tips sukses interview kerja lewat zoom

Tips Sukses Interview Kerja Lewat Zoom Agar Lanjut ke Tahap Selanjutnya

Menerima undangan interview secara online melalui zoom terkadang menjadi tantangan tersendiri bagi beberapa kandidat. Meskipun tidak bertemu secara langsung dengan kandidat lain atau tidak merasakan suasana interview secara langsung atau offline, namun justru ada beberapa kandidat juga yang kurang bisa memanfaatkan kesempatan tersebut. 

Oleh karena itu penting mengetahui tips sukses interview kerja lewat zoom. Berikut penjelasannya. 

Baca juga: 4 Tips Menghadapi Wawancara Kelompok Beserta Contoh Pertanyaan dan Jawabannya

Tips Sukses Interview Kerja Lewat Zoom

Sebelum Anda melakukan interview secara online, akan lebih baik jika memperhatikan tips sukses interview kerja lewat zoom. Dengan begitu, diharapkan proses interview kerja Anda berjalan lancar. Terutama karena proses ini akan berpengaruh pada proses rekrutmen selanjutnya. 

Interview online adalah wawancara yang menggunakan media audio atau video. Jenisnya sendiri dibagi menjadi 3 yaitu video call, audio dan rekaman video. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika ingin melakukan interview online lewat zoom.

1. Mencoba perangkat yang akan digunakan

Hal penting yang harus diperhatikan jika akan melakukan wawancara kerja secara online adalah mempersiapkan perangkat yang akan digunakan. Persiapkan laptop dan aplikasi yang digunakan minimal satu jam sebelum jadwal interview.

Tujuannya agar Anda bisa tahu apakah device yang digunakan bekerja dengan baik atau tidak. Dengan begitu Anda tidak perlu tergesa-gesa mempersiapkannya jika terjadi kendala. 

Pastikan mikrofon, kamera dan speaker bisa berfungsi dengan baik. Penting juga memastikan koneksi internet cukup kencang. Apabila Anda merasa koneksi internet kurang stabil, coba untuk menggunakan koneksi lain atau pergi ke tempat dengan koneksi internet bagus seperti cafe, perpustakaan dan lainnya. 

Selain itu, periksa juga nama pengguna yang akan muncul pada layar. Jika menggunakan aplikasi zoom, akan ada nama yang tertera di bagian bawah. Pastikan nama Anda tersebut sesuai dengan yang ada di resume. Biasanya HR juga akan memberikan format penamaan pada Anda, seperti nama lengkap_posisi yang dilamar. 

2. Perhatikan penampilan

Meskipun tidak secara langsung bertemu dengan rekruter, namun memberikan kesan penampilan yang baik sangat dibutuhkan ketika Anda melakukan interview secara online. Melansir dari The Balance Careers, akan lebih baik jika kandidat menggunakan pakaian yang formal seperti akan menghadiri interview secara tatap muka. 

Dengan begitu diharapkan kandidat bisa memberikan kesan yang profesional dan serius. Terlebih lagi, interviewer biasanya kurang tertarik dengan pelamar yang kurang bisa memperhatikan penampilannya. 

3. Menciptakan suasana yang nyaman dan tenang

Penting bagi Anda untuk bisa menciptakan suasana yang tenang dan nyaman ketika interview. Hal ini karena suasana yang kurang nyaman akan sangat berpengaruh pada proses wawancara. Misalnya ruangan yang Anda gunakan untuk wawancara terlalu bising, hal ini bisa mengganggu Anda dan juga rekruter. 

Kesalahan interview kerja lewat zoom biasanya ruangan yang bising dan tidak kondusif. Coba untuk menggunakan tempat yang aman dari gangguan seperti bising. Jika dibutuhkan, Anda bisa menggunakan alat penjernih udara di kamar agar lebih segar. 



4. Pandangan mata ke kamera

Tips sukses interview kerja lewat zoom yang selanjutnya adalah pandangan mata yang mengarah ke kamera. Tujuannya untuk memberikan kesan pada rekruter bahwa Anda adalah orang yang fokus dan bersungguh-sungguh ketika mengikuti interview kerja. 

5. Siapkan catatan 

Hal yang menjadi kelebihan ketika melakukan interview online adalah Anda bisa lebih banyak melakukan persiapan. Salah satunya dengan menyiapkan buku catatan kecil. Tujuannya untuk mencatat pertanyaan-pertanyaan kecil yang diajukan interviewer. Selain itu, Anda juga bisa mencatat informasi penting yang disampaikan HRD. 

Akan tetapi, tetap perhatikan juga kamera, jadi jangan terlalu terpaku pada buku catatan sehingga lupa memperhatikan rekruter. 

6. Masuk Zoom terlebih dahulu

Tips yang juga penting adalah hindari masuk ruangan Zoom diwaktu yang terlalu mepet bahkan terlambat. Akan lebih baik jika Anda sudah berada di ruangan Zoom setidaknya 10 menit sebelum jadwal atau interview dimulai. Tujuannya untuk menghindari kendala internet, seperti Anda membutuhkan waktu lama untuk masuk Zoom dan lainnya. 

7. Cek jaringan internet

Salah satu yang krusial dan penting jika Anda mendapatkan undangan interview online melalui Zoom adalah jaringan internet. Pastikan Anda menggunakan provider atau internet dengan jaringan yang stabil dan cukup kencang.

Bahkan jika diperlukan, coba untuk mencari cafe atau tempat dengan jaringan internet yang kencang. Tapi pastikan juga keadaannya kondusif untuk melakukan interview kerja.

8. Tutup semua program pada dekstop

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan jika jaringan internet sudah stabil adalah tutup semua program pada dekstop. Anda hanya perlu membuka satu aplikasi saja yaitu Zoom.

Hal ini karena walaupun jaringan internet sudah stabil, namun jika terlalu banyak aplikasi atau website lain yang dibuka diwaktu yang bersamaan dapat menyebabkan kinerja laptop menurun atau lemot.

Akibatnya proses interview kerja lewat Zoom bisa terkendala bahkan bisa saja terputus.

Interview secara online memang terlihat cukup mudah, akan tetapi terkadang juga terdapat beberapa kendala yang menyebabkan interview online tidak berjalan lancar. Oleh karena itu, lebih baik memperhatikan tips sukses interview kerja lewat Zoom. 


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.