contoh managemen customer service yang buruk

Contoh Managemen Customer Service yang Buruk

Contoh managemen customer service yang buruk harus dipelajari dengan baik. Tujuannya agar para konsumen tetap bisa mendapatkan kenyamanan layanan dan juga perusahaan tidak mengalami kerugian atas perginya konsumen yang merasa dirugikan, hal ini sangat penting.

Sebuah managemen layanan akan sangat berdampa besar bagi perusahaan dan pelanggannya. Anda harus bisa mengantisipasi hal ini akan perusahaan tetap dapat keuntungan besar sesuai dengan ketentuan. Salah satu cara membuat konsumen tetap nyaman adalah membuat survey.

Managemen customer service merupakan sebuah strategi dalam membuat bisnis mengalami peningkatan layanan atas kepuasan pelanggan. Sehingga bisnis bisa mendapatkan keuntungan yang baik. Contoh managemen customer service yang buruk bisa dipahami dengan baik. 

Hal ini sangat penting dijalankan oleh sebuah bisnis. Mengingat, hampir semua perusahaan memiliki customer service untuk bagian pelayanan para pelanggan. Setiap pelayanan harus menggunakan strategi tertentu. Tujuannya agar para pelanggan merasakan kenyamanan.

Contoh managemen customer service yang buruk dapat dijadikan bahan pertimbangan agar para team cs pada perusahaan Anda tidak melakukan hal tersebut. Cara mengetahui hal tersebut bisa dilihat dari penilaian yang biasa diberikan oleh para konsumen. 

Contoh Managemen Customer Service yang Buruk

Terdapat berbagai contoh dalam managemen cs yang buruk. Kami juga akan memberikan solusinya, agar Anda tidak kebingungan untuk memberikan hasil terbaik dari evaluasi tersebut. Perlu diingat, bahwa hal ini akan sangat berdampak besar bagi perusahaan. 

  1. Mengabaikan Masukan Pelanggan

Beberapa pelanggan yang merasa tidak nyaman dengan layanan yang diberikan pastinya akan memberikan saran maupun kritik agar perusahaan dapat berjalan lebih baik. Namun, hal ini seringkali menjadi salah paham customer service, ada beberapa masukan yang sengaja diabaikan begitu saja. 

Solusi yang bisa diterapkan agar perusahaan bisa menjadi lebih baik adalah dengan mempertimbangkan saran yang diberikan. Tulislah semua saran maupun kritik dari para customer, dan jadikan hal tersebut sebagai bahan pertimbangan serta evaluasi agar bisa berjalan lebih baik kedepannya. 

  1. Tidak Langsung Memberik Respon

Perlu menjadi perhatian, bahwa kebanyakan masalah yang dihadapi oleh para pelanggan harus direspon dengan cepat. Contoh managemen customer service yang buruk dapat dilihat dari respon mereka yang tidak cepat dan cenderung memberikan kesulitan bagi para konsumennya. Hal ini wajib diperhatikan. 

Solusi terbaiknya tentu saja dengan memastikan saluran pada komunikasi bisnis bisa aktif dalam waktu 24 jam setiap harinya. Percepat respon bisa digunakan dalam live chat atau whatsapp chatbox. Jangan biarkan customer menunggu terlalu lama, karena akan sangat berdampak pada penjualan. 

  1. Memberikan Informasi yang Salah

Menjadi seorang customer service tentu saja tidak bisa sembarangan. Apalagi jika bekerja untuk perusahaan besar yang sudah berkembang dengan baik. Memberikan informasi yang salah akan berdampak sangat fatal bagi para customer dan juga keuntungan perusahaan. 

Para pelanggan akan merasakan kecewa dan marah atas informasi keliru yang diberikan. Solusinya adalah bekali team CS dengan produk knowledge dengan baik. Hal ini akan sangat berguna untuk menjawab setiap keresahan yang dirasakan oleh para konsumen yang membeli produk Anda. 

Baca juga: Cara membuat penilaian KPI customer service

  1. Tidak mampu Menggunakan Tools

Perlu dicatat, bahwa tidak menggunakan tools yang tepat menjadi salah satu aspek keliru yang sering dilakukan oleh para customer service dalam menggunakan berbagai alat seperti aplikasi maupun software. Tanpa adanya alat tersebut, tentu saja team akan merasakan kesulitan. 

Solusi yang bisa digunakan untuk permasalahan yang satu ini tentu saja adalah menggunakan tools yang tepat. Gunakan setiap aplikasi maupun software yang sudah biasa digunakan oleh perusahaan tempat Anda bekerja. Perlu diperhatikan bahwa jangan sampai keliru dengan hal ini.

  1. Etika Customer Service

Terdapat banyak sekali keberagaman sifat manusia. Biasanya, sifat menjengkelkan bisa ikut terbawa ke tempat kerja, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan memberikan evaluasi dan trainer terlebih dahulu sebelum CS beralih untuk menanggapi berbagai konsumen dengan baik. 

Anda bisa langsung menerapkan beberapa hal tersebut, agar perusahaan dan pekerjaan bisa berjalan dengan lancar. Perhatikan setiap keluhan yang disampaikan oleh customer. Beberapa contoh managemen customer service yang buruk serta solusinya bisa dipelajari dan dipahami dengan baik.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!