tips lolos interview kerja

7 Tips Lolos Interview Kerja Dengan Lancar

Tips lolos interview kerja akan sangat Anda butuhkan ketika diminta untuk mengikuti interview kerja. Terutama jika Anda termasuk freshgraduate yang baru pertama kali.

Sudah menjadi hal yang biasa jika Anda merasa bingung atau grogi ketika akan menghadapi interview kerja. Terlebih lagi, interview kerja bisa menjadi acuan untuk menilai apakah kandidat tersebut bisa lanjut ke tahap selanjutnya atau tidak.

Oleh karena itu, berikut ada beberapa tips lolos interview kerja yang bisa Anda jadikan acuan sebelum melakukan interview kerja.

Baca juga: 10 Tips Interview Kerja Lewat Telepon Agar Berjalan Lancar 

Tips Lolos Interview Kerja

1. Ketahui kelebihan dan kekurangan diri

Biasanya selama interview, HRD atau rekruter akan bertanya secara langsung atau tidak langsung tentang apa kelemahan dan kelebihan Anda. Tujuannya untuk mencari tahu seberapa baik Anda mengenal diri sendiri.

Selain itu, setiap posisi pekerjaan juga memiliki kualifikasinya sendiri-sendiri sehingga kelebihan yang Anda miliki dapat dijadikan acuan dalam menentukan apakah Anda cocok atau tidak.

Siapkan penghargaan atau pengalaman yang didapatkan dari pekerjaan sebelumnya atau dari tempat magang sebelumnya. Bahkan testimoni dari atasan atau rekan kerja juga akan berpengaruh.

    2. Jawab dengan jujur

    Setiap HRD pasti bisa mengetahui ketika kandidat menjawab dengan jujur atau tidak. Oleh karena itu, jawab setiap pertanyaan rekruter dengan jujur dan jelas. Dengan begitu, rekruter bisa mengetahui gambaran mengenai pelamar.

    3. Hadir 30 menit sebelum interview dimulai

    Memberikan kesan yang baik pada rekruter ketika interview kerja bisa menjadi poin plus. Salah satunya dengan hadir setidaknya 30 menit sebelum interview dimulai. Terutama jika Anda melakukan interview kerja secara langsung atau offline.

    Untuk berjaga-jaga dari kemungkinan terburuk seperti macet, hujan, sinyal kurang baik jika interview online dan hal lainnya. Anda bisa menjadwalkan untuk berada di lokasi minimal 30 menit sebelum interview kerja dimulai.

    Waktu untuk menunggu tersebut bisa Anda manfaatkan untuk beristirahat, menenangkan diri atau mengingat kembali apa yang sudah dilatih.



    4. Lakukan riset perusahaan

    Tips lolos interview yang selanjutnya adalah lakukan riset perusahaan. Akan sangat penting untuk melakukan riset perusahaan terlebih dahulu sebelum Anda melakukan interview. Ketahui latar belakang perusahaan tersebut, visi misi hingga produk apa yang mereka tawarkan.

    Biasanya hal ini akan ditanyakan oleh rekruter untuk tahu seberapa tertarik Anda dengan perusahaan tersebut. Dengan begitu, diharapkan peluang untuk lolos ke tahap selanjutnya bisa lebih besar.

    5. Tunjukkan rasa percaya diri

    Ketika interview kerja, akan sangat penting untuk menunjukkan rasa percaya diri Anda dihadapan rekruter. Bahasa tubuh dan sikap Anda ketika bicara akan sangat menentukan penilaian rekruter.

    Perhatikan bagaimana cara Anda bicara dan bersikaplah dengan profesional dan sopan. Anda juga perlu menunjukkan antusiasme ketika menjawab.

    6. Berlatih interview

    Jauh-jauh hari sebelum interview kerja, sangat penting jika Anda berlatih terlebih dahulu. Cari tahu pertanyaan yang sering ditanyakan rekruter ketika interview kerja. Kemudian jawab pertanyaan tersebut seolah-olah Anda sedang melalukan interview.

    Selain berlatih sendiri, melansir dari Indeed berlatih dengan teman seakan-akan sedang melakukan interview bisa menjadi cara. Dengan sering berlatih, Anda juga akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan diri.

    7. Mengajukan pertanyaan

    Interview kerja merupakan komunikasi dua arah antara rekruter dengan calon kandidat. Jadi selain rekruter yang bertanya, Anda juga berhak mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan proses rekrutemen.

    Contohnya mengenai kapan akan dihubungi kembali untuk proses rekrutmen selanjutnya, benefit apa yang akan didapatkan dan lainnya. Namun biasanya Anda bisa mengajukan pertanyaan di sesi akhir wawancara.

    Itulah beberapa tips lolos interview kerja yang bisa Anda gunakan jika akan melakukan interview kerja. Dengan begitu, diharapkan kesempatan Anda untuk lolos ke tahap selanjutnya bisa lebih besar.


    Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

    Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

    Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.