contoh jawaban deskripsikan diri anda

Contoh Jawaban “Deskripsikan Diri Anda” Ketika Interview Kerja

Ketika sesi interview kerja dimulai, rekruter akan menanyakan beberapa hal untuk mencari tahu latar belakang dan pengalaman Anda sebelumnya. Salah satunya pertanyaan mengenai deskripsikan diri Anda.

Jika didengar sekilas, pertanyaan tersebut memang cukup mudah dijawab. Akan tetapi, tidak sedikit yang kebingungan untuk menjawab ketika diberi pertanyaan seperti itu. Oleh karena itu berikut beberapa contoh jawaban “deskripsikan diri Anda” ketika interview kerja.

Baca juga: Contoh Jawaban “Pekerjaan Apa yang Anda Sukai”

Tips Menjawab Pertanyaan “Deskripsikan Diri Anda”

1. Berikan penjelasan di masa sekarang

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuka pertanyaan tersebut mengenai apa yang saat ini sedang Anda lakukan. Misalnya jika Anda baru saja lulus kuliah, coba sampaikan jurusan apa yang diambil dan asal universitas.

Sedangkan jika saat ini sedang bekerja, maka ceritakan bidang apa yang Anda kerjakan dan dimana kantor Anda bekerja.

2. Ceritakan pengalaman sebelumnya

Selanjutnya ceritakan pengalaman kerja Anda atau pengalaman lain yang berhubungan dengan posisi yang dilamar. Misalnya jika belum ada pengalaman kerja, maka bisa menceritakan tentang pengalaman magang atau kepanitiaan. Jika sudah bekerja maka bisa menceritakan pengalaman bekerja di perusahaan sebelumnya.

3. Tegaskan pencapaian yang pernah diraih

Jika Anda memiliki pencapaian menarik yang pernah diraih, maka bisa menjadi poin penting untuk diceritakan. Misalnya memenangkan lomba, membantu mensukseskan acara besar atau mencapai KPI di pekerjaan sebelumnya.



4. Hindari menghafal jawaban

Walaupun Anda sudah mempersiapkan jawaban atau contoh jawaban “deskripsikan diri Anda”, namun hindari untuk menghafal jawaban tersebut. Hindari juga untuk menghafalkan kalimat yang ada di CV.

Ceritakan diri Anda secara natural sehingga jawaban yang Anda berikan bisa memuaskan dan tidak terlihat dibuat-buat. Solusinya adalah memahami poin-poin yang akan disampaikan dan terus berlatih.

Contoh Jawaban “Deskripsikan Diri Anda”

1. Contoh untuk freshgraduate

“Perkenalkan saya Nurfida Amalia, dan baru saja lulus dari Universitas Nusa Bangsa dengan jurusan Ilmu Komunikasi. Sewaktu kuliah, saya pernah magang di sebuah perusahaan IT sebagai HR selama 6 bulan.

Di kampus, saya juga aktif ikut menjadi pengurus untuk UKM paduan suara fakultas dan menjabat sebagai Ketua Keanggotaan. Dari pengalaman selama menjabat tersebut, saya berhasil mempertahankan anggota paduan suara mulai dari angkatan 16-18.

Harapan saya dengan pengalaman tersebut, bisa memberikan kontribusi untuk perusahaan karena posisi yang saya lamar sesuai dengan pengalaman dan minat saya.”

2. Contoh jawaban untuk yang masih kuliah

“Perkenalkan saya Dewa Haripurnomo. Saya sekarang masih aktif berkuliah di Universitas Andalas semester 7 dengan jurusan Akuntansi. Selama ini saya sudah terbiasa dengan excel dan beberapa rumus seperti pivot hingga vlookup.

Dengan pengalaman saya tersebut, saya ingin mengembangkan di bidang serupa. Oleh karena itu besar harapan saya untuk bisa diterima magang di perusahaan ini untuk bisa mengembangkan keahlian dan ilmu lebih dalam.”

3. Contoh jawaban untuk yang sudah berpengalaman

“Selamat pagi, perkenalkan saya Artha Nareswari. Lulusan Universitas Harapan dengan jurusan Hubungan Internasional. Saya memiliki pengalaman bekerja sebagai Sosial Media Specialist di perusahaan Nusa Dua selama 2 tahun.

Selama bekerja di posisi tersebut saya bertugas untuk mengelola semua sosial media perusahaan, mulai dari Instagram, Facebook, dan TikTok. Mulai dari mencari ide konten, membuat konten serta membuat campaign untuk awareness perusahaan.”



4. Contoh jawaban untuk yang ingin berpindah karir

“Perkenalkan saya Rizki Maharani yang merupakan lulusan Managemen di Universitas Brawijaya pada 2022. Pada saat saya magang di tahun terakhir kuliah, saya menyadari bahwa ketertarikan saya di bidang digital marketing cukup tinggi. Hal ini yang membuat saya mengambil bootcamp sambil melanjutkan kuliah.

Saya memutuskan untuk berganti karir di bidang tersebut dan tentunya menanggung konsekuensi dengan belajar dari awal. Walaupun begitu saya senang dan nyaman dalam mempelajarinya. Dengan ilmu yang saya miliki, saya harap bisa memberikan yang terbaik untuk perusahaan ini.”

5. Contoh jawaban untuk yang lama menganggur

“Saya Adrian Nur Rizki. Saya adalah lulusan dari Program Vokasi Ilmu Kemasyarakatan Universitas Terbuka 2018. Saya pernah bekerja sebagai admin selama 2 tahun di perusahaan Y. Kemudian saya harus resign karena mengurus ibu yang sakit.

Keputusan tersebut bukan hal yang saya sayangkan karena saya tetap bisa belajar dengan berbagai cara. Selama merawat ibu saya, saya menyempatkan diri untuk mengikuti beberapa kelas gratis hingga berbayar untuk mengasah skill saya.

Selain itu, keputusan saya untuk keluar dari pekerjaan tersebut juga membuat saya kembali bisa melakukan hobi yang selama ini belum pernah saya coba.”

Itulah beberapa contoh jawaban “deskripsikan diri Anda” pada saat interview kerja yang bisa dijadikan contoh.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.