bisakah menjadi barista tanpa pengalaman

Bisakah Menjadi Barista Tanpa Pengalaman? Ini Jawabannya

Terdapat pertanyaan bisakah menjadi barista tanpa pengalaman. Hal tersebut sering kali menjadi pertanyaan bagi orang-orang yang ingin memulai karir di bidang ini, namun belum yakin dengan kemampuannya karena tidak memiliki pengalaman. 

Untuk bisa menjadi barista terdapat beberapa situasi yang harus dipahami dan dilakukan. Pertama, Anda harus mengetahui berbagai pelajaran mengenai kopi mulai dari bijinya, jenisnya hingga cara pengelolaannya. Hal tersebut bisa dengan mudah dipelajari jika Anda niat. 

Baca juga: Perbedaan waiter dan barista yang wajib Anda ketahui!

Bisakah Menjadi Barista Tanpa Pengalaman? Pertimbangkan Ini

Kedua, Anda harus mengetahui latte art yang di mana setiap barista sering dikenal dengan seniman kopi. Hal tersebut membuat Anda lebih kreatif dengan mengembangkannya melalui kopi. Anda bisa mempelajarinya pelan-pelan, karena semua butuh proses. 

Pertanyaan bisakah menjadi barista tanpa pengalaman? Jawabannya tentu saja bisa, karena setiap orang tidak langsung jago pada bidangnya, semua melalui proses, yang membuat mereka jago adalah keingintahuan untuk belajar sehingga mudah memahami dan ahli di bidangnya.

Hal tersebut juga bisa terjadi pada Anda. Hal yang wajib dimiliki adalah tekad dan keyakinan bahwa Anda harus bisa. Jika dipertimbangkan melalui berbagai syarat dan ketentuan, belajar merupakan faktor terpenting dan bisa dipertimbangkan ketika melamar pekerjaan. 

Untuk lebih meyakinkan mengenai pertanyaan bisakah menjadi barista tanpa pengalaman dan mempunyai jawaban bisa, dapat diperhatikan melalui beberapa hal yang akan kami jelaskan. Anda harus memahaminya dengan benar agar tidak keliru saat sudah terjun pada bidangnya.

  1. Adakah Jiwa Barista di Dalam Diri Anda?

Hal yang harus menjadi pertimbangan pertama adalah jawaban dari Anda mengenai pertanyaan diatas. Adakah jiwa barista di dalam diri Anda? perlu menjadi perhatian, bahwa menjadi barista yang professional tidak hanya mengenai kemampuan teknis tapi juga memiliki kepribadian yang sesuai. 

Barista merupakan pekerjaan seorang ahli, beberapa hal tidak bisa didelegasikan kepada orang lain, karena khusus untuk peminatnya, kopi bukanlah hanya sekedar minuman biasa, tapi terdapat sejarahnya sendiri. Sehingga tidak asal-asalan dalam meracik dan menyajikannya. 

Maka dari itu, Anda harus mempunyai jiwa barista agar lebih mudah belajar dan memahami berbagai hal mengenai minuman. Terdapat hal yang bisa menjadi pertimbangan, seperti apakah anda memiliki kepribadian introvert, apakah Anda melayani konsumen dengan standar tinggi?

  1. Memulai dari Nol

Bagi para barista professional yang sudah dikenal dan disukai racikannya selalu dimulai dengan garis start. Yang di mana garis tersebut adalah karier seorang seniman kopi yang dimulai dari posisi paling bawah. 

Tentu saja melamar pekerjaan tersebut bukanlah hal mudah, namun bukan berarti tidak mungkin. Bisakah menjadi barista tanpa pengalaman bisa dimulai dari nol. Anda perlu untuk membekali diri dengan berbagai skill serta pengetahuan yang cukup. 

Hal tersebut bisa diikuti melalui kursus offline maupun online. Jika bisa, pelajarilah melalui artikel atau berbagai video yang ada di YouTube. Hal itu akan sangat membantu Anda dalam berkembang. 

  1. Up to Date Jangan Kudet

Bisakah menjadi barista tanpa pengalaman bisa dimulai dengan memahami hal tersebut. Perlu menjadi perhatian bahwa seiring berjalannya waktu, terdapat minuman dan kopi yang baru sehingga Anda harus mempelajari dengan cepat. 

Terdapat berbagai tren mengenai minuman yang harus diketahui. Minuman tersebut selalu mencari puncak kejayaannya di beberapa tahun belakangan ini. Maka dari itu, terdapat berbagai inovasi yang dilakukan agar bisa menciptakan aroma.

Selain itu juga rasa maupun suasana untuk bisa menikmatinya dengan sangat nyaman dan tentang. Anda akan diminta untuk menemukan berbagai ide baru dengan memanfaatkan internet melalui informasi yang update mengenai minuman tersebut. 

Bisa dilihat melalui berbagai media seperti blog, majalah maupun situs web lainnya. Jangan sampai ketinggalan dengan situasi tersebut.

  1. Mulai Sekarang Juga

Untuk menjadi seorang prefesional, tidak baik jika menunda waktu agar bisa mempelajari banyak situasi. Yang perlu dilakukan adalah melangkah secepatnya bukan memikirkan berbagai kemungkinan yang ada mengenai gagal atau berhasil menjadi seorang barista pemula.

Tidak perlu khawatir dengan proses. Hal tersebut wajib menjadi perhatian untuk Anda, jangan sampai keliru dengan pemahamannya, karena akan berdampak dengan hasil kerja, terutama pada saat pembuatan minuman khusus. 

Semua orang bisa mengusahakannya dengan mempelajarinya dari sekarang dan tidak menunda. Bisakah menjadi barista tanpa pengalaman sudah dijawab oleh beberapa hal yang harus diperhatikan di atas.

About The Author