tips interview kerja lewat telepon

10 Tips Interview Kerja Lewat Telepon Agar Berjalan Lancar 

Interview kerja, tidak harus selalu dilakukan secara langsung. Kini dengan berkembangnya teknologi, membuat interview kerja bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Salah satunya interview secara online melalui telepon. 

Wawancara kerja melalui telepon bisa memang berbeda dengan interview secara langsung. Akan tetapi, Anda juga perlu mengetahui beberapa hal agar interview berjalan dengan lancar.

Oleh karena itu, berikut tips interview kerja lewat telepon yang bisa Anda ikuti.

Baca juga: Mengenal Behavioral Interview: Contoh Pertanyaan dan Tipsnya

Tips Interview Kerja Lewat Telepon

1. Catat detailnya

Biasanya, sebelum menelepon, rekruter atau HRD akan membuat janji terlebih dulu dengan Anda melalui pesan singkat. 

Pastikan Anda mencatat informasi yang dibutuhkan dengan jelas, seperti tanggal, jam, perusahaan, untuk posisi apa dan nama orang yang menelpon. 

Bahkan jika perlu, Anda bisa memasukkan jadwalnya ke kalender sebagai pengingat. 

2. Riset tentang perusahaan

Baik interview secara langsung atau online, memang perlu melakukan riset pada perusahaan yang dituju. Ketahui mengenai gambar besar latar belakang perusahaan tersebut, produk yang mereka jual hingga job description yang Anda lamar. 

Dengan mengetahui gambar besar latar belakang perusahaan, diharapkan nanti Anda bisa lebih mudah menjawab pertanyaan yang diberikan. Selain itu, Anda akan dinilai lebih tertarik dengan perusahaan oleh rekruter. 

3. Persiapan teknis

Walaupun Anda tidak harus datang secara langsung ke perusahaan dan bertemu rekruter, akan tetapi Anda harus tetap melakukan persiapan teknis. 

Melansir dari National Career Services, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan jika ingin melakukan interview melalui telepon, yaitu:

  • Cetak dokumen penting seperti resume atau CV
  • Pastikan baterai ponsel dalam keadaan penuh 
  • Carilah tempat yang tenang dan terhindar dari gangguan
  • Pastikan sinyal dan jaringan internet stabil untuk melakukan panggilan
  • Siapkan buku catatan atau kertas dan alat tulis untuk mencatat hal detail. 
  • Berpakaian rapi

Meskipun rekruter bahkan tidak bisa melihat penampilan Anda secara langsung, akan tetapi berpakaian dengan rapi ketika interview online atau melalui telepon bisa membangkitkan semangat dan terlihat dari suara Anda. 



4. Terdengar antusias

Tips interview kerja lewat telepon yang selanjutnya adalah pastikan suara Anda terdengar antusias ketika menjawab atau memberikan penjelasan. 

Ketika interview kerja melalui telepon, maka yang bisa diandalkan adalah suara. Oleh karena itu, suara akan sangat berpengaruh pada first impression yang didapat rekruter. 

Suara harus terdengar jelas namun juga tidak berlebihan agar tidak terkesan “palsu”. Salah satu tips agar suara terdengar jelas adalah dengan tersenyum ketika menjawab pertanyaan yang diberikan. 

5. Jawab dengan profesional

Sikap profesional bisa terlihat dari jawaban yang Anda berikan dan juga nada suara yang digunakan. Hindari terlalu banyak bergumam atau memberikan jeda terlalu lama.

Hal tersebut bisa memberikan tanda pada rekruter bahwa Anda belum siap dan kurang banyak latihan. 

6. Berlatih menjawab pertanyaan 

Berlatih menjawab pertanyaan juga menjadi tips interview kerja lewat telepon. Biasanya saat interview kerja, ada beberapa pertanyaan yang biasa ditanyakan. Jenis pertanyaan yang seperti ini bisa Anda latih untuk menjawabnya. 

Agar tidak lupa dengan poin-poin penting di dalamnya, Anda bisa mencatat beberapa poin tersebut. 

7. Dengarkan dengan baik

Bukan menjadi masalah jika Anda meminta rekruter mengulang pertanyaannya. Akan tetapi hindari untuk memintanya secara berulang kali. Hal tersebut akan menjadi sinyal jika Anda tidak mendengarkan dengan baik apa yang ditanyakan rekruter. 

Salah satu tips interview kerja lewat telepon adalah dengan mempraktikkan active listening. Caranya dengan mendengarkan secara cermat dan berusaha menciptakan percakapan yang mengalir dengan rekruter. 

Hindari melakukan hal yang multitasking selama interview melalui telepon agar perhatian dan fokus Anda tidak terbagi. 

8. Buat beberapa daftar pertanyaan

Wawancara melalui telepon bisa menjadi keuntungan bagi Anda karena bisa menyiapkan catatan tanpa diketahui rekruter dan hal ini sangat membantu Anda. 

Anda bisa mempersiapkan beberapa pertanyaan yang perlu ditanyakan. Dengan bertanya pada rekruter, Anda bisa memberikan kesan yang positif bahwa Anda tertarik dengan posisi dan perusahaan tersebut. 



9. Siapkan expected salary 

Salah satu yang perlu Anda siapkan adalah kisaran gaji yang ingin Anda dapatkan. Beberapa orang biasanya lupa untuk mempersiapkan hal ini. Sehingga ketika ditanyakan oleh rekruter, Anda menjadi kurang siap. 

Akan tetapi, jangan membicarakan mengenai gaji sebelum rekruter menanyakannya. Anda baru bisa menjawabnya ketika rekruter memberikan pertanyaan tersebut. 

10. Ucapkan terima kasih

Setelah interview selesai, Anda bisa bertanya mengenai proses interview selanjutnya. Misalnya akan ada berapa tahap lagi yang harus diikuti hingga berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk hasil interview tersebut. 

Setelah itu, jangan lupa mengucapkan terima kasih pada rekruter karena sudah meluangkan waktu untuk melakukan interview. 

Jika lupa mengucapkannya secara langsung, Anda bisa mengirimkan email ucapan terima kasih setelah interview, setidaknya tidak lebih dari 24 jam. 

Itulah beberapa tips interview kerja lewat telepon yang bisa Anda ikuti. Dengan begitu diharapkan rekruter bisa mempertimbangkan Anda sebagai kandidat di perusahaan tersebut. 


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.