cara menjadi customer support

Cara Menjadi Customer Support dalam Perusahaan

Untuk memberikan pelayanan terbaik, penting untuk setiap perusahaan mengetahui cara menjadi customer support yang baik. Customer support atau dukungan pelanggan akan bersama pelanggan dari awal melalui demo penggunaan produk dan menjawab pertanyaan-pertanyaan.

Customer support sendiri merupakan kegiatan dalam rangka memberikan pelayanan kepada pelanggan terkait produk dalam perusahaan terkait. Tetapi, perlu diketahui bahwa posisi ini berbeda dengan customer service.

Jika customer service berperan ketika klien membutuhkan bantuan, customer support lebih berperan sebagai teman. Sejak awal pengenalan produk sampai masalah terkait produk tersebut akan didampingi oleh customer support.

Cara Menjadi Customer Support yang Baik 

Bagi Anda yang tertarik dengan bidang ini dan masih awam pasti membutuhkan arahan bagaimana melakukan pekerjaan ini dengan baik. Oleh karena itu, di bawah ini merupakan beberapa tips untuk menjadi seorang customer support

  1. Penuhi Kualifikasi

Hal utama dari segalanya adalah mengetahui apa saja kualifikasi yang dibutuhkan dalam pekerjaan ini. Beberapa kualifikasi khusus biasanya akan menjadi bahan pertimbangan penting dalam posisi ini.

Salah satunya adalah menguasai software akuntansi. Mereka yang memiliki skill ini biasanya akan lebih dilirik karena dapat membantu dalam jobdesknya. 

Selain itu soft skill dalam memecahkan masalah juga diperlukan, terutama saat menghadapi keluhan pelanggan. Apalagi jika Anda memang pernah berpengalaman menjadi customer support sebelumnya, pasti pertimbangannya juga akan semakin besar.

  1. Merespon Secepat yang Anda Bisa

Cara menjadi customer support yang baik salah satunya adalah selalu merespon pelanggan dengan cepat. Pasti Anda pernah mendengar istilah bahwa pelanggan adalah raja. Sehingga, respon cepat dapat memberikan pengaruh terhadap permintaan produk dari pelanggan.

Respon yang lambat akan cenderung membuat klien merasa kecewa. Jika terus berlanjut, tidak menutup kemungkinan klien akan pindah ke lain hati.

  1. Berkomunikasi dengan Baik

Komunikasi merupakan salah satu softskill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang customer support. Menjadi customer support ini penting untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan saat memiliki pertanyaan terhadap produk Anda. 

Selain itu, klien baru biasanya membutuhkan arahan terkait apa-apa saja yang tersedia dan bagaimana karakter dari produknya. Disinilah skill komunikasi juga dibutuhkan untuk membutuhkan Anda dalam menjalankan tugas dalam pekerjaan ini. 

  1. Kuasai Produk

Bagaimana mungkin Anda dapat memberikan arahan kepada pelanggan jika penguasaan produknya saja masih kurang. Oleh karena, untuk menjadi seorang customer support yang baik adalah dengan menguasai setiap produk atau jasa dalam perusahaan.

  1. Yakinkan Pelanggan

Salah satu tugas dari profesi ini adalah mampu meyakinkan pelanggan. Cara menjadi customer support ini dilakukan baik saat melakukan pengarahan ataupun saat menawarkan perpanjangan langganan.

  1. Sabar

Pekerjaan ini membutuhkan kesabaran, terutama dalam melayani pelanggan. Biasanya terdapat beberapa pelanggan yang memiliki pertanyaan lebih dari satu. Belum selesai satu pertanyaan, mereka sudah menanyakan hal lain lagi.

Namun, Anda harus tetap memberikan pelayanan yang terbaik. Oleh karena itu, kesabaran dan ketulusan dibutuhkan untuk memberikan dukungan pelanggan.

  1. Jadilah Pendengar yang Baik

Cara menjadi customer support berikutnya adalah menjadi pendengar baik bagi pelanggan. Tidak hanya sabar, jika Anda berada pada posisi ini maka jadilah pendengar yang baik. Dengan begitu pertanyaan dan keluhan klien dapat diselesaikan dengan baik.

  1. Hormati Pelanggan 

Selain sikap respon positif, jangan lupa untuk selalu menghormati klien. Hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk menunjukkan rasa hormat adalah seperti:

  • Selalu mendengarkan terlebih dahulu
  • Jangan memotong pembicaraan klien
  • Jangan melakukan hal lain di luar kepentingan klien
  • Jawab pertanyaan klien dengan jelas dan mudah dimengerti
  • Perhatian nada bicara agar klien merasa dihargai
  1. Berikan Kesan Perpisahan yang Baik

Setelah serangkaian pelayanan yang diberikan, cara menjadi customer support yang baik terakhir adalah mendapatkan penilaian terbaik dari pelanggan. Buatlah pelanggan senang dan tinggalkan kesan positif dalam penyelesaian masalah.

Perlu Anda ketahui bahwa tugas dari profesi ini bukanlah main-main dan membutuhkan kesungguhan. Dukungan kepada klien untuk jenis bisnis apapun akan membangun kepercayaan dan loyalitas.

Pelayanan ini dapat memberikan return dari produk suatu perusahaan. Hal tersebut akan membantu perusahaan mengetahui masalah mereka untuk diperbaiki kedepannya. Sehingga, dukungan pelanggan memang penting dan sangat dibutuhkan.

Pembahasan terkait cara menjadi customer support di atas perlu Anda terapkan dengan baik untuk nantinya terbiasa dengan sendirinya. Dan pada akhirnya Anda akan memberikan dukungan pelanggan secara maksimal.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!