Gaji asisten manager merupakan salah satu perbincangan menarik mengingat banyaknya peminat akan posisi tersebut. Selain itu, Anda juga perlu tahu bahwa profesi ini memiliki jenjang karier yang menjanjikan.

Gaji setiap profesi sendiri tentu mempertimbangkan tugas dan tanggung jawab mereka. Begitupun saat menjadi asisten manager, mereka bekerja sesuai dengan tugasnya dan dibayar tergantung kebijakan perusahaan tempat bekerja.

Posisi pekerjaan ini juga bisa dikatakan sebagai sebuah latihan untuk menjadi seorang manajer. Hal tersebut dikarenakan pada beberapa perusahaan, posisi tersebut dijadikan wakil dari seorang manager.

Ini Dia Kisaran Gaji Asisten Manager

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai besaran bayarannya, ada baiknya untuk memahami terkait profesi ini sendiri. Sesuai namanya, assistant manager adalah orang yang membantu manager dalam melakukan pekerjaannya.

Berada dalam posisi tersebut berarti siap untuk menggantikan pekerjaan seorang manager saat dibutuhkan atau bisa disebut sebagai tangan kanan. Oleh karena itu, tidak heran jika dibutuhkan skill mumpuni bagi seseorang yang berminat menduduki posisi tersebut.

Skill tersebut dibutuhkan sebagai penunjang dari tugas yang akan diberikan nantinya. Adapun skill-skill tersebut diantaranya adalah:

  • Leadership atau Kepemimpinan
  • Komunikasi
  • Problem Solving
  • Time Management
  • Penguasaan terhadap Software 

Gaji asisten manager sendiri berkisar pada angka Rp 5.500.000 sampai Rp 12.000.000 tergantung pada kebijakan perusahaan dan kemampuannya. Tidak hanya gaji, biasanya juga terdapat tunjangan lain seperti BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Apa Saja Tugasnya Seorang Asisten Manager?

Selain membantu manager, seorang asisten juga memiliki tugas lain yang tidak kalah penting. Berikut ini adalah beberapa tanggung jawab dan tugas dari seorang assistant manager:

  1. Melakukan Penyusunan Rencana bersama Manajer

Gaji asisten manager yang bisa dibilang lumayan ini tentu tidak didapatkan dengan mudah. Salah satu tugas yang perlu mereka jalankan adalah menyusun rencana beserta strategi. 

Sebagai contoh, misalnya Anda merupakan asisten dari manajer di bidang pemasaran. Maka, Anda perlu membuat penyusunan strategi dan rencana demi untuk peningkatan skala perusahaan.

  1. Memastikan Jalannya Operasional Perusahaan

Tugas lainnya adalah memastikan jalannya operasional perusahaan agar sesuai dengan yang diharapkan. Meskipun begitu, pengelolaan operasional ini akan dilakukan berdasarkan arahan dari manajer itu sendiri.

  1. Mendukung Kinerja Manajer

Gaji asisten manager yang bisa dibilang cukup besar ini tentu memiliki tanggung jawab besar di dalamnya. Sebagai asisten, mereka memiliki ruang lingkup termasuk mengelola keuangan, operasional, karyawan, dan sebagainya.

Tetapi, untuk perusahaan kecil biasanya assistant manager juga akan dibebani tanggung jawab lebih. Biasanya tugas lain tersebut seperti:

  • Membangun kenyamanan dalam lingkungan kerja
  • Melakukan perekrutan karyawan baru
  • Membuat strategi untuk mengembangkan kinerja karyawan
  • Mengawasi sistem keuangan perusahaan
  • Merencanakan kegiatan operasional
  • Berkomunikasi dengan baik bersama klien ataupun karyawan
  • Mengawasi dan mengevaluasi kerja karyawan
  1. Mampu Berkomunikasi dengan Baik

Sebagai perantara antara atasan dan karyawannya, dibutuhkan komunikasi yang baik untuk menempati posisi ini. Mereka harus ramah, supel, dan mengerti apa yang dibutuhkan para pekerja di sana.

Tanggung jawab untuk mengkomunikasikan apa yang dibutuhkan ini akan sepadan dengan gaji asisten manager itu sendiri. Apalagi jika jumlah yang harus dihandle juga tergolong banyak.

Baca juga: Berapa gaji pegawai bioskop? Berikut gajinya!

  1. Membantu Manajer saat Berhalangan Hadir

Tugas selanjutnya adalah menggantikan peran seorang manajer saat dibutuhkan. Misalnya saja saat manajer sedang menghadiri acara tertentu tapi di sisi lain harus hadir pada suatu rapat. Maka asisten dapat menggantikannya atas izin dari manajer.

Tips Agar Lolos Seleksi Assistant Manager

Setelah mengetahui tugas dan gaji asisten manajer, pasti beberapa dari Anda akan merasa lebih tertarik lagi akan pekerjaan ini. Untuk Anda yang berminat tetapi kebingungan apa saja yang dapat dilakukan, maka beberapa tips saat wawancara ini bisa membantu. 

  • Berwibawa, sopan, dan menarik saat wawancara
  • Menjawab pertanyaan wawancara dengan bahasa yang baik dan benar
  • Tetap terlihat tenang 

Selain itu, pastikan untuk menentukan platform melamar kerja yang sesuai dan dapat dipercaya saat melamar secara online. Dengan begitu, peluang juga akan menjadi lebih besar.

Informasi terkait profesi menarik di atas dapat menjadi gambaran saat Anda ingin terjun dalam bidang tersebut. Belum lagi gaji asisten manager ini memang bisa dibilang menggiurkan karena untuk pemulanya saja tergolong besar.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!