tips mempersiapkan technical interview

Tips Mempersiapkan Technical Interview di Bidang IT

Salah satu tahapan yang akan dilewati ketika Anda melamar kerja adalah interview kerja. Biasanya jika posisi yang Anda ambil di bidang teknologi, seringkali akan ada tahap technical interview.

Lalu, apa itu technical interview dan bagaimana tips mempersiapkan technical interview agar lolos? Berikut penjelasannya.

Baca juga: 7 Tips Lolos Interview Kerja Dengan Lancar

Apa Itu Technical Interview

Melansir dari Indeed, technical interview merupakan tahapan interview yang umumnya dilakukan rekruter untuk posisi yang berhubungan dengan ilmu komputer, profesional teknis atau teknik dan lainnya.

Interview ini memang dikhususkan untuk menilai keterampilan kandidat secara teknis, keterampilan menyelesaikan masalah hingga critical thinking.

Untuk mempersiapkan diri sebelum technical interview, ada beberapa hal atau tips yang bisa Anda ikuti.

Tips Mempersiapkan Technical Interview

1. Belajar sebelum technical interview

Tips mempersiapkan technical interview yang pertama sudah pasti Anda harus belajar. Seperti yang sudah dijelaskan, technical interview berguna untuk melihat seberapa baik Anda menghadapi masalah di pekerjaan nantinya.

Pertanyaan yang diberikan perusahaan bisa jadi adalah masalah yang akan terjadi atau bahkan sudah terjadi di perusahaan tersebut. Untuk itu pelajari pertanyaan umum yang sering diajukan ketika technical interview.

2. Berlatih metode STAR

Selain belajar mengenai beberapa pertanyaan technical yang sering ditanyakan. Anda juga bisa berlatih metode STAR (Situation, Task, Action dan Result). Metode ini bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan interview dengan lebih terstruktur.

Anda bisa mulai dengan mendefinisikan situasi, yang harus dilakukan, cara untuk melakukannya, hingga hasil apa yang didapatkan.



3. Kuasai tools sesuai yang dibutuhkan perusahaan

Umumnya setiap perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan, akan mendeskripsikan kebutuhan kandidat seperti apa yang mereka cari. Misalnya mampu menguasai javascript, Python, CSS, dan lainnya.

Kemudian tools apa yang digunakan oleh perusahaan, excel atau tableau. Hal ini perlu Anda perhatikan karena sudah pasti akan berhubungan dengan pekerjaan Anda.

Dengan memahami hal tersebut, Anda bisa lebih fokus untuk belajar bahasa pemrograman atau tools mana. Anda juga tidak harus menghabiskan banyak waktu untuk belajar yang tidak dibutuhkan perusahaan.

4. Berlatih seperti akan technical interview sesungguhnya

Tips mempersiapkan technical interview yang juga penting adalah berlatih seakan-akan Anda sedang melakukan technical interview. Coba jawab beberapa pertanyaan umum technical interview yang sebelumnya sudah Anda cari.

Dengan sering berlatih, Anda bisa menjawab dengan lebih natural dan tidak terbata-bata atau gugup. Sehingga diharapkan rekruter juga memberikan nilai tambah pada hasil technical interview Anda.

Contoh Pertanyaan Technical Interview

Biasanya selama technical interview, ada beberapa pertanyaan yang umum, seperti:

  • Apa peran dan tanggung jawab secara spesifik pada proyek terbaru yang pernah Anda kerjakan
  • Apa proyek yang paling Anda banggakan dan mengapa?
  • Apa yang Anda lakukan jika diminta melalukan tugas dan tidak yakin bisa menyelesaikannya?
  • Apakah Anda lebih suka bekerja secara tim atau sendiri?
  • Bagaimana Anda mengatasi tantangan bekerja dengan teman kerja yang sulit diajak kerjasama dalam proyek tim?
  • Apa sertifikasi teknik yang Anda miliki?

Itulah beberapa tips mempersiapkan technical interview hingga contoh pertanyaan yang bisa Anda gunakan untuk berlatih


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.