contoh jawaban pekerjaan apa yang anda sukai

Contoh Jawaban “Pekerjaan Apa yang Anda Sukai”

Ada banyak sekali pertanyaan umum yang biasa ditanyakan oleh rekruter pada kandidat. Salah satunya “Pekerjaan apa yang Anda sukai?” Pertanyaan ini sebenarnya tidak sulit karena Anda bisa memberikan jawaban sesuai keinginan. 

Pertanyaan seperti ini dilansir dari The Balance Careers, berguna untuk mengetahui apa passion Anda ketika bekerja dan untuk mengetahui apakah Anda sesuai dengan pekerjaan tersebut. 

Pada saat diberikan pertanyaan ini, usahakan untuk menjawab secara deskriptif dan berikan alasan yang logis mengapa Anda menyukainya. 

Baca juga: Cara Menjawab “Bagaimana Rencana Karir Anda Dalam 5 Tahun Kedepan?”

Contoh Jawaban “Pekerjaan Apa yang Anda Sukai”

1. Hubungkan dengan skill

    Anda bisa mengaitkan pertanyaan tersebut dengan skill yang dimiliki. Contohnya Anda melamar sebagai desain grafis, Anda bisa mengatakan bahwa pekerjaan yang mendorong untuk berpikir kreatif adalah yang Anda sukai. 

    Anda juga bisa menambahkan bahwa Anda tertantang untuk belajar pekerjaan baru yang belum dipahami. 

    Contoh jawaban bahasa Indonesia:

    “Saya senang dengan pekerjaan yang mendorong saya untuk selalu belajar dan berpikir kreatif yang berhubungan dengan design. Lingkungan kerja seperti itu dapat membantu saya untuk lebih bersemangat dalam meningkatkan skill”

    Contoh jawaban bahasa Inggris:

    “I am happy with a job that encourages me to always learn and think creatively related to design. Such a work environment can help me to be more enthusiastic in improving my skills”

    2. Suasana kerja seperti apa yang membuat Anda nyaman

      Anda juga bisa memberikan jawaban mengenai suasana kerja seperti apa yang disukai. Contohnya Anda menyukai suasana kerja yang membangun secara tim maupun individu. 

      Berikan juga alasan logisnya mengapa Anda menyukai hal tersebut. 

      Contoh jawaban bahasa Indonesia:

      “Saya menyukai tempat kerja yang memiliki lingkungan untuk saling mendukung, baik ketika bekerja secara tim atau individu. Dengan begitu saya harap kemampuan saya sebagai penulis bisa meningkat”

      Contoh jawaban bahasa Inggris:

      “I like workplaces that have a supportive environment, whether working in a team or individually. So, I hope my writing skills can improve”

      3. Hubungkan dengan pekerjaan yang ditawarkan

        Contoh jawaban “Pekerjaan apa yang Anda sukai” selanjutnya bisa dengan menghubungkan dengan pekerjaan yang Anda lamar atau yang ditawarkan. Anda bisa mengatakan bahwa Anda menyukai pekerjaan tersebut. 

        Misalnya, ketika Anda mendaftar ke bagian community relation, katakan bahwa Anda menyukai berhubungan dengan banyak orang. 

        Contoh jawaban bahasa Indonesia:

        “Pekerjaan ideal bagi saya adalah yang memungkinkan saya berkolaborasi dengan banyak orang. Saya senang belajar hal baru dari banyak orang. Oleh karena itu saya memilih dan menyukai pekerjaan yang berhubungan dengan community relation”

        Contoh jawaban bahasa Inggris:

        “The ideal job for me is one that allows me to collaborate with many people. I enjoy learning new things from people. That’s why I chose and liked a job related to community relations”



        4. Hubungkan dengan pekerjaan dengan hidup

        Ketika bekerja, Anda tidak harus selalu membahas tentang pekerjaan. Ada kalanya Anda bisa saling mengobrol tentang hal lain diluar pekerjaan, namun masih dalam batas wajar.

        Atau bepergian dengan rekan kerja untuk sekedar bekerja bersama di cafe dan lainnya.

        Contoh jawaban bahasa Indonesia:

        “Saya senang ketika saya bisa memegang kendali atas pekerjaan saya. Saya bisa bekerja secara fleksibel, baik di dalam atau luar kantor. Saya juga senang kantor saya memberikan keleluasaan untuk tetap menikmati passion saya pada hal lain”

        Contoh jawaban bahasa Inggris:

        “I like it when I can be in control of my work. I can work flexibly, either inside or outside the office. I also love that my office gives me the freedom to enjoy my passion for other things”

        Itulah beberapa contoh jawaban “Apa pekerjaan yang Anda sukai” yang bisa dijadikan contoh atau referensi ketika diberikan pertanyaan serupa.


        Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

        Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

        Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.