Kesalahan Interview Kerja Lewat Zoom yang Harus Dihindari

7 Kesalahan Interview Kerja Lewat Zoom yang Harus Dihindari Para Kandidat

Sejak pandemi tahun 2020 lalu, hampir semua kegiatan dilakukan secara virtual, tak terkecuali saat interview kerja. Saat itu, bagi kebanyakan orang, interview kerja melalui zoom menjadi hal baru. Maka penting untuk mengetahui kesalahan interview kerja lewat zoom yang harus dihindari.

Pasalnya, pasca pandemi berakhir, kini banyak rekruter yang menjadikan zoom sebagai medium utama dalam menjalankan interview online para kandidatnya. Sebab selain praktis, dengan interview online dapat menghemat waktu, juga dapat menghemat biaya bagi pelamar.

Nah, bila nanti Anda berkesempatan untuk wawancara kerja melalui zoom, Anda wajib memperhatikan beberapa hal agar interview tersebut berjalan dengan lancar. Karena meskipun dilakukan dengan format video, tetap saja Anda harus menghadapinya dengan profesional.

Kesalahan Interview Kerja Lewat Zoom yang Harus Dihindari

Memang interview kerja lewat zoom memiliki tantangannya tersendiri, apalagi bagi Anda yang belum terbiasa melakukan pertemuan secara virtual.

Oleh karena itu, Anda perlu memahami kesalahan interview kerja lewat zoom yang harus dihindari, berikut beberapa di antaranya.

1.  Tidak memahami aplikasi yang digunakan saat interview online

Wawancara kerja yang diselenggarakan secara online melalui video pastinya melibatkan sebuah aplikasi yang mendukung.

Terlebih kini telah banyak pengembang aplikasi yang menyediakan aplikasi video chat yang juga difungsikan untuk interview.

Dari sekian banyaknya aplikasi tersebut, baiknya Anda memahami beberapa aplikasi yang umum digunakan seperti ZoomGoogle Meetdan Skype. 

Sebab jika Anda tidak memahami satupun, ini akan menjadi sangat fatal nantinya ketika interview berjalan. Akibatnya, Anda pun hanya akan fokus dan disibukkan mengutak-atik aplikasi tersebut karena tidak paham dengan cara pengoperasiannya.

2. Gangguan Koneksi internet saat interview berlangsung

Berdasarkan laman Huffpost, koneksi yang bermasalah saat interview online berlangsung merupakan salah satu kesalahan interview kerja lewat zoom yang harus dihindari.

Meski sebuah koneksi internet bergantung pada penyedia jasa internetnya, tetap Anda harus berusaha mengatasinya sesegera mungkin. Misalnya dengan mencoba berpindah tempat atau mengganti penyedia internet Anda untuk sementara.

Dengan menggunakan koneksi internet yang baik, Anda dan interviewer menjadi lebih nyaman dalam berkomunikasi. Tak hanya itu, Anda juga bisa lebih fokus dalam menjawab pertanyaan yang dilontarkan.

3. Membiarkan kebisingan berlebih di sekitar Anda

Meskipun kemungkinan terjadinya kebisingan selama interview bukanlah sepenuhnya karena kesalahan Anda, tetap saja hal ini harus diantisipasi, agar rekruter yang mewawancara Anda tidak terganggu.

Maka cobalah mencari tempat yang tenang saat sesi interview berlangsung. Pastikan pula kalau Anda telah mematikan notifikasi dan perangkat lain selama wawancara online.

Baca juga: Contoh Jawaban “Bagaimana Cara Anda Menghadapi Tekanan?” Saat Interview

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan headphone dengan mikrofon internal yang membantu mengurangi kebisingan berlebih dan membantu Anda mendengar dengan lebih baik.



4. Duduk di ruangan yang berantakan

Wawancara di ruangan yang berantakan dapat menimbulkan kesan buruk bagi interviewer, dan duduk di depan ruangan yang banyak dekorasi atau pernak-pernik dapat mengalihkan perhatian interviewer.

Oleh sebab itu, usahakan untuk mencari tempat netral untuk sesi wawancara Anda, seperti area bersih dengan dinding berwarna cat netral.

Atau untuk pertimbangan lainnya, Anda bisa menggunakan latar belakang virtual pada zoom. Namun tetap diingat, pilih gambar digital yang sesuai untuk diunggah sebagai latar belakang Anda, dan pastikan untuk mengujinya sebelum interview dimulai.

5. Berpakaian yang terlalu santai hingga berkesan tidak pantas

Mengenakan pakaian yang terlalu santai seperti kaos dan celana pendek saat wawancara akan membuat Anda terlihat tidak profesional, lho.

Jadi, pilihlah pakaian interview online yang mirip dengan apa yang mungkin akan Anda kenakan ketika hendak menghadiri wawancara langsung, seperti pakaian bisnis kasual atau profesional bisnis.

Meskipun wawancara daring ini kemungkinan besar hanya terlihat dari bagian bahu ke atas, tetap Anda harus pertimbangkan untuk berpakaian profesional dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Hal ini dapat membantu Anda memberi kesan lebih profesional selama wawancara dan mempersiapkan diri Anda jika sewaktu-waktu perlu berdiri di tengah sesi interview.

6. Masuk ke forum zoom terlambat hingga lebih dari 5 menit

Meskipun berlangsung online, tetap saja datang atau masuk tepat waktu saat wawancara virtual sama pentingnya dengan tiba tepat waktu ketika wawancara secara langsung.

Rencanakanlah untuk tiba beberapa menit lebih awal untuk menunjukkan kesiapan Anda dan memberikan banyak waktu jika ternyata Anda mengalami masalah teknis pada aplikasi.

Sebelumnya, pastikan Anda telah mengonfirmasi waktu interview dan informasi login setidaknya satu hari sebelum wawancara dilaksanakan.

Selain itu, Anda juga bisa mengatur alarm untuk mengingatkan diri Anda yang akan mengikuti wawancara, kira-kira 15 menit sebelum dimulai.

Baca juga: Cara Menjawab Email Panggilan Interview Dengan Sopan dan Contohnya

7. Lupa dengan materi portofolio yang hendak disampaikan

Meskipun wawancara kerja dilakukan dalam jarak jauh, tetap saja mempersiapkan diri dengan materi portofolio yang lengkap merupakan hal yang penting.

Pikirkan tentang apa yang mungkin Anda bawa dan sampaikan pada tahapan wawancara tatap muka, dan jadikah itu sebagai acuan dalam interview online Anda. Misalnya, siapkan salinan kertas resume Anda dan segelas air di sekitar Anda.

Jika interviewer menugaskan Anda sebuah proyek untuk dibagikan selama wawancara, atau meminta untuk membawa portofolio Anda, pastikan untuk menyimpannya di suatu folder di perangkat Anda yang dapat Anda akses dengan mudah.

Nah, itulah beberapa kesalahan interview kerja lewat zoom yang harus dihindari agar tidak menyulitkan Anda di kemudian hari ketika sedang berhadapan dengan rekruter dalam wawancara online.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.