Data entry adalah

Apa Itu Data Entry? Segala Hal yang Perlu Anda Ketahui Ada Disini!

Pekerjaan sebagai seorang data entry adalah salah satu pekerjaan yang banyak diminati karena terkesan cukup mudah untuk dilakukan. Tetapi tentunya Anda harus menguasai berbagai macam hal demi menjadi seorang data entry yang baik.

Jasa dari seorang data entry atau ahli informasi sangat dibutuhkan diberbagai bidang bisnis, mulai dari bisnis makanan, properti, pakaian, dan lain sebagainya. Peran mereka sangat dibutuhkan untuk mencatat berbagai informasi mulai dari penjualan, pembelian, dan lain-lain.

Pastinya Anda penasaran bukan hal apa saja perlu Anda kuasai untuk menjadi seorang data entry yang baik? Untuk itu Anda bisa menyimak pembahasan lengkapnya di bawah ini mengenai hal tersebut.

Pengetahuan Mengenai Data Entry Adalah

Pekerjaan sekarang ini ada banyak sekali macamnya, mulai dari berniaga, membuka jasa, sampai dengan menjadi seorang content creator pada suatu platform sosial media. Berbagai macam pekerjaan tersebut membutuhkan ketekunan dalam menjalaninya agar bisa menghasilkan keuntungan.

Dalam menjalani suatu pekerjaan pastinya akan ada saja tantangan dan juga halangan. Jika tidak tekun dalam menjalaninya maka Anda hanya akan menyerah di tengah jalan dan tidak melanjutkan bisnis selama ini sudah direncanakan.

Salah satu pekerjaan yang diminati oleh banyak orang karena job desk yang tidak terlalu sulit adalah data entry. Apakah Anda sudah mengetahui pengertian dari data entry adalah? Jika belum maka Anda bisa menyimak informasi lengkapnya di bawah ini.

Data entry adalah sebuah pekerjaan hampir selalu ada pada setiap perusahaan. Posisi ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan karena memiliki tugas yaitu memproses informasi dan memastikan informasi tersebut akurat serta tersimpan dengan baik.

Informasi yang mereka simpan tentunya sangat bervariasi, mulai dari informasi karyawan, rekap bulanan, pengeluaran bulanan, dan masih banyak lainnya. Semua informasi tersebut diproses dan diolah dengan baik oleh seorang ahli informasi demi tercatatnya berbagai pencapaian milik perusahaan.

Tanpa adanya ahli informasi suatu perusahaan tentunya akan kesulitan dalam menentukan keuntungan sampai dengan kerugian dialami suatu perusahaan. Oleh sebab itu tidak heran kalau posisi ini dicari oleh banyak perusahaan dengan pendapatan bulanan yang tidak sedikit.

Apakah Anda juga tertarik untuk menjadi seorang data entry? Untuk menjalani pekerjaan ini ada beberapa hal perlu terlebih dahulu Anda kuasai. Dengan begitu Anda bisa menjadi seorang ahli informasi yang baik dan menguntungkan bagi perusahaan.

Baca juga: Apa itu konselor? Orang Psikologi pasti tau profesi ini

Cara Menjadi Seorang Data Entry yang Baik

Setiap pekerjaan pastinya memiliki sebuah tugas yang wajib untuk dilakukan demi terlaksananya suatu bisnis demi mendapatkan keuntungan. Begitu juga dengan data entry atau ahli data yang memiliki tugas sebagai berikut.

  1. Mengoperasikan komputer

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya pada pembahasan Data entry adalah, pekerjaan ini mewajibkan Anda untuk memiliki skill dan kemampuan yang baik dalam mengoperasikan komputer. Hal ini tentunya untuk semakin mempermudah Anda dalam memasukan, mengedit, dan juga menghapus informasi.

Data yang dikonversikan dari konvensional ke digital oleh seorang ahli informasi biasanya tidaklah sedikit. Jadi jika Anda tidak bisa bekerja dengan cepat maka beban pekerjaan Anda akan semakin menumpuk dan bisa membuat stress.

  1. Komunikasi yang baik

Seorang ahli data juga harus memiliki skill komunikasi yang baik terutama dengan partner kerja dari divisi lain. Dengan begitu jika ternyata ada informasi tidak sesuai maka Anda bisa mendiskusikannya dengan partner kerja yang bersangkutan.

Ahli data mungkin akan menjadi orang paling sering bersinggungan dengan rekan kerja dari divisi lain. Sebab informasi mereka catat biasanya bersifat menyeluruh dan dalam skala besar seluruh perusahaan seperti dalam pembahasan Data entry adalah.

  1. Perhatian pada detail

Meskipun terlihat sebagai pekerjaan sangat mudah untuk dilakukan, tetapi pada kenyataannya seorang ahli informasi adalah orang yang sangat teliti dan ulet. Sebab jika mereka salah memasukan satu angka saja, maka bisa jadi semua informasi tersebut akan salah.

Jadi jika Anda merupakan orang yang tidak sabaran, serta tidak teliti maka pekerjaan ini bukan pekerjaan cocok untuk Anda. Tetapi Anda bisa mempelajarinya agar bisa menjadi seorang ahli informasi yang baik dan berpengalaman.

Selain itu Anda juga akan dituntut untuk melakukan pekerjaan dengan cepat dan tepat agar tidak terjadi kesahalan. Semua pembahasan ini hanya akan Anda dapatkan di dalam pembahasan Data entry adalah pada kesempatan kali ini


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!