branch manager adalah

Branch Manager Adalah Pimpinan Anak Cabang dan Tugasnya

Sesuai dengan namanya, branch manager adalah salah satu jabatan yang ada di dalam sebuah perusahaan. Terutama untuk perusahaan yang memiliki cukup banyak anak cabang dan tersebar di berbagai daerah. 

Sekilas mungkin Anda berpikir apakah tanggung jawab kerjanya hampir sama dengan manajer pada umumnya. Secara garis besar memang sama, halnya saja secara garis besar BM biasanya bekerja di kantor cabang. 

Branch Manager Adalah, dan Berbagai Serba Serbi Lainnya

Seperti yang sudah Anda ketahui, dalam perusahaan besar biasanya akan didukung dengan beberapa jabatan manajer dengan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Terkait dengan branch manager, berikut penjelasannya. 

  1. Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Branch Manager

Sebelum membahas lebih jauh tentang tugas, tanggung jawab, hingga gaji. Sebaiknya ketahui terlebih dahulu pengertian dari jabatan satu ini. Dengan begitu makin mudah untuk mengenali tanggung jawabnya sekaligus hal lainnya.

Pengertian pertama bisa dilihat dari definisinya, dimana branch manager adalah seorang manajer yang bekerja di kantor cabang sebuah perusahaan. Jadi semua hal yang berkaitan di kantor tersebut jadi tanggung jawabnya. 

Segala informasi terkait dengan kondisi di cabang serta kinerja dari para karyawan wajib dilaporkan ke pusat. Pasalnya lingkup kerjanya cenderung kecil ketika dibandingkan dengan kantor pusat. 

Posisi ini cenderung akan lebih mudah berbaur dengan semua karyawan lainnya. Jadi tidak heran apabila terkenal sebagai posisi atasan yang bersahabat dan lebih dekat dengan para bawahan lainnya. 

Dari sini maka bisa diambil kesimpulan jika branch manager adalah posisi yang cukup diuntungkan. Pasalnya lebih mudah dalam memantau para karyawan. Sehingga kinerja setiap bawahan bisa terlihat jelas. 

Baca juga: Apa itu profesi admin logistik? Admin logistik adalah…

  1. Tugas dan Tanggung Jawab yang Diemban

Meskipun berada di kantor cabang, ternyata tugas dari seorang BM bisa dibilang ada cukup banyak. Bahkan kantor cabang tersebut akan menjadi tanggung jawabnya sepenuhnya. Berikut beberapa tugas tersebut:

  • Memahami pola kerja dari para karyawan, sehingga semakin mudah mengetahui cara untuk memperlakukan bawahannya dengan baik agar tercapai target
  • Mencapai target untuk satu perusahaan cabang.
  • Melaporkan ke perusahaan pusat sesuai tenggat waktu yang telah disepakati atau biasanya setiap satu bulan sekali
  • Pemantauan kinerja para karyawan.
  • Pemantauan prosedur kinerja, biasanya akan dimulai dari produksi, kualitas, distribusi, penjualan, serta hal lain yang berkaitan dengan barang
  • Melakukan inovasi produk dari perusahaan cabang.

Mampu menyelesaikan masalah apabila terjadi konflik pada perusahaan cabang, baik itu konflik yang terjadi di antara para karyawan ataupun jenis konflik lainnya.

  1. Skill dan Keterampilan yang Perlu Dimiliki

Branch Manager adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab cukup besar dalam sebuah perusahaan cabang. Oleh sebab itu diharuskan memiliki berbagai macam skill serta keterampilan yang bisa mendukung kinerjanya.

Bagi Anda yang ingin menempati posisi tersebut maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu skill maupun keterampilan ini. Dengan begitu semakin mudah untuk menjalankan tugas sesuai keinginan perusahaan. 

Mulailah dari sekarang untuk belajar dan memperdalam pengalaman terkait dengan skill yang perlu dimiliki. Mungkin dengan mengikuti pelatihan dan seminar. Berikut beberapa contoh soft skill tersebut:

  • Analytical thinking
  • Manajemen waktu
  • Manajemen emosi
  • Kemampuan untuk melakukan observasi secara baik
  • Jiwa kepemimpinan
  • Problem solving
  • Mampu berkomunikasi secara baik

Beberapa soft skill yang di atas akan membantu anda untuk lebih mudah memimpin sebuah tim yang ada di perusahaan cabang. Selain itu menjadi seorang branch manager harus tegas dan bijaksana.

Termasuk ketika menentukan keputusan untuk menyelesaikan sebuah masalah atau konflik. Pastikan nantinya anda tidak dipandang sebagai seorang atasan yang tidak berkompeten untuk mengelola sebuah tim. 

  1. Memulai Jenjang Karir 

Meskipun branch manager adalah sebuah atasan dalam kantor cabang perusahaan. Ternyata ada jenjang karir untuk menempati posisi lebih tinggi. Namun untuk mendapatkan jabatan sebagai BM Anda bisa memulainya melalui jabatan posisi sales dahulu.

Ketika sudah mempunyai kemampuan untuk menjual secara baik maka nantinya akan dipromosikan untuk menjadi seorang sales manager. Lama-kelamaan akan meningkat sehingga dapat menempati posisi jabatan sebagai BM. 

Dalam sebuah perusahaan ada cukup banyak posisi jabatan. Meskipun itu di kantor cabang yang tersebar di berbagai daerah. Sekarang Anda sudah paham branch manager adalah posisi tinggi dalam kantor cabang. 


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!