cara menjadi pns

Bagaimana Cara Menjadi PNS di Indonesia? Berikut 10 Panduannya untuk Anda!

Dalam wacana pekerjaan di Indonesia, pertanyaan seputar “Apa itu PNS?” dan “Bagaimana cara menjadi PNS?” sering kali muncul. Profesi Pegawai Negeri Sipil atau PNS merupakan salah satu profesi bergengsi dan menjanjikan di tanah air. Dengan penghasilan stabil dan tunjangan menggiurkan, banyak individu yang berusaha untuk meraih peluang bergabung sebagai PNS.

Namun, menjadi PNS bukanlah hal yang mudah. Prosesnya melibatkan berbagai ujian dan seleksi ketat yang harus dihadapi sebelum dapat menjadi bagian dari institusi pemerintahan. Tugas-tugas yang diemban oleh seorang PNS pun beragam, mulai dari administrasi hingga interaksi langsung dengan masyarakat. Tantangan dan hambatan juga tak jarang muncul dalam menjalankan tugas-tugas ini.

Jika Anda tertarik untuk meniti karir sebagai PNS, penting untuk memahami lebih dalam mengenai dunia PNS. Memahami proses seleksinya serta wawasan akan tugas yang akan diemban merupakan langkah penting sebelum melangkah lebih jauh. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara mendalam mengenai apa itu PNS dan bagaimana cara menjadi PNS.

Apa Itu PNS?

Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah individu yang memenuhi syarat tertentu dan diangkat sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) oleh pejabat kepegawaian untuk menduduki posisi dalam pemerintahan. Definisi ini dapat ditemukan dalam UU No. 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Negara.

PNS bekerja dalam berbagai instansi pemerintah dan merupakan bagian dari ASN. ASN meliputi beragam jenis pegawai, dengan PNS sebagai salah satu jenisnya. Menurut Badan Kepegawaian Negara (BKN), hingga tanggal 30 Juni 2022, terdapat sekitar 4.344.552 PNS, dengan mayoritas (77%) bekerja di instansi daerah dan sisanya (23%) di instansi pusat. Namun, bagaimana seseorang bisa menjadi PNS?

Baca juga: Cara Menjadi Polwan, 5 Langkah Sederhana yang Dapat Dipersiapkan Lebih Awal!

Cara Menjadi PNS dengan Mudah

Proses untuk menjadi seorang PNS melibatkan serangkaian tahapan yang harus diikuti. Berikut adalah panduan langkah-demi-langkah yang dapat Anda ikuti untuk meraih impian menjadi PNS.

1. Memahami Lingkup Profesi

Langkah pertama yang sangat penting dalam cara menjadi PNS adalah memahami dengan baik apa yang menjadi lingkup profesi seorang PNS. Ini termasuk pemahaman tentang tugas-tugas yang akan Anda emban dan gambaran umum tentang ritme kerjanya. Memiliki wawasan yang jelas akan membantu Anda memutuskan apakah profesi ini sesuai dengan minat dan kualifikasi Anda.

2. Menentukan Bidang yang Disukai

PNS memiliki beragam bidang spesialisasi. Penting untuk memilih bidang yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda. Ingatlah bahwa menjadi PNS bukan hanya soal pekerjaan, tetapi juga akan menjadi bagian dari perjalanan hidup Anda, jadi pastikan Anda memilih bidang yang sesuai dengan passion Anda.



3. Memperkuat Mental

Perjalanan menjadi PNS bukanlah yang mudah. Persaingan ketat dan tantangan dalam menjalankan tugas memerlukan kesiapan mental yang kuat. Memperkuat mental melalui pembelajaran, pembinaan diri, dan sikap pantang menyerah sangatlah penting.

4. Tingkatkan Pendidikan Anda

Meskipun peluang menjadi PNS terbuka untuk berbagai jenjang pendidikan, memiliki tingkat pendidikan yang lebih tinggi dapat meningkatkan peluang Anda. Gelar sarjana, magister, atau doktor dalam bidang yang relevan dapat memberikan nilai tambah pada aplikasi Anda.

5. Pantau Informasi CPNS

Proses penerimaan CPNS tidak selalu berlangsung setiap tahun. Penting untuk selalu memantau informasi terkini mengenai penerimaan CPNS di berbagai instansi pemerintah. Pahami jadwalnya dan persyaratan yang dibutuhkan.

6. Manfaatkan Bimbingan CPNS

Karena persaingan yang ketat, mengikuti bimbingan persiapan tes CPNS bisa menjadi langkah cerdas. Bimbingan ini akan membantu Anda memahami format tes, strategi menjawab, dan memberikan pelatihan khusus untuk meningkatkan performa Anda dalam seleksi.

7. Daftar Pendaftaran CPNS

Ketika proses penerimaan CPNS dibuka, daftarkan diri Anda sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Pastikan Anda memahami persyaratan dan tahapan pendaftaran dengan baik. Jangan lewatkan deadline pendaftaran dan pastikan semua dokumen diperlukan telah lengkap.



8. Memenuhi Persyaratan

Pastikan Anda memenuhi semua persyaratan yang ditentukan dalam pengumuman penerimaan CPNS. Setiap bidang atau instansi mungkin memiliki persyaratan yang sedikit berbeda, jadi pastikan Anda memeriksanya dengan cermat.

9. Melalui Serangkaian Tes

Proses seleksi CPNS melibatkan berbagai tahapan tes seperti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), psikotes, wawancara, dan lainnya. Persiapkan diri dengan baik untuk setiap tahap tes, termasuk latihan soal dan simulasi wawancara.

10. Doa dan Upaya

Terlepas dari semua upaya yang Anda lakukan, ingatlah bahwa takdir juga memainkan peran. Tetap berdoa agar usaha Anda membuahkan hasil yang baik. Jika menjadi PNS adalah jalur yang terbaik untuk Anda, segala hal akan berjalan sesuai rencana.

Baca juga: Cara Menjadi Copywriter untuk Pemula, Memulai dengan Ketekunan dan Kreativitas Tanpa Batas!

Menjadi seorang PNS adalah impian bagi banyak orang di Indonesia. Meskipun prosesnya tidak mudah, dengan persiapan yang matang dan komitmen yang kuat, Anda memiliki peluang untuk mewujudkannya. 

Memahami tahapan dan persyaratan yang diperlukan serta selalu meningkatkan pengetahuan tentang dunia PNS akan memberikan Anda keunggulan dalam perjalanan ini. Jadi, jika Anda memang bercita-cita menjadi PNS, mulailah persiapan dan perjalanan Anda menuju karir yang prestisius ini!


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!